RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 6)
Sekolah : SD / MI
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester : V (lima) / 2
Standar
Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi
Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar : 1.1. Mendengarkan dan memahami isi bacaan.
2.1. Berbicara dengan berbagai ragam bahasa Jawa.
3.1. Berbicara dengan berbagai ragam bahasa Jawa.
4.1. Menulis
kalimat.
5.1. Mengapresiasi cerita rakyat.
Indikator : 1. Mengajukan pertanyaan
bacaan.
2. Menulis gagasan pokok dalam tiap paragrap.
3. Menggunakan basa ngoko dan krama dalam
percakapan.
4. Menceritakan pengalaman pribadi yang menarik.
5. Membaca teks pidato tentang cara di sekolah
dengan lafal dan intonasi yang benar.
6. Menyimpulkan isi pidato.
7. Menulis kalimat dengan menggunakan kata
panyandra.
8. Menulis huruf Jawa, menggunakan ater-ater anuswara.
9. Menyebutkan
nama-nama tokoh dalam cerita.
10. Memerankan tokoh dalam cerita.
Alokasi Waktu : 10
X 40 menit ( 5 pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menulis gagasan pokok tiap paragraf dari bacaan yang
didengarkan.
b. Siswa dapat menceritakan pengalaman pribadi yang menarik.
c. Siswa dapat membaca teks pidato dengan baik.
d. Siswa dapat menulis kalimat dengan
menggunakan panyandra.
e. Siswa dapat mengapresiasi cerita rakyat.
2. Materi Pembelajaran
a. Pertemuan pertama
Teks bacaan
tentang ”Peternakan”.
b. Pertemuan kedua
- Basa ngoko dan krama.
- Pengalaman pribadi (Misal: Saat berkunjung ke
tempat wisata).
c. Pertemuan ketiga
Teks pidato.
d. Pertemuan keempat
- Kalimat dengan kata panyandra.
- Tulisan Huruf Jawa.
e. Pertemuan
kelima
Cerita rakyat.
3. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Penugasan
c. Inkuiri
d. Responsi
e. Karya mandiri
f. Tanya jawab
g. Refleksi
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa
mendengar pembacaan teks wacana tentang ”peternakan” sambil mencatat hal-hal
yang dianggap penting.
Ø Siswa
mengajukan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
Ø Siswa
menulis gagasan pokok dalam tiap paragraf dalam wacana yang didengar.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan
basa ngoko dan krama.
Ø Siswa menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan.
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara
menceritakan pengalaman pribadi.
Ø Siswa menceritakan pengalaman pribadi yang menarik.
c. Kegiatan
Akhir
Ø
Siswa
dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah
dilakukan.
Ø
Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara melakukan pidato yang baik.
Ø Siswa
membaca teks pidato tentang cara di sekolah dengan lafal dan intonasi yang
benar.
Ø Siswa
menyimpulkan isi pidato yang telah dibaca temannya.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan
kata panyandra.
Ø Siswa menulis kalimat dengan menggunakan kata panyandra.
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penulisan
huruf Jawa dengan menggunakan ater-ater anuswara.
Ø Siswa menulis huruf Jawa dengan menggunakan ater-ater
anuswara
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat
terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kelima
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa membaca cerita rakyat dari berbagai media (cerita
rakyat yang ada di buku) kemudian menulskan nama-nama tokoh dalam cerita
tersebut.
Ø Siswa
memerankan tokoh dalam sebuah cerita rakyat.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5. Sumber Belajar
a. Beberapa
teks pidato
b. Chart
berisi materi pelajaran yang diajarkan.
c. Buku “Tutur
Basa Jawa” Jilid 5, Penerbit Yudhistira (Wulangan 6: hal. 88-102)
d. Buku Penunjang: “Tuntunan Menulis Huruf Jawa”.
e. Majalah ”Jaya Baya” dan ”Panyebar Semangat”.
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja, Tes tulis, dan Portofolio.
b. Bentuk Instrumen : Tes simulasi, Uji petik kerja proses dan
hasil, Tes uraian, dan Do-
kumen pekerjaan siswa.
c. Soal / Instrumen :
Soal untuk Pertemuan Pertama
1. Rungokna pamacane wacan ngenani ingon-ingon,
banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
2. Nggawea pitakonan ngenani isine wacan sing
mentas kokrungokake!
3. Tulisen bakune gagasan saben-saben
paragraf!
(Materi lihat di
buku)
Soal untuk Pertemuan Kedua
1. Nggawea pacelathon nggunakake basa ngoko lan
krama banjur praktekna karo kancamu!
2. Critakna pengalamanmu sing ora bisa
koklalekake!
(Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Ketiga
1. Nggoleka utawa nggawea teks pidhato banjur
wacanen kanthi lagu lan pocapan sing trep!
2. Terangna isine pidhato sing mentas
dipraktekake kancamu!
(Materi lihat di
buku)
Soal untuk Pertemuan Keempat
1. Nggawea tuladha tembung panyandra banjur
gawenen ukara sing trep!
2. Terangna jinis-jinise ater-ater anuswara!
3.
Tembung-tembung iki tulisen nganggo aksara Jawa: dakgawa, koktuku, diceluk
(Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Kelima
1. Goleka crita rakyat saka medhiya apa wae
banjur sebutna sapa wae para paragane!
2. Coba paktekna kwpriye wewatakane saben
paraga jroning crita rakyat!
(Materi
lihat di buku)
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 2"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan