INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 2

       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP UNIT 6)

 

 

Sekolah                        :  SD / MI

Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas / Semester         :  V (lima) / 2

Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                          2.   Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                          3.   Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                          4.   Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                          5.   Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan memahami isi bacaan.

                                          2.1.   Berbicara dengan berbagai ragam bahasa Jawa.

                                          3.1.   Berbicara dengan berbagai ragam bahasa Jawa.

                                          4.1.   Menulis kalimat.

                                          5.1.   Mengapresiasi cerita rakyat.

      Indikator                        :  1.   Mengajukan pertanyaan bacaan.

                                                2.   Menulis gagasan pokok dalam tiap paragrap.

                                                3.   Menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan.

                                                4.   Menceritakan pengalaman pribadi yang menarik.

                                                5.   Membaca teks pidato tentang cara di sekolah dengan lafal dan intonasi yang benar.

                                                6.   Menyimpulkan isi pidato.

                                                7.   Menulis kalimat dengan menggunakan kata panyandra.

                                                8.   Menulis huruf Jawa, menggunakan ater-ater anuswara.

                                                9.   Menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita.

                                              10.   Memerankan tokoh dalam cerita.

Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)

 

 

1.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat menulis gagasan pokok tiap paragraf dari bacaan yang didengarkan.

      b.   Siswa dapat menceritakan pengalaman pribadi yang menarik.

      c.   Siswa dapat membaca teks pidato dengan baik.

      d.   Siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan panyandra.

      e.   Siswa dapat mengapresiasi cerita rakyat.

 

2.   Materi Pembelajaran

      a.   Pertemuan pertama

Teks bacaan tentang ”Peternakan”.

 

      b.   Pertemuan kedua

-  Basa ngoko dan krama.

-  Pengalaman pribadi (Misal: Saat berkunjung ke tempat wisata).

 

      c.   Pertemuan ketiga

Teks pidato.

 

      d.   Pertemuan keempat

-  Kalimat dengan kata panyandra.

-  Tulisan Huruf Jawa.

 

      e.   Pertemuan kelima

Cerita rakyat.

 

 

3.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

 

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa mendengar pembacaan teks wacana tentang ”peternakan” sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.

Ø  Siswa mengajukan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.

Ø  Siswa menulis gagasan pokok dalam tiap paragraf dalam wacana yang didengar.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.

Ø  Siswa menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menceritakan pengalaman pribadi.

Ø Siswa menceritakan pengalaman pribadi yang menarik.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara melakukan pidato yang baik.

Ø  Siswa membaca teks pidato tentang cara di sekolah dengan lafal dan intonasi yang benar.

Ø  Siswa menyimpulkan isi pidato yang telah dibaca temannya.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan kata panyandra.

Ø  Siswa menulis kalimat dengan menggunakan kata panyandra.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penulisan huruf Jawa dengan menggunakan ater-ater anuswara.

Ø Siswa menulis huruf Jawa dengan menggunakan ater-ater anuswara

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa membaca cerita rakyat dari berbagai media (cerita rakyat yang ada di buku) kemudian menulskan nama-nama tokoh dalam cerita tersebut.

Ø Siswa memerankan tokoh dalam sebuah cerita rakyat.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

 

5.   Sumber Belajar

      a.  Beberapa teks pidato

      b.  Chart berisi materi pelajaran yang diajarkan.

      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 5, Penerbit Yudhistira (Wulangan 6: hal. 88-102)

      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Menulis Huruf Jawa”.

      e.   Majalah ”Jaya Baya” dan ”Panyebar Semangat”.

 

 

6.   Penilaian

      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Tes tulis, dan Portofolio.

      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes simulasi, Uji petik kerja proses dan hasil, Tes uraian, dan Do-

                                                    kumen pekerjaan siswa.

      c.   Soal / Instrumen       :

     

Soal untuk Pertemuan Pertama

1.   Rungokna pamacane wacan ngenani ingon-ingon, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!

2.   Nggawea pitakonan ngenani isine wacan sing mentas kokrungokake!

3.    Tulisen bakune gagasan saben-saben paragraf!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Nggawea pacelathon nggunakake basa ngoko lan krama banjur praktekna karo kancamu!

2.   Critakna pengalamanmu sing ora bisa koklalekake!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Ketiga

1.   Nggoleka utawa nggawea teks pidhato banjur wacanen kanthi lagu lan pocapan sing trep!

2.   Terangna isine pidhato sing mentas dipraktekake kancamu!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Keempat

1.   Nggawea tuladha tembung panyandra banjur gawenen ukara sing trep!

2.   Terangna jinis-jinise ater-ater anuswara!

3.    Tembung-tembung iki tulisen nganggo aksara Jawa: dakgawa, koktuku, diceluk

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kelima

1.   Goleka crita rakyat saka medhiya apa wae banjur sebutna sapa wae para paragane!

2.   Coba paktekna kwpriye wewatakane saben paraga jroning crita rakyat!

            (Materi lihat di buku)

 

 


RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan