INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Permainan Gobak Sodor


Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.

Deskripsi Singkat
Permainan gobak sodor terkenal di wilayah Pulau Jawa. Banyak yang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari daerah Yogyakarta. Nama gobak sodor berasal dari kata gobak dan sodor. Kata gobak artinya bergerak dengan bebas, sedangkan sodor artinya tombak. Dahulu para prajurit mempunyai permainan yang bernama sodoran sebagai latihan keterampilan dalam berperang. Sodor ialah tombak dengan panjang kira-kira 2 meter, tanpa mata tombak yang tajam pada ujungnya.
Pemain
Jumlah pemain dalam permainan gobak sodor harus berjumlah genap antara 6-10 anak. Siswa dibagi menjadi dua tim: tim jaga dan tim serang. Jadi tiap tim beranggotakan 3-5 anak.
Persiapan
Yang perlu dipersiapkan dalam permainan ini adalah lapangan gobak sodor yang berbentuk persegi panjang. Antargaris panjang ditarik garis melintang sehingga terbentuk beberapa persegi panjang. Setelah itu tarik garis tengah yang tegak lurus dengan garis melintang sehingga akan terbentuk banyak petak yang sama besar. Garis ini disebut garis sodor.
Aturan Permainan
Beberapa peraturan dalam permainan gobak sodor adalah sebagai berikut.
a. Masing-masing pemain dari tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang yang telah ditentukan. Jadi kakinya harus selalu menginjak garis tersebut.
b. Yang boleh melalui garis sodor hanyalah penjaga garis melintang pertama yang juga sebagai sodor.
c. Masing-masing pemain tim serang dari pangkalan harus berusaha melewati semua garis melintang. Jika salah satu pemain saja bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga, maka tim serang menang.
d. Bila pemain tim jaga bisa menyentuh salah satu pemain tim serang, maka tim jaga menang. Lalu tim jaga berganti menjadi tim serang. Begitu seterusnya.
e. Jika satu petak terisi 2 atau lebih pemain, maka tim serang kalah, dan berganti jadi tim jaga.
Jalannya Permainan
Pemain dibagi menjadi 2 tim, yaitu tim jaga dan tim serang. Masing-masing tim memilih salah satu anggotanya untuk menjadi ketua yang bertugas sebagai sodor. Tim serang berkumpul di pangkalan, sementara tim jaga berdiri di garis-garis melintang yang telah ditentukan ketuanya. Tim serang harus berusaha masuk ke dalam petak-petak hingga dapat berada di belakang garis, kemudian berusaha kembali lagi ke pangkalan. Apabila seorang pemain tim serang bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh oleh tim jaga, maka tim serang, dinyatakan sebagai pemenang dan mendapatkan poin.
Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari permainan gobak sodor adalah:
a. melatih kerja sama dalam tim.
b. melatih kepemimpinan.
c. mengasah kemampuan otak.
d. mengasah kemampuan mencari strategi yang tepat.
e. meningkatkan kekuatan dan ketangkasan.

BACA JUGA>Mengukur Sudut
Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih.
@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "Permainan Gobak Sodor"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan