3 Cara Merumuskan Deskripsi Nilai Rapor Kurikulum Merdeka
Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
3 Cara Merumuskan Deskripsi Nilai Rapor Kurikulum Merdeka
Salah satu hal yang perlu dipahami oleh pendidik pada implementasi Kurikulum Merdeka adalah cara merumuskan deskripsi nilai rapor pada Kurikulum Merdeka. Pelaporan hasil penilaian (asesmen) dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar, yang berupa laporan hasil belajar, yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian. Deskripsi nilai merupakan komponen yang harus dicantumkan di dalam laporan hasil belajar peserta didik.
Laporan hasil belajar paling sedikit memberikan informasi mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik. Pada PAUD, selain memuat informasi tersebut, laporan hasil belajar juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak.
Laporan hasil belajar hendaknya bersifat sederhana dan informatif, dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut bagi pendidik, satuan pendidikan dan orang tua untuk mendukung capaian pembelajaran.
Pada satuan pendidikan SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA dan SMK/ MAK atau sederajat, satuan pendidikan dan pendidik memiliki keleluasaan untuk menentukan deskripsi dalam menjelaskan makna nilai yang diperoleh peserta didik.
Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan mekanisme dan format pelaporan hasil belajar kepada orang tua atau wali. Pelaporan hasil belajar disampaikan sekurang-kurangnya pada setiap akhir semester. Di samping itu, satuan pendidikan menyampaikan rapor peserta didik secara berkala melalui e-rapor/ dapodik.
Pada PAUD, laporan hasil belajar dapat juga ditambahkan informasi tentang tumbuh kembang anak. Dalam format laporan terakhir, selain laporan ketercapaian CP, ada juga informasi tentang tinggi dan berat badan anak, kepemilikan NIK serta refleksi orang tua tentang perkembangan anak.
Komponen Rapor Kurikulum Merdeka
Rapor peserta didik PAUD minimal meliputi komponen berikut.
1. Identitas peserta Didik.
2. Nama satuan pendidikan.
3. Kelompok usia.
4. Semester.
5. Perkembangan dan Pertumbuhan anak.
6. Deskripsi Perkembangan Capaian Pembelajaran.
7. Refleksi Orang Tua.
Baca : Teknik Pengolahan Hasil Asesmen untuk Rapor Kurikulum Merdeka
Komponen rapor peserta didik SD/MI, SMP/ MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK atau sederajat minimal memuat informasi berikut.
1. Identitas peserta didik.
2. Nama satuan pendidikan.
3. Kelas.
4. Semester.
5. Mata Pelajaran.
6. Nilai.
7. Deskripsi.
8. Catatan Guru.
9. Presensi.
10. Kegiatan Ekstrakurikuler.
Cara Merumuskan Deskripsi Nilai Rapor Kurikulum Merdeka
Terdapat 3 (tiga) opsi dalam menyusun deskripsi capaian kompetensi pada rapor, yaitu:
1. penyusunan deskripsi berdasarkan Capaian Pembelajaran;
2. penyusunan deskripsi berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran;
3. penyusunan deskripsi dengan mengambil dari poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan.
Di dalam penyusunan deskripsi capaian kompetensi, pendidik harus mengidentifikasi capaian kompetensi tertinggi dan terendah. Capaian kompetensi tertinggi dapat ditandai dengan warna hijau dan capaian kompetensi yang paling rendah dapat ditandai dengan warna merah.
1. Penyusunan Deskripsi Rapor Berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP)
Berikut adalah contoh deskripsi dari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMA/ MA/ Program Paket C fase E. Fase E (umumnya untuk kelas X SMA/ MA/ Program Paket C) berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP).
Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk merespon isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut antara lain mengidentikasi, mengajukan gagasan, merancang solusi, mengambil keputusan, dan mengkomunikasikan dalam bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi yang tersedia terkait ….
Lebih lanjut, Fase E berdasarkan elemen memiliki Capaian Pembelajaran (CP) sebagai berikut.
a. Pemahaman Biologi. Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem, dan interaksi antarkomponen, serta perubahan lingkungan.
b. Pemahaman Fisika. Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.
c. Pemahaman Kimia. Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam kehidupan sehari hari; menerapkan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan termasuk menjelaskan fenomena pemanasan global; menuliskan reaksi kimia dan menerapkan hukum-hukum dasar kimia; memahami struktur atom dan aplikasinya dalam nanoteknologi.
Peserta didik pada contoh di atas mendapatkan capaian kompetensi tertinggi pada bagian yang diwarnai hijau dan capaian paling rendah pada bagian yang berwarna merah.
Rapor peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Kimia, Biologi) mendapat nilai akhir 80 dengan deskripsi rapor sebagai berikut.
Menunjukkan kemampuan dalam mengidentikasi, berkomunikasi dan mengajukan gagasan, terkait dengan inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem, interaksi antarkomponen, dan perubahan lingkungan; menjelaskan fenomena pemanasan global; menuliskan reaksi kimia, perubahan iklim dan pemanasan global, serta pencemaran lingkungan.
Perlu bimbingan dalam kemampuan merancang solusi, dan mengambil keputusan serta penguatan dalam menerapkan hukum-hukum dasar kimia.
2. Penyusunan Deskripsi Rapor Berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Berikut contoh deskripsi dari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMA/ MA/ Program Paket C fase E.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fisika Fase E semester 2 adalah sebagai berikut.
a. Menyajikan hasil analisis gejala, penyebab, dampak, dan solusi atas perubahan iklim, serta pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kimia Fase E semester 2 adalah sebagai berikut.
a. Menyajikan rumus kimia dan nama senyawa kimia yang berkaitan dengan sumber dan/atau solusi permasalahan isu global.
b. Menuliskan persamaan reaksi kimia yang lengkap setara yang berkaitan dengan fenomena alam sehari-hari atau isu global.
c. Menganalisis suatu fenomena alam secara kuantitatif berdasarkan hukum dasar kimia.
d. Merancang, melaksanakan serta mempresentasikan percobaan kimia dalam penerapan hukum-hukum dasar kimia.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Biologi Fase E semester 2 adalah sebagai berikut.
a. Menganalisis bioteknologi yang dapat diterapkan dalam pelestarian keanekaragam hayati, khususnya mengatasi kelangkaan keanekaragaman hayati dengan menyajikan bagan proses bioteknologi dari hasil telaah artikel.
b. Mengidenti†kasi komponen ekosistem dengan menyajikan laporan hasil pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya.
c. Menyusun jaring-jaring makanan atau rantai makanan dari hasil pengamatan ekosistem yang ada di lingkungan sekitar.
d. Menganalisis interaksi yang terjadi antar komponen ekosistem dengan menyajikan data hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
e. Mengidentifikasi perubahan lingkungan yang terjadi di sekitarnya dengan menyajikan laporan hasil pengamatan.
f. Menganalisis penyebab dan dampak negatif dari perubahan lingkungan dengan menyajikan data hasil kajian literatur atau pengamatan atau wawancara.
g. Mendeskripsikan bioteknologi yang dapat diterapkan dalam mengatasi perubahan lingkungan dengan menyajikan diagram dari hasil kajian literatur atau wawancara.
h. Menciptakan solusi terhadap permasalahan lingkungan yang ada di sekitarnya dengan melakukan projek sederhana.
Peserta didik pada contoh di atas mendapatkan capaian kompetensi tertinggi pada bagian yang diwarnai hijau dan capaian paling rendah pada bagian yang diwarnai merah.
Rapor peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Kimia, Biologi) mendapat nilai akhir 80 dengan deskripsi rapor sebagai berikut.
Fisika:
a. Menunjukkan penguasaan yang sangat baik dalam
- menyajikan hasil analisis gejala, penyebab, dampak, dan solusi atas perubahan iklim, serta pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.
Kimia:
a. Menunjukkan penguasaan yang sangat baik dalam
- menyajikan rumus kimia dan nama senyawa kimia yang berkaitan dengan sumber dan/ atau solusi permasalahan isu global;
- menuliskan persamaan reaksi kimia yang lengkap setara yang berkaitan dengan fenomena alam sehari-hari atau isu global.
b. Perlu penguatan dalam
- menganalisis suatu fenomena alam secara kuantitatif berdasarkan hukum dasar kimia, merancang, melaksanakan serta
- mempresentasikan percobaan kimia dalam penerapan hukum-hukum dasar kimia.
Biologi:
a. Menunjukkan penguasaan yang sangat baik dalam
- menganalisis bioteknologi yang dapat diterapkan dalam pelestarian keanekaragaman hayati;
- mengidenti„kasi komponen ekosistem dengan menyajikan laporan hasil pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya;
- menyusun jaring-jaring makanan atau rantai makanan dan hasil pengamatan ekosistem yang ada di lingkungan sekitar;
- menganalisis interaksi yang terjadi antar komponen ekosistem dengan menyajikan data hasil pengamatan di lingkungan sekitar;
- mengidentikasi perubahan lingkungan yang terjadi di sekitarnya dengan menyajikan laporan hasil pengamatan;
- mendeskripsikan bioteknologi yang dapat diterapkan dalam mengatasi perubahan lingkungan dengan menyajikan diagram dari hasil kajian literatur atau wawancara.
b. Perlu bimbingan dalam kemampuan menciptakan solusi terhadap permasalahan lingkungan yang ada di sekitarnya dengan melakukan projek sederhana.
Baca : Panduan Laporan Hasil Belajar (Rapor) Kurikulum Merdeka PAUD
3. Penyusunan Deskripsi Rapor Berdasarkan Poin-poin Penting dari Materi yang Sudah Diberikan
Berikut adalah contoh penyusunan deskripsi rapor berdasarkan poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan.
Contoh di atas adalah deskripsi rapor dari peserta didik Sekolah Dasar yang bernama Edo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Sumatif lingkup materi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan adalah sebagai berikut.
- Materi sumatif 1: cuaca di sekitarku.
- Materi sumatif 2: nama-nama hari dan bulan.
- Materi sumatif 3: konsep waktu.
- Materi sumatif 4: membedakan siang dan malam.
Edo mendapat nilai dengan rincian sebagai berikut.
- Pada sumatif 1 mendapatkan nilai 85.
- Pada sumatif 2 mendapatkan nilai 76.
- Pada sumatif 3 mendapatkan nilai 60.
- Pada sumatif 4 mendapatkan nilai 83.
- Nilai akhir dari sumatif lingkup materinya adalah 76.
- Nilai sumatif akhir semesternya adalah 75, ini diambil dari hasil tes saja.
- Nilai rapornya adalah 75,5.
Peserta didik yang bernama Edo mendapatkan capaian kompetensi tertinggi pada bagian yang diwarnai hijau dan capaian paling rendah pada bagian yang diwarnai merah.
Rapor peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alamnya mendapat nilai akhir 75,5 dengan deskripsi rapor sebagai berikut.
Menunjukkan penguasaan yang baik dalam memprediksi kondisi cuaca dan membedakan siang-malam.
Perlu pendampingan dalam memahami konsep waktu jam, menit, detik, perlu pembimbingan lebih lanjut agar kemampuan tersebut dikuasai secara konsisten.
@Salam Website Nasty
0 Response to "3 Cara Merumuskan Deskripsi Nilai Rapor Kurikulum Merdeka"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan