INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 3 Semester 2

       

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP UNIT 6)

 

 

Sekolah                        :  SD / MI

Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas / Semester         :  III (tiga) / 2

Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                          2.   Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                          3.   Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                          4.   Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                          5.   Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan cerita wayang.

                                          2.1.   Bermain peran.

                                          2.2.   Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun.

                                          3.1.   Membaca cepat.

                                          4.1.   Menulis huruf Jawa.

                                          4.2.   Menulis kalimat.

                                          5.1.   Mengapresiasi cerita.

      Indikator                        :  1.   Dapat menyebutkan nama tokoh-tokoh dalam cerita.

                                                2.   Dapat menjawab pertanyaan tentang sifat / watak tokoh dalam cerita.

                                                3.   Dapat memerankan tokoh dalam cerita dan sifatnya dengan kalimat  sederhana.

                                                4.   Dapat menggunakan basa ngoko dan krama sesuai unggah-ungguh basa.

                                                5.   Dapat membaca cepat teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

                                                6.   Dapat menyimpulkan isi bacaan.

                                                7.   Dapat menyalin tulisan Jawa menjadi tulisan latin & sebaliknya.

                                                8.   Dapat menulis kalimat aktif dan pasif yang sederhana.

                                                9.   Dapat menceritakan kembali isi cerita yang didengar secara lisan.

Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)

 

 

 

1.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat menyebutkan nama tokoh dan perwatakannya dari cerita wayang yang didengar.

      b.   Siswa dapat memainkan peran berdasarkan karakter tokoh dalam pewayangan.

      c.   Siswa dapat membaca cepat teks cerita wayang.

      d.   Siswa dapat menulis huruf Jawa dan membuat kalimat aktif/pasif.

      e.   Siswa dapat menceritakan isi cerita wayang.

 

2.   Materi Pembelajaran

      a.   Pertemuan pertama

Cerita wayang Pandhawa.

 

      b.   Pertemuan kedua

-  Teks cerita sederhana.

-  Basa ngoko dan krama.

 

      c.   Pertemuan ketiga

Teks cerita.

 

      d.   Pertemuan keempat

-  Tulisan huruf Jawa.

-  Kalimat aktif dan kalimat pasif.

 

      e.   Pertemuan kelima

Cerita wayang.

 

3.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa mendengarkan cerita wayang dibacakan oleh guru atau temannya.

Ø  Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh dalam cerita.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang sifat / watak tokoh dalam cerita.

Ø  Siswa dapat menceritan isi cerita wayang didengarkan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan teks cerita yang ada di buku atau media lain.

Ø  Siswa dapat menjelaskan sifat/ watak tokoh dalam cerita.

Ø  Siswa memerankan tokoh dalam cerita dan sifatnya dengan kalimat  sederhana.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.

Ø  Siswa menggunakan basa ngoko dan krama sesuai unggah-ungguh basa.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara membaca cepat.

Ø  Siswa membaca cepat teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan isi bacaan.

Ø  Siswa menyimpulkan isi bacaan dengan bahasanya sendiri.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menulis huruf Jawa.

Ø  Siswa menyalin tulisan Jawa menjadi tulisan latin & sebaliknya.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat aktif dan kalimat pasif.

Ø  Siswa menulis kalimat aktif dan pasif yang sederhana.

Ø  Siswa mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif tau sebaliknya.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan atau mendengarkan isi cerita wayang.

Ø  Siswa menyebutkan tokoh-tokoh seta karakternya.

Ø  Siswa menceritakan kembali isi cerita yang didengar secara lisan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

5.   Sumber Belajar

      a.  Chart berisi tulisan Huruf Jawa dan Kalimat Aktif/Kalimat Pasif.

      b.  Buku-buku tentang cerita wayang.

      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 3, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 80-95)

      d.   Buku Penunjanglain yang relevan.

 

6.   Penilaian

      a.   Teknik                                    :  Tes lisan, Tes unjuk kerja, dan Tes tulis.

      b.   Bentuk Instrumen    :  Daftar pertanyaan, Tes identifikasi, Tes simulasi, Uji petik kerja

                                                   proses dan hasil, dan Tes uraian.

      c.   Soal / Instrumen       :

Soal untuk Pertemuan Pertama

1.   Rungokna crita wayang sing diwaca gurumu!

2.   Wangsulana pitakon ngenani isine wacan utamane bab wewatake saben paraga wayang!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Paragakna wewatakane saben paraga Pandhawa!

2.   Omong-omongana nggunakake basa ngoko lan krama sing trep

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Ketiga

Coba wacan crita wayang ing bukumu wacanen, banjur ringkesen isi critane!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Keempat

1.   Ukara iki tulisen nganggo aksara Jawa!

      a. Aku maca buku.

      b. Gulumu kena apa?

2.   Ukara iki owahana dadi ukara tanduk!

      a. Bukuku diwaca adhik.

      b. Klambiku dikumbah Sari.

3.   Ukara iki owahana dadi ukara tanggap!

      a. Bayu ngonceki nanas.

      b. Sari ngeterake adhik.

            (Materi lihat di buku)

 

RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 3 Semester 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan