INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


SE tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan

SE tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudtristek) telah menerbitkan Surat Edaran Sekjen Kemendikbudristek Nomor 29 Tahun 2023 tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan.

Edaran Kemendikbudristek tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan ditujukan kepada :

1. Pimpinan Unit Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;

2. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi;

3. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten lKota;

4. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;

5. Kepala Satuan Pendidikan

di seluruh Indonesia


Dasar Hukum

Dasar hukum dikeluarkannya Surat Edaran tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan adalah sebagai berikut.

1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2OO7 tenlang Perpustakaan.

Di dalam SE tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan disampaikan bahwa dalam rangka menindaklanjuti Perjanjian Kerja Sama antara Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Sekretariat Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Nomor 09/VII/PKS/2023 dan Nomor 76/PKS/V11.2023 tentang Peningkatan Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan, Kemendikbudristek dan Perpusnas berkomitmen untuk menyedialan bahan bacaan bermutu bagr seluruh ekosistem pendidikan di Indonesia.


Tersedianya bahan bacaan yang bermutu diharapkan mendorong tumbuhnya kecintaan membaca di kalangan peserta didik. Kemampuan peserta didik dalam mengakses, menafsirkan, mengintegrasikan, mengevaluasi, serta merefleksi informasi terbukti dapat berkorelasi positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Untuk mendukung Kurikulum Merdeka Belajar, Kemendikbudristek dan Perpusnas sepakat untuk berbagi sumber pengetahuan dan belajar untuk memperkaya materi pembelajaran bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Masyarakat dapat mengakses beragam bahan bacaan bermutu melalui laman dan aplikasi yang menyajikan konten berkualitas secara gratis dengan mengakses sumber daya yang disediakan oleh Kemendikbudristek dan Perpusnas.


Sumber pengetahuan dan sumber belajar yang dimiliki oleh Perpusnas diantaranya:

1. Bintang Pusnas Edu (https://bintangpusnas.perpusnas.go.id)

Platform aplikasi untuk meningkatkan alses dan konten digital bagi perpustalaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi.

Bintang Pusnas Edu menyajikan koleksi buku digital dan beragam koleksi digital lainnya, seperti buku audio, buku video, tutorial edukasi, jurnal ilmiah, yang dapat diakses melalui beragam platform (Android, Moc OS, Windows dan iOS).


2. Sumber informasi elelrtronik (https://e-resources.perpursnas.go.id/)

Layanan dalam jaringan yang menyediakan berbagai koleksi buku dan jurnal ilmiah elektronik berlangganan dari penerbit lokal maupun internasional.

Melalui e-resourcps, masyarakat dapat menelusur, membaca, dan mengunduh beragam koleksi digital yang telah dilanggan oleh Perpusnas.


3. Perpustakaan digital iPusnas (https://ipusnas.id/)

Aplikasi perpustakaan digitat yang dapat digunakan untuk membaca e-book dan dilengkapi dengan litur-fitur media sosial.

iPusnas dapat diakses di berbagai medium perangkat mulai dari desktop dan komputer berbasis situs (rueb-bas ed), mobile, netbook dan aplikasi tab-based.

Sumber pengetahuan dan sumber belajar yang dimiliki oleh Kemendikbudristek diantaranya:


1. Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (https://buku.kemdikbud.go.id/)

Ekosistem digital yang mewadahi penulis, penelaah, penerbit, dan lainnya dengan tujuan menjadi pusat informasi dan komunikasi dua arah terkait kegiatan perbukuan nasional.

Platform ini mewadahi kegiatan perbukuan seperti manajemen pembinaan, pusat data pelaku perbukuan, pengumuman penilaian, penerimaan laporan, serta publikasi berbagai kebijakan terkait perbukuan.


2. Buku Bacaan Digital (https://budi.kemdikbud.go.id/)

Laman yang berisikan beragam buku yang dikemas secara digital dan terdiri atas buku digital, buku audio, dan buku video. Bahan bacaan literasi yang diunggah telah lolos penilaian dan dinyatakan layak untuk digunakan di sekolah-sekolah di Indonesia.

Bahan bacaan tersebut disesuaikan jenjangnya dengan ketentuan pe{enjangan dari Pusat Perbukuan Kemdikbudristek.


3. Laman Perpustakaan Kemendikbudristek (https://perpustakaan.kemdikbud.go.id/)

Perpustakaan Kemendikbudristek yang menyediakan fasilitas pencarian terintegrasi SIKOPER (Sistem Integrasi Koleksi Perpustakaan).

SIKOPER merupakan layanan pencarian satu pintu ke dalam berbagai platform yang dikelola oleh Perpustakaan Kemendikbudristek dan satuan kerja di Kemendikbudristek.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kemendikbudrisrek mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk dapat memanfaatkan sumber pengetahuan dan pembelajaran tersebut semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan pembelajaran.



Surat Edaran Kemendikbudristek tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini. 

Selengkapnya untuk mendapatkan file SE tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan KLIK :

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "SE tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan