INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Lirik Lagu Hymne Guru dan Mars PGRI serta Partiturnya

Lirik Lagu Hymne Guru dan Mars PGRI serta Partiturnya

Gatrailmu.com. Berikut ini adalah lirik lagu Hymne Guru dan Mars PGRI beserta partiturnya. Pada peringatan Hari Guru dan HUT PGRI, lagu Hymne Guru dan Mars PGRI biasanya akan sering dinyanyikan.

Lagu Hymne Guru dan Mars PGRI tersebut secara khusus didedikasikan kepada guru sebagai sebagai bentuk penghormatan kepada guru.

Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI selalu diperingati setiap tanggal 25 November. Hari Guru Nasional diperingati sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada guru-guru Indonesia.

Perayaan Hari Guru Nasional biasanya diisi dengan beragam kegiatan seperti upacara bendera, seminar, penghargaan untuk guru-guru berprestasi, dan berbagai kegiatan lainnya.

Hari Guru Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994 dan diperkuat dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Tanggal 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang didirikan pada tanggal 25 November 1945.

Setelah Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, Persatuan Guru Indonesia (PGI) menggelar Kongres Guru Indonesia yang pertama kali pada tanggal 24 – 25 November 1945 bertempat di Surakarta, Jawa Tengah.

Salah satu hasil kongres tersebut adalah penghapusan perbedaan suku, ras, agama, dan politik untuk bergabung menjadi satu Indonesia. Pada tanggal 25 November 1945 Kongres mengesahkan terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI.


Lirik Lagu Hymne Guru dan Mars PGRI

Berikut ini adalah lirik lagu Hymne Guru dan Mars PGRI beserta partiturnya.

Lagu Hymne Guru

Lagu Hymne Guru diciptakan oleh Sartono sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada guru-guru di Indonesia yang telah mendidik dan mencerdaskan anak bangsa.

Di dalam lagu tersebut, Sartono mengungkapkan kekaguman dan pujiannya kepada guru yang tanpa pamrih mendidik, bagaikan pahlawan tanpa tanda jasa.

Sartono adalah seorang guru musik di sekolah swasta. Beliau dilahirkan di Madiun, Jawa Timur, tanggal 29 Mei 1936 dan meninggal di Madiun pada tanggal 1 November 2015.

Pada tahun 1980, Sartono mengikuti lomba menciptakan lagu tentang pendidikan dan lagu Hymne Guru berhasil menjadi pemenang dalam lomba tersebut.


Berikut ini adalah lirik lagu Hymne Guru.

Hymne Guru

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terimakasihku tuk pengabdianmu

Terpujilah wahai ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terimakasihku tuk pengabdianmu

Engkau bagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa

Partitur Lagu Hymne Guru

Partitur Lagu Hymne Guru

Lagu Mars PGRI

Lagu Mars PGRI adalah lagu organisasi PGRI yang disahkan saat kongres PGRI ke-VI di Malang, Jawa Timur, pada tanggal 24 hingga 30 November 1952 yang diketuai oleh Soedjone dan M.E. Subiadinata.

Lagu Mars PGRI diciptakan oleh Basuki Endropranoto. Lagu tersebut sebagai pendorong kaum guru untuk dapat membangun rakyat dari kegelapan, karena guru adalah penyuluh dan pembimbing bangsa.

Kaum guru juga diharapkan insyaf akan kewajibannya, yaitu mendidik dan mengajar putra putri bangsa, membangun jiwa sebagai kekuatan negara. Pada saat itu keberadaan organisasi PGRI sudah dipengaruhi oleh politik.


Berikut adalah lirik lagu mars PGRI yang menggunakan tempo di Marcia (tempo semangat) seperti yang banyak dipakai pada lagu mars.

Mars PGRI

PGRI abadi
tetap mempersatukan diri
Dengan nama nan sentosa
lahir negara kita

PGRI abadi
bernaung di bawah sang panji
Sinar surya nan merata
anggotanya bersama

Wahai kaum guru semua
bangunkan rakyat dari g’lita
Kitalah penyuluh bangsa
pembimbing melangkah ke muka

Insyarflah ‘kan kewajiban kita 
mendidik mengajar p’tra putri
Kita lah pembangun jiwa
pencipta kekuatan negara


Partitur Mars PGRI

Partitur Mars PGRI


 Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih


@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Lirik Lagu Hymne Guru dan Mars PGRI serta Partiturnya"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan