INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Kisi-kisi Asesmen Madrasah PAI dan Bahasa Arab Tahun 2024

Kisi-kisi Asesmen Madrasah PAI dan Bahasa Arab Tahun 2024 

Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah diselenggarakan oleh madrasah yang sudah memiliki Ijin Operasional dan Nomor Statistik Madrasah (NSM) serta terdaftar pada Pangkalan Data EMIS Kementerian Agama.

Fungsi Asesmen Madrasah adalah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah, dan juga salah satu syarat penentuan kelulusan.

Madrasah menyusun instrumen asesmen mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab mengacu pada KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Kisi-kisi AM disusun oleh guru kelas dan/atau guru mata pelajaran yang ditetapkan oleh kepala madrasah. Kisi-kisi AM disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku. Sedangkan kisi-kisi AM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama Pusat.


Terkait dengan hal tersebut, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Kisi-kisi AM Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kisi-kisi Asesmen Madrasah PAI dan Bahasa Arab Tahun 2024 disampaikan melalui Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI Nomor B-91.6/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2024 tentang Kisi-Kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2023/2024.

Di dalam surat edaran tentang kisi-kisi Asesman Madrasah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Tahun Ajaran 2023/2024 yang terbit tanggal 1 Februari 2024 tersebut disampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan asesmen sumatif pada akhir jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menyiapkan Kisi-Kisi Asesmen Madrasah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab sebagaimana terlampir.


Bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut.

1. Kisi-Kisi AM mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab sebagaimana terlampir disusun berdasarkan KMA 183 Tahun 2019 dan KMA 347 Tahun 2022.

2. Kisi-Kisi AM mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab dijadikan pedoman Guru dalam menyusun naskah soal AM mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MI, MTs dan MA/MAK.

3. Naskah soal Asesmen Madrasah tidak boleh mengandung unsur SARA, politik praktis, provokatif, pornografi, kekerasan, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, dan

4. Jumlah soal Asesmen Madrasah ditetapkan oleh masing-masing madrasah sesuai proporsi yang diperlukan untuk mengukur kompetensi siswa.


Kisi-kisi AM Tahun Ajaran 2023/2024 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Kisi-kisi Asesmen Madrasah PAI dan Bahasa Arab Tahun 2024 "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan