INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Download Revisi Capaian Pembelajaran Terbaru Tahun 2023

Download Revisi Capaian Pembelajaran Terbaru Tahun 2023

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek kembali melakukan revisi Capaian Pembelajaran PAUD SD SMP SMA tahun 2023. 

Revisi Capaian Pembelajaran Tahun 2023 tersebut disampaikan melalui Surat BSKAP Nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tentang Surat Pengantar Capaian Pembelajaran.

Di dalam surat tersebut  diinformasikan bahwa dalam rangka melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, penyusunan kurikulum, dan pengembangan pembelajaran, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah melakukan kegiatan Umpan Balik Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2023.

Berdasarkan hasil umpan balik terhadap Capaian Pembelajaran tersebut, maka BSKAP telah melakukan revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Di dalam Surat tersebut disampaikan hasil revisi Capaian Pembelajaran untuk PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) pada Kurikulum Merdeka dan Capaian Pembelajaran untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTS/Program Paket B, dan SMA/MA/Program Paket C pada Kurikulum Merdeka. sebagai pertimbangan untuk revisi Buku Teks Pelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA pada Kurikulum Merdeka.

Capaian Pembelajaran (Learning Outcoming) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari fase fondasi pada PAUD. Capaian Pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.

Penyusunan Capaian Pembelajaran per fase merupakan upaya penyederhanaan, sehingga peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai kompetensi. Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri atas satu fase, yaitu fase Fondasi. Sedangkan Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase (A–F), atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C).

Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah juga disusun untuk setiap mata pelajaran. Pembagian fase dalam Capaian Pembelajaran ini ditentukan oleh pemerintah. Meskipun demikian, sekolah memiliki keleluasan dalam menentukan strategi, cara, atau alur untuk mencapai Capaian Pembelajaran tersebut.

Peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan Capaian Pembelajaran pendidikan khusus. Sementara itu, peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual dapat menggunakan Capaian Pembelajaran umum dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum.

Perumusan capaian pembelajaran juga harus disertai dengan kriteria penilaian yang tepat, sehingga dapat digunakan untuk menilai bahwa hasil pembelajaran yang diharapkan telah dicapai. Capaian pembelajaran bersama dengan kriteria penilaian digunakan untuk mengidentifikasi tujuan belajar yang lebih terukur.

Ketuntasan Capaian Pembelajaran hanya dapat diidentifikasi setelah siswa mengikuti proses pembelajaran melalui penilaian dan harus dapat didemonstrasikan dalam kehidupan nyata.

Revisi Capaian Pembelajaran
Revisi Capaian Pembelajaran

1. Tujuan Capaian Pembelajaran PAUD

Pada jenjang pendidikan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA), Capaian Pembelajaran bertujuan untuk memberikan arah yang sesuai dengan usia perkembangan pada semua aspek perkembangan anak sehingga kompetensi pembelajaran yang diharapkan dicapai anak pada akhir PAUD dapat dipahami dengan jelas agar anak siap mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.

Capaian Pembelajaran di jenjang pendidikan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) juga bertujuan untuk menarasikan kompetensi pembelajaran yang diharapkan dicapai anak pada akhir PAUD agar anak siap mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.

2. Tujuan Capaian Pembelajaran SD-SMA

Pada jenjang pendidikan SD-SMA, Capaian Pembelajaran bertujuan untuk menunjukkan kemajuan belajar siswa dari satu tingkat ke tingkat berikutnya. Capaian Pembelajaran pada jenjang pendidikan ini juga harus disertai dengan kriteria penilaian yang tepat sehingga dapat digunakan sebagai bukti tercapainya hasil pembelajaran yang diharapkan.


Revisi Capaian Pembelajaran PAUD SD SMP SMA terbaru Tahun 2023 dapat di unduh pada tautan berikut ini.


👉=======UNDUH DISINI=======👈

Baca :
Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Download Revisi Capaian Pembelajaran Terbaru Tahun 2023"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan