INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Permainan Tradisional - Congklak

Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
Congklak
Congklak adalah salah satu permainan tradisional yang ada di Indonesia. Di masing-masing daerah permainan ini memiliki nama yang berbeda. Ada yang menyebutnya congklak, ada juga yang mengenalnya dengan permainan dakon. Dalam permainan ini terdapat unsur persaingan yang sportif, kejujuran, dan interaksi antardua pemain.

Pemain
Dalam permainan congklak terdapat dua orang pemain yang menjalankan biji-biji congklak dalam papan congklak.
Persiapan
Sebelum memulai permainan, kedua orang pemain mengisi papan congklak dengan bijibijian atau kulit kerang. Ada juga yang menggunakan kelereng atau batu-batuan. Dalam papan congklak terdapat 16 buah lubang yang terdiri dari 14 buah lubang kecil, dan 2 buah lubang besar di kedua ujungnya. Setiap 7 lubang kecil di sisi pemain dan satu lubang besar di sisi kanannya dianggap sebagai milik pemain. Masing-masing pemain mengisi lubang yang dianggap miliknya dengan 7 buah biji-bijian. Sebelum memulai permainan, kedua pemain yang berhadap-hadapan melakukan undian siapa yang bermain terlebih dahulu. Biasanya undian dilakukan dengan cara suten menggunakan jari-jari tangan.
Cara Memainkan
Permainan congklak dimainkan dengan cara pemain yang menang suten terlebih dahulu mengambil biji dari lobang yang dipilihnya, lalu diisikan satu per satu ke lubang—lubang sebelah kanannya. Bila biji habis di lubang kecil yang terisi biji lainnya, ia dapat mengambil biji tersebut, lalu mengisikannya kembali ke lubang-lubang di sebelah kanannya. Bila biji habis di lubang besar miliknya, maka ia bisa memilih lubang kecil di sisinya, dan bila biji habis di lubang miliknya, sedangkan di hadapan terdapat biji pada lubang lawan, maka biji tersebut diambilnya. Namun, bila berhenti di lubang kosong, maka ia tidak mendapatkan apa-apa. Permainan dianggap berhenti, apabila sudah tidak ada papan yang terisi biji congklak.
Manfaat Permainan Congklak
Manfaat yang dapat diambil dari permainan congklak, antara lain sebagai berikut: 1. Melatih kejujuran dan sportivitas dari masing-masing pemain. 2. Melatih cara mengatur keuangan. 3. Melatih untuk terampil dan cermat. 4. Melatih diri untuk berinteraksi sosial dengan orang lain, dengan cara yang akrab, adil, dan tepa selira.

BACA JUGA>BangunDatar

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih.
@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "Permainan Tradisional - Congklak "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan