Modul PKB TK Kelompok Kompetensi B
Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
Salah satu kompetensi yang harus dikuasai Guru Taman Kanak-kanak yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 adalah menguasasi karakteristik peserta didik pada aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Tuntutan kompetensi ini mengharuskan guru untuk mempelajari, memahami, dan mampu mengimplementasikan Teori Bermain dan Merancang Kegiatan Bermain di TK. Oleh karena itu, kajian terhadap dasar-dasar pendidikan anak usia dini, khususnya anak usia 4-6 tahun menjadi sangat penting dan strategis bagi guru Taman Kanak-kanak (TK) maupun Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) secara keseluruhan.
Kajian tentang Teori Bermain dan Merancang Kegiatan Bermain di TK., menjadi landasan bagi upaya perolehan berbagai kompetensi pendidik lainnya. Hal ini dilandasi oleh pemikiran bahwa untuk dapat mengelola pembelajaran di TK, maka penguasaan guru tentang karakteristik peserta didik menjadi syarat mutlak. Modul ini dalam prakteknya tidak hanya digunakan dalam proses pelatihan tatap muka, akan tetapi juga digunakan sebagai bahan belajar mandiri bagi para peserta.
Modul dengan topik Teori Bermain dan Merancang Kegiatan Bermain di TK merupakan salah satu dari sepuluh modul yang disajikan pada Program Guru Pembelajar. Secara lengkap kesepuluh modul yang dimaksud adalah:
1. Deteksi TumbuhKembang Anak Usia Dini
2. Teori Bermain dan Perkembangan Anak TK
3. Kurikulum dan Program Pembelajaran di TK
4. Strategi Pengembangan dan Pembelajaran di TK
5. Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di TK
6. Media Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak
7. Komunikasi yang Efektif bagi guru TK
8. Penilaian di Taman Kanak-Kanak
9. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
10. Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru TK
Modul ini terdiri dari dua kegiatan kompetensi pedagogik dan professional dengan empat Kegiatan Pembelajaran, yaitu Kegiatan Pembelajaran ke satu;Teori Bermain dan Perkembangan Anak Usia Dini Berdasarkan Konsep Barat, Timur dan Agama, Kegiatan Pembelajaran ke dua; Penerapan teori Bermain dan Perkembangan Anak Usia Dini Berdasarkan Konsep Barat, Timur, dan Agama, untuk kompetensi pedagogik (Teori Bermain Anak Usia Dini). Sedangkan Kegiatan Pembelajaran ke tiga: Pendekatan metode dan teknik bermain sambil belajar dengan berbagai perkembangan anak usia, dan Kegiatan Pembelajaran ke empat; Strategi penerapan bermain untuk mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini, untuk kompetensi profesional (Merancang Kegiatan Bermain di TK). Pembahasan secara lebih spesifik akan disajikan pada diklat lanjutan khusus perkembangan anak usia dini. Untuk masing-masing materi pokok, akan disajikan latihan, rangkuman, serta evaluasi dan tindak lanjutnya.
selengkanya Modul PKB TK Kelompok Kompetensi B Unduh Disini
Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih
0 Response to "Modul PKB TK Kelompok Kompetensi B"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan