INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Juknis Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah

Juknis Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah

Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Petunjuk Teknis (Juknis) Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah.

Petunjuk Pelaksanaan (Juknis) Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pemangku kepentingan, terutama Pengawas Sekolah untuk mempelajari, memahami, dan mengimplementasikan peran barunya, sehingga mampu berkontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan sesuai semangat kebijakan Merdeka Belajar.

Secara substansi, Petunjuk Teknis Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah ini berisi dua bagian. Bagian pertama memuat penjelasan terkait transformasi peran pengawas sekolah, siklus pendampingan, berikut prinsip-prinsip pelaksanaan pendampingan.

Bagian selanjutnya berisi ilustrasi cerita terkait tiap tahapan siklus pendampingan pengawas sekolah, disertai alat-alat bantu, seperti pilihan strategi, metode, panduan refleksi, dan instrumen lainnya yang dipakai selama melaksanakan kegiatan pendampingan.

Baca : Perdirjen GTK tentang Peran Pengawas Sekolah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar


Pengertian Siklus Pendampingan

Siklus Pendampingan adalah konsep yang mendeskripsikan rangkaian alur kerja pengawas sekolah dalam membersamai kepala sekolah secara berkelanjutan.

Disebut sebagai siklus karena setiap tahapan didesain dari hulu ke hilir, dan kembali ke hulu lagi, kembali secara berulang.

Ada empat tahapan daam siklus, yaitu :

1. perencanaan pendampingan satuan pendidikan;

2. pendampingan perencanaan program kerja satuan pendidikan;

3. pendampingan terhadap pelaksanaan program kerja satuan pendidikan; dan

4. pelaporan hasil pendampingan satuan pendidikan.


Visualisasi Alur Siklus Pendampingan

Juknis Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah

Di dalam setiap tahapannya, siklus pendampingan memuat langkah-langkah bagi pengawas sekolah dalam memetakan komitmen perubahan para kepala sekolah dampingan, menentukan strategi dan metode yang tepat dalam memberikan dukungan, memberikan umpan balik yang akurat ketika membersamai kepala sekolah menyusun perencanaan berbasis data, melaksanakan program kerja, hingga mengevakuasi dan merefleksikan keterlaksanaan program sekolah agar selaras dengan visi perubahan yang diharapkan.

Siklus pendampingan dalam dokumen ini juga memuat instrumen-instrumen yang dapat memamdu pengawas sekolah mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan kepala sekolah dalam mendukung layanan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, melaksanakan refleksi secara berkala, dan menentukan tindak lanjut yang diperlukan.

Singkatnya, dengan mengacu pada siklus pendampingan ini, kerja pengawas sekolah diharapkn bisa menjadi lenih terencana, strategis, sesuai sasaran, dan objektif, sehingga pengawas sekolah dapat turut berkontribusi secara aktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran satuan pendidikan yang didampingi.

Petunjuk Pelaksanaan (Juknis) Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Selengkapnya untuk mendapatkan file Juknis Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah KLIK :

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Juknis Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan