RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN BAWANGAN I
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester : IV (empat) / 2
A. Standar Kompetensi :
1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi
Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
B. Kompetensi Dasar :
1.1. Mendengarkan pembacaan teks bacaan.
2.1. Mengajukan dan menjawab perta nyaan.
2.2. Unggah-ungguh basa.
3.1. Membaca bersuara.
3.2. Membaca huruf Jawa.
4.1. Menulis
disposisi (cara membuat sesuatu atau langkah pembuatan).
5.1. Mengapresiasi
tembang.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Dapat mencocokkan gambar sesuai dengan
informasi yang didengar.
2. Dapat menggolongkan gambar berdasarkan
informasi yang didengarkan.
3. Dapat menyebutkan data diri: nama, kelas,
sekolah, dan tempat tinggal dengan kalimat sederhana.
4. Dapat
memperkenalkan nama orang tua dan saudara kandung.
5. Dapat
mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat
sederhana
6. Dapat membaca nyaring kata atau kalimat
dengan lafal dan intonasi yang tepat
7. Dapat
menjiplak dan menebalkan huruf atau kata
8. Dapat menyalin atau mencontoh huruf, kata
atau kalimat dengan huruf tegak lepas.
9. Dapat
menyanyikan tembang dolanan
D. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan yang
diperdengarkan.
b. Siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan
dengan bahasa Jawa yang benar.
c. Siswa dapat membaca huruf Jawa maupun huruf
Latin dengan lancar.
d. Siswa dapat menjiplak atau menebalkan dan
menyalin huruf, kata, atau kalimat.
e. Siswa dapat menyanyikan tembang Pucung.
E. Materi Pembelajaran
a. Pertemuan pertama
Teks bacaan
tentang ”Peternakan”
Misal:
”Ngingu Pitik”.
b. Pertemuan
kedua
- Teks bacaan.
- Basa ngoko dan krama.
c. Pertemuan ketiga
- Teks bacaan.
- Tulisan Huruf Jawa.
d. Pertemuan keempat
- Benda atau barang yang bermanfaat di sekitar
- Misal: Layang-layang, alat rumah tangga
- Kalimat aktif dan pasif.
e. Pertemuan
kelima
Teks tembang
Pucung.
F. Alokasi Waktu :
10 X 35 menit ( 5 pertemuan)
G. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Penugasan
c. Inkuiri
d. Responsi
e. Karya mandiri
f. Tanya jawab
g. Refleksi
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Pendahuluan
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Inti
Ø Siswa
mendengarkan pembacaan teks wacana tentang peternakan sambil mencatat atau
menandai bagian-bagian yang dianggap penting.
Ø Siswa
melakukan tanya jawab dengan temannya tentang isi bacaan.
Ø Siswa
menceritakan isi bacaan dengan bahasanya sendiri.
Ø Melalui
sebuah diskusi kelompok siswa menyimpulkan isi sebuah bacaan.
c. Penutup
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Inti
Ø Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara mengajukan pertanyaan dan
menjawab sebuah pertanyaan.
Ø Siswa
berlatih dengan temannya untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan bacaan secara
lisan.
Ø Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
Ø Siswa
menggunakan basa ngoko dan krama untuk percakapan dengan temannya maupun dengan
gurunya.
c. Penutup
Ø
Siswa
dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah
dilakukan.
Ø
Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a. Pendahuluan
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Inti
Ø Siswa
memperhatikan pembacaan teks wacana yang sedang dibaca temannya sambil mencatat
atau menandai bagian-bagian yang dianggap penting..
Ø Siswa
menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi wacana.
Ø Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan sandhangan dalam penulisan
huruf Jawa.
Ø Siswa
membaca huruf Jawa yang menggunakan sandhangan aksara.
c. Penutup
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Keempat
a. Pendahuluan
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Inti
Ø Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara menulis sebuah laporan.
Ø Siswa
menulis tata cara / urutan pembuatan suatu benda.
Ø Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat aktif dan kalimat pasif.
Ø Siswa
membuat beberapa contoh kalimat aktif dan kalimat pasif.
Ø Siswa
mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif.
c. Penutup
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kelima
a. Pendahuluan
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Inti
Ø Siswa
memperhatikan cerita guru yang berkaitan dengan isi tembang pucung.
Ø Secara
bersama-sama siswa menyanyikan tembang pucung yang berisikan cangkriman.
Ø Siswa
menjawab cangkriman yang terdapat dalam sebuah tembang pucung.
c. Penutup
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
I. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja dan Tes tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes identifikasi, Tes
simulasi, Uji kerja proses dan hasil, dan Tes
uraian.
c. Soal / Instrumen :
Soal untuk Pertemuan Pertama
1. Rungokna pamacane wacan bab
ingon-ingon banjur wangsulana pitakon-pitakon bab isine wacan!
2. Critakna isine wacan nganggo
basamu dhewe!
3. Terangna kanthi ringkes isine
wacan sing mentas kokrungokake!
(Materi
lihat di buku)
Soal untuk
Pertemuan Kedua
1. Takon tinakonana karo kancamu
ngenani kewan ingon-ingon sarana lisan!
2. Nomonga karo kancamu nggunakake
basa ngoko, isine bab ternak tawon!
3. Matura marang gurumu nggunakake
basa krama bab carane ternak tawon!
(Materi
lihat di buku)
Soal untuk
Pertemuan Ketiga
1. Wacan ”Ngingu Tawon” ing bukumu
wacanen kanthi setiti banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!
2. Sebutna jinis-jinise sandhangan
aksara Jawa!
3. Tulisan Jawa iki wacanen!
a. septu[ntiniav/
b. si=tekmu=seqiqik\
(Materi
lihat di buku)
Soal untuk
Pertemuan Keempat
1. Nggawea alat utawa dolanan sing
bisa dimanfaatake. Tulisen alat lan bahane sarta tata urutan carane nggawe!
2. Ukara iki owahana dadi ukara
tanggap!
Adhikku ngonceki nanas.
3. Ukara iki owahana dadi ukara
tanduk!
Klambiku
diumbah adhik.
(Materi
lihat di buku)
Soal untuk
Pertemuan Kelima
1. Tembang Pucung sing awujud
cangkriman ing bukumu tembangna!
2. Apa batangane cangkriman jroning
tembang Pucung sing ana ing bukumu?
(Materi
lihat di buku)
J. Sumber Belajar
a. Rekaman/model
orang yang sedang menyanyikan tembang macapat.
b.
Benda atau barang
yang bermanfaat.
c.
Buku “Tutur Basa Jawa”
Jilid 4, Penerbit Yudhistira (Wulangan 7: hal. 101-114)
d. Buku
Penunjang: “Tuntunan Tembang Macapat”.
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 2"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan