INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Bagian-Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya


Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
Bentuk tumbuhan beraneka ragam, tetapi secara umum tumbuhan memiliki bagian-bagian tubuh yang sama, yaitu akar, batang, daun, bunga, dan buah.
1.   Akar
Akar adalah bagian tumbuhan yang menghubungkan bagian tubuh tanaman dengan tanah atau media tempat tanaman tersebut tumbuh. Akar umumnya tumbuh ke bawah ke tanah searah dengan gaya gravitasi bumi.
a. Bagian-Bagian Akar
Secara umum akar terdiri atas akar utama, cabang akar, dan rambut akar. Akar utama adalah bagian akar yang cukup besar, berbentuk mengerucut dan tumbuh lurus menembus tanah. Pada akar utama, tumbuh cabang akar dan rambut akar. 

                                               
b. Jenis-Jenis Akar
Akar dapat digolongkan ke dalam 2 jenis, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut berbentuk serabut berukuran kecil-kecil. Akar serabut tidak memiliki akar utama sehingga ukuran akar yang satu dengan yang lainnya relatif sama. Tanaman yang memiliki akar serabut umumnya merupakan golongan monokotil (berkeping biji satu). Contoh tanaman yang berakar serabut adalah padi, pohon kelapa, dan rumput-rumputan. Sementara itu, akar tunggang terdiri dari satu batang induk berukuran cukup besar. Pada bagian akar induk, tumbuh akar-akar cabang dengan ukuran yang lebih kecil. Tanaman yang memiliki akar tunggang umumnya merupakan golongan dikotil (berkeping biji dua). Contoh tanaman yang berakar tunggang adalah pohon mangga, jambu, dan jeruk. Selain akar serabut dan akar tunggang, terdapat beberapa jenis akar khusus, yaitu akar tunjang (akar pandan), akar gantung (akar pohon beringin), akar isap (akar anggrek dan benalu), akar lekat (akar sirih), dan umbi akar (akar kentang).
c. Fungsi Akar
Akar merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting. Keberadaan akar pada tumbuhan sangat menentukan kelangsungan hidup tumbuhan. Fungsi akar bagi tumbuhan di antaranya seperti berikut.
1) Menunjang berdirinya tumbuhan
2) Menyerap air dan mineral-mineral dari dalam tanah
3) Tempat menyimpan cadangan makanan (untuk beberapa jenis tanaman tertentu, misalnya ubi kayu)
2.   Batang
Batang adalah bagian tanaman yang menempel pada akar dan berada di atas permukaan tanah. Arah pertumbuhan batang berlawanan dengan akar. Umumnya batang tumbuh mengikuti arah sinar matahari. Batang merupakan bagian tanaman tempat keluar dan menempelnya bagian daun, bunga, dan buah. Beberapa jenis tanaman memiliki batang yang bercabang dan beberapa jenis lainnya tidak. Beberapa jenis tanaman juga memiliki batang yang berkayu dan beberapa jenis yang lainnya tidak.




a.   Bagian-Bagian Batang
Pada tanaman berkayu, batang tersusun dari beberapa lapisan. Lapisan pertama disebut dengan pembuluh tapis yang bertugas mengangkut makanan hasil fotosistesis ke semua bagian tumbuhan. Di bagian dalam pembuluh tapis, terdapat lapisan kambium yang berlendir. Di bagian dalam lapisan kambium, terdapat pembuluh kayu yang berguna untuk mengangkut air dan mineral yang diserap oleh akar menuju daun.
b.   Jenis-Jenis Batang
Berdasarkan kandungan kambiumnya, terdapat batang yang berkambium dan batang yang tidak berkambium. Contoh tanaman yang memiliki batang berkambium adalah pohon jati dan pohon mangga. Sementara itu, contoh tanaman yang batangnya tidak berkambium adalah pohon pisang dan rumputrumputan. Batang tanaman dapat pula dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu batang berbentuk pohon seperti pohon jambu, batang berbentuk semak atau perdu seperti pada tanaman mawar, dan batang berbentuk rumput seperti pada tanaman padi.
c.   Fungsi Batang
Fungsi batang bagi tumbuhan, antara lain seperti berikut
1) Sebagai penyokong tubuh tumbuhan
2) Sebagai tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah.
3) Mengangkut air dan mineral yang diserap oleh akar ke daun.
4) Menyebarkan makanan dari daun ke semua bagian tumbuhan
5) Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan (untuk beberapa jenis tanaman tertentu, misalnya pohon tebu)
3.   Daun
Daun adalah bagian dari tumbuhan yang memberikan warna hijau yang cukup dominan pada pohon. Daun tumbuh dan menempel pada bagian batang pohon.
a.   Bagian-Bagian Daun
Pada tanaman yang memiliki daun lengkap, daun terdiri dari tangkai daun, pelepah daun, dan helai daun. Contoh daun yang merupakan daun lengkap adalah daun pohon pisang. Terdapat pula tanaman yang memiliki daun tidak lengkap, yaitu yang hanya memilki tangkai daun dan helai daun saja. Contoh daun yang merupakan daun tidak lengkap adalah daun pohon jeruk, karena tidak memilki pelepah daun.
  


b.   Jenis-Jenis Daun
Berdasarkan bentuk tulang daunnya, daun dibedakan menjadi daun bertulang daun menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar. Contoh daun yang memilki tulang daun menyirip adalah daun pohon mangga. Contoh daun yang memilki tulang daun menjari adalah daun pohon pepaya. Contoh daun yang memilki tulang daun melengkung adalah daun pohon sirih. Contoh daun yang memiliki tulang daun sejajar adalah daun pohon jagung.




Selain dibedakan berdasarkan bentuk tulangnya, daun juga dibedakan berdasarkan jumlah helai daun pada setiap tangkainya, yaitu daun tunggal dan majemuk. Daun tunggal adalah daun yang berjumlah satu helai dalam setiap tangkainya, contohnya daun jambu. Sementara itu, daun majemuk adalah daun yang terdiri dari beberapa helai dalam setiap tangkainya, contohnya daun putri malu.
 
c.   Fungsi Daun
Daun merupakan bagian yang memegang peranan yang sangat penting bagi tumbuhan. Fungsi utama daun pada tumbuhan adalah sebagai tempat membuat makanan atau tempat terjadinya proses fotosintesis. Selain itu, daun juga berguna sebagai tempat penguapan air dan sebagai alat pernapasan pada tumbuhan. 


4.   Buah
Buah adalah bagian tumbuhan yang merupakan perkembangan dari bunga. Buah terdiri dari kulit buah, daging buah, dan biji. Biji buah berfungsi sebagai bakal tumbuhan baru, sedangkan daging buah merupakan tempat menyimpan cadangan makanan. Buah yang berwarna mencolok akan menarik hewan untuk memakannya sehingga membantu proses penyebaran biji.

BACA JUGA>>>Bagian-Bagian Bunga

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih.
@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "Bagian-Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan