INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Radiasi Komputer Atau Laptop

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Radiasi Komputer ataupun laptop- Akhir- akhir ini saya merasa mata saya lelah sekali karena sering bekerja di depan laptop, sudah sering dibahas bahwa menjaga kesehatan mata dari sinar radiasi komputer atau laptop adalah hal yang sangat penting.
Saya jadi teringat tips untuk menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer atau laptop yang pernah saya baca di harian kompas, siapa tau tips ini berguna bagi sobat.

Tips menjaga kesehatan mata dan melindungi dari radiasi komputer atau laptop :
1.Gunakan penerangan yang cukup
Kebanyakan ruangan kantor
menggunakan pencahayaan yang terang, bahkan terlalu keras misalnya sinar matahari langsung. Padahal, makin terang bukan berarti semakin baik karena cahaya yang berlebihan justru menambah ketegangan pada mata. Jika di sekitar Anda terdapat jendela, gunakan tirai untuk meminimalkan cahaya yang masuk. Jika ingin menghemat energi Anda bisa mematikan lampu ruangan dan memakai penerangan alami dari matahari.
2.Atur pencahayaan di layar
monitor
Salah satu cara sederhana untuk mengurangi ketegangan mata adalah mengatur tingkat keterangan(brightness) serta kontras di layar monitor. Tidak ada pengaturan yang benar atau salah, tinggal disesuaikan dengan kenyamanan mata Anda.
3.Sesuaikan ukuran huruf dan
warna
Berbeda dengan huruf di atas
kertas biasa, pada layar komputer huruf ini tersusun atas titik-titik atau pixels.Sehingga, untuk melihat huruf pada layar, mata harus terus berakomodasi, sehingga terjadi
ketegangan. Mengatur ukuran huruf serta warna bisa mencegah ketegangan mata berlebihan. Caranya, tambah ukuran huruf sehingga jelas terbaca tanpa perlu mencondongkan tubuh.
4.Istirahat
Setelah penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama,istirahatkan mata minimal 15 menit.anda bisa melihat lihat keluar ruangan untuk menyegarkan mata.usahakan untuk melihat objek yang berwarna hijau seperti pepohonan dan daun daunan.karena menurut para peneliti,warna hijau mampu membuat mata kembali segar.
5.Jaga jarak
Jarak pandang yang baik dari anda ke layar monitor sekitar 25-30cm.Jika anda Menatap huruf di kertas biasa
kemudian beralih ke layar komputer secara terus menerus akan menimbulkan ketegangan pada mata. Untuk mencegahnya, dekatkan kertas
yang akan dibaca sedekat mungkin dengan layar monitor atau menggantungnya di samping layar
6. Atur screen refresh rate menjadi 75 htz..caranya jika anda pakai windows XP klik kanan pada desktop-properties-setting-advanced-monitor-lihat kolom screen refresh rate.atur menjadi 75 htz.
7. Sesering mungkin kedipkan mata.karena dengan kita mengedipkan mata,akan merangsang kelenjar airmata untuk mengeluarkan air mata yang berfungsi membuat mata menjadi basah dan lembab.jika anda jarang mengedipkan mata,maka mata akan menjadi kering.jika dipaksakan terus mata akan menjadi sakit dan akhirnyamemerah.bila perlu anda bisa membeli obat tetes mata untuk membuat mata selalu dalam keadaan basah.
8. Anda bisa membeli semacam kacamata yang bisa anda pakai pada saat menggunakan computer.
9. Perhatikan cahaya disekitar ruangan tempat anda menggunakan komputer.usahakan ruangan cukup pasokan cahaya.jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap(tidak cukup cahaya).
10. Pilihlah monitor yang berbentuk LCD/plasma.karena monitor ini dipercaya lebih baik daripada monitor yang model lama.Jika anda punya cukup uang,bisa membeli VGA yang bagus agar warna monitor tidak melelahkan mata.
11. Perbanyak konsumsi makanan yang menandung vitamin A seperti wortel.juga rajinlah untuk memeriksakan mata ke dokter mata untuk mengetahui adanya gangguan pada mata.jika mata benar benar sudah terasa tidak enak,jangan malu untuk menggunakan kacamata.

@Semoga_Bermanfaat
telegram

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Radiasi Komputer Atau Laptop"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan