INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 2

       

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                        :  SDN BAWANGAN I

Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas / Semester         :  IV (empat) / 2

 

A.   Standar Kompetensi   :    

                                       1.      Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                          2.   Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                          3.   Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                          4.   Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                          5.   Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

 

B.   Kompetensi Dasar : 

                                          1.1.   Mendengarkan pembacaan teks bacaan.

                                          2.1.   Mengajukan dan menjawab perta nyaan.

                                          2.2.   Unggah-ungguh basa.

                                          3.1.   Membaca bersuara.

                                          3.2.   Membaca huruf Jawa.

                                          4.1.   Menulis disposisi (cara membuat sesuatu atau langkah pembuatan).

                                          5.1.   Mengapresiasi tembang.

 

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :          

                                                1.   Dapat mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengar.

                                                2.   Dapat menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengarkan.

                                                3.   Dapat menyebutkan data diri: nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal dengan kalimat sederhana.

                                                4.   Dapat memperkenalkan nama orang tua dan saudara kandung.

                                                5.   Dapat mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana

                                                6.   Dapat membaca nyaring kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat

                                                7.   Dapat menjiplak dan menebalkan huruf atau kata

                                                8.   Dapat menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas.

                                                9.   Dapat menyanyikan tembang dolanan

 

D.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan yang diperdengarkan.

      b.   Siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan dengan bahasa Jawa yang benar.

      c.   Siswa dapat membaca huruf Jawa maupun huruf Latin dengan lancar.

      d.   Siswa dapat menjiplak atau menebalkan dan menyalin huruf, kata, atau kalimat.

      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang Pucung.

 

E.   Materi Pembelajaran

      a.   Pertemuan pertama

Teks bacaan tentang ”Peternakan”

Misal: ”Ngingu Pitik”.

 

      b.   Pertemuan kedua

-  Teks bacaan.

-  Basa ngoko dan krama.

 

      c.   Pertemuan ketiga

-  Teks bacaan.

-  Tulisan Huruf Jawa.

 

      d.   Pertemuan keempat

-  Benda atau barang yang bermanfaat di sekitar

-  Misal: Layang-layang, alat rumah tangga

-  Kalimat aktif dan pasif.

 

      e.   Pertemuan kelima

Teks tembang Pucung.

 

F.    Alokasi Waktu         : 

10   X  35 menit ( 5  pertemuan)

 

G.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

H.   Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

      a.   Pendahuluan

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Inti

Ø  Siswa mendengarkan pembacaan teks wacana tentang peternakan sambil mencatat atau menandai bagian-bagian yang dianggap penting.

Ø  Siswa melakukan tanya jawab dengan temannya tentang isi bacaan.

Ø  Siswa menceritakan isi bacaan dengan bahasanya sendiri.

Ø  Melalui sebuah diskusi kelompok siswa menyimpulkan isi sebuah bacaan.

      c.   Penutup

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Pendahuluan

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara mengajukan pertanyaan dan menjawab sebuah pertanyaan.

Ø  Siswa berlatih dengan temannya untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.

Ø  Siswa menggunakan basa ngoko dan krama untuk percakapan dengan temannya maupun dengan gurunya.

      c.   Penutup

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Pendahuluan

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Inti

Ø  Siswa memperhatikan pembacaan teks wacana yang sedang dibaca temannya sambil mencatat atau menandai bagian-bagian yang dianggap penting..

Ø  Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi wacana.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan sandhangan dalam penulisan huruf Jawa.

Ø  Siswa membaca huruf Jawa yang menggunakan sandhangan aksara.


      c.   Penutup

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Pendahuluan

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara menulis sebuah laporan.

Ø  Siswa menulis tata cara / urutan pembuatan suatu benda.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat aktif dan kalimat pasif.

Ø  Siswa membuat beberapa contoh kalimat aktif dan kalimat pasif.

Ø  Siswa mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif.

      c.   Penutup

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Pendahuluan

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Inti

Ø  Siswa memperhatikan cerita guru yang berkaitan dengan isi tembang pucung.

Ø  Secara bersama-sama siswa menyanyikan tembang pucung yang berisikan cangkriman.

Ø  Siswa menjawab cangkriman yang terdapat dalam sebuah tembang pucung.

      c.   Penutup

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

I.      Penilaian

      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja dan Tes tulis

      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes identifikasi, Tes simulasi, Uji kerja proses dan hasil, dan Tes

                                                   uraian.

      c.   Soal / Instrumen       :

     


Soal untuk Pertemuan Pertama

1.   Rungokna pamacane wacan bab ingon-ingon banjur wangsulana pitakon-pitakon bab isine wacan!

2.   Critakna isine wacan nganggo basamu dhewe!

3.   Terangna kanthi ringkes isine wacan sing mentas kokrungokake!

            (Materi lihat di buku)

      Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Takon tinakonana karo kancamu ngenani kewan ingon-ingon sarana lisan!

2.   Nomonga karo kancamu nggunakake basa ngoko, isine bab ternak tawon!

3.   Matura marang gurumu nggunakake basa krama bab carane ternak tawon!

            (Materi lihat di buku)

      Soal untuk Pertemuan Ketiga

1.   Wacan ”Ngingu Tawon” ing bukumu wacanen kanthi setiti banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!

2.   Sebutna jinis-jinise sandhangan aksara Jawa!

3.   Tulisan Jawa iki wacanen!

      a. septu[ntiniav/

      b. si=tekmu=seqiqik\

            (Materi lihat di buku)

      Soal untuk Pertemuan Keempat

1.  Nggawea alat utawa dolanan sing bisa dimanfaatake. Tulisen alat lan bahane sarta tata urutan carane nggawe!

2.   Ukara iki owahana dadi ukara tanggap!

      Adhikku ngonceki nanas.

3.   Ukara iki owahana dadi ukara tanduk!

      Klambiku diumbah adhik.

            (Materi lihat di buku)

      Soal untuk Pertemuan Kelima

1.   Tembang Pucung sing awujud cangkriman ing bukumu tembangna!

2.   Apa batangane cangkriman jroning tembang Pucung sing ana ing bukumu?

            (Materi lihat di buku)

 

J.    Sumber Belajar

      a.  Rekaman/model orang yang sedang menyanyikan tembang macapat.

      b.  Benda atau barang yang bermanfaat.

      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 4, Penerbit Yudhistira (Wulangan 7: hal. 101-114)

      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Macapat”.

RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan