INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Contoh Soal KSM 2024 Tingkat Kabupaten Kota

Contoh Soal KSM 2024 Tingkat Kabupaten Kota

Berikut ini adalah contoh soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2024 jenjang MI MTs MA Tingkat Kabupaten Kota.

Contoh soal Kompetisi Sains Madrasah 2024 ini dapat menjadi referensi belajar peserta didik yang akan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Jenjangjenjang MI MTs MA di tingkat Kabupaten Kota Tahun 2024.

Latihan soal KSM ini sebagai gambaran bentuk soal Kompetisi Sains Madrasah MI MTs MA di tingkat Provinsi tahun 2024 ini. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

KSM menjadi agenda resmi Kementerian Agama yang rutin digelar setiap tahun dan menjadi ajang bergengsi madrasah, baik negeri maupun swasta dalam berbagai tingkatan untuk menguji kemampuan bidang sains dan teknologi.

Siswa yang lolos KSM tingkat nasional merupakan hasil seleksi ketat dari KSM tingkat kabupaten dan provinsi yang telah digelar sebelumnya. KSM terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP), dan Madrasah Aliyah MA/SMA).

Cabang yang dilombakan dalam KSM adalah Matematika Terintegrasi, Sanis IPA Terintegrasi, IPS Terintegrasi, Biologi, Fisika, EKonomi, dan Geografi Terintegrasi.


Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024

Di dalam rangka pengembangan dan penguatan ilmu pengetahuan dan teknologipeningkatkan mutu dan daya saing madrasah terutama dalam bidang sains, maka maka Kementerian Agama menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah KSM Tahun 2024.

KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018, KSM berupaya mengelaborassains dengan konteks nilainilai Islam.

Integrasi sains dan konteks nilainilai Islam dalam KSM meliputi:

1. Soalsoal sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al Qur’an;

2. Soalsoal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik;

3. Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswasiswa madrasah dengan siswasiswa olimpiade sains di madrasah.

Secara umum, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sedangkan secara khusus, KSM tahun 2024 bertujuan sebagai berikut.

1. Menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains.

2. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan sipiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

3. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa madrasah.

4. Memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan bangsa dan menjadi penyejuk di tengah keterpurukan dunia pendidikan di Indonesia.

Hasil yang diharapkan muncul dari Kompetisi Sains Madrasah adalah sebagai berikut.

1. Berkembangnya bakat dan minat sains, sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains.

2. Siswa madrasah memiliki motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama, sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya.

3. Berkembangnya budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah.

4. Terjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat nasional.

5. Menghasilkan siswa siswi terbaik di setiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang kelimuannya.


Bidang Lomba KSM 2024

Bidang lomba Kompetisi Sains Madrasah 2024 kali ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dengan menghadirkan system seleksi yang proporsional (merit-based) dan membagi kategori lomba menjadi dua yaitu Individu dan Beregu, yang menjunjung nilai-nilai atau azas kompetisi dan kolaborasi.

Pada tahun ini, akan ada berbagai cabang sains yang akan diuji lombakan dalam , termasuk 2 (dua) bidang lomba untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), kategori Individu, yaitu Matematika Terintegrasi dan IPAS Terintegrasi, juga 1 (satu)  lomba kategori beregu yakni Sosial Sains Terpadu (Matematika dan IPAS); 3 (tiga) bidang lomba untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs): Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, dan IPS Terintegrasi, juga 1 (satu) lomba kategori beregu, yaitu Sosial Sains Terpadu (Matematika, IPA dan IPS); 6 (enam) bidang lomba untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA): Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi, juga 1 (satu) lomba kategori beregu khusus jenjang MA, yakni Sosial Sains Terpadu (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, ekonomi).


Tahapan Pelaksanaan KSM 2024

1. KSM Satuan Pendidikan

KSM Satuan Pendidikan menjadi tahapan awal seleksi KSM di tingkat satuan pendidikan. Tahapan KSM ini dimaksudkan untuk menentukan siswa terbaik dalam mewakili masing-masing satuan pendidikan yang dikirim untuk mengikuti KSM Tingkat Kabupaten/Kota.

2. KSM Tingkat Kabupaten/Kota

KSM Kabupaten/Kota merupakan tahapan seleksi KSM di tingkat Kabupaten/Kota. Tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik tiap bidang studi yang mewakili setiap Kabupaten/Kota untuk mengikuti tahapan KSM Provinsi.

3. KSM Tingkat Provinsi

KSM Provinsi merupakan tahapan seleksi KSM di tingkat Provinsi. Tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik tiap bidang studi yang mewakili setiap Kabupaten/Kota untuk mengikuti tahapan KSM Nasional.

4. KSM Tingkat Nasional

KSM Nasional merupakan puncak tahapan seleksi KSM di tingkat nasional yang dimulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, dan KSM Provinsi.

Tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik per bidang studi yang akan mendapatkan Medali Emas, Medali Perak. Medali Perunggu, atau penghargaan lainnya.


Persyaratan Peserta

1. Siswa berkewarganegaraan Indonesia yang terdaftar secara resmi di sekolah/madrasah yang dibuktikan dengan kartu pelajar atau surat keterangan kepala sekolah/madrasah serta rapor terakhir.

2. Siswa MI/SD kelas 4, 5, dan 6; siswa MTs/SMP kelas 7, 8, dan 9; dan siswa MA/SMA kelas 10, 11, dan 12 pada tahun pelajaran 2024/2025.

3. Setiap siswa yang diusulkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah berdasarkan hasil seleksi KSM Satuan Pendidikan, hanya dapat mengikuti satu bidang kategori lomba.

4. Setiap siswa yang diusulkan belum pernah meraih medali emas pada KSM/OSN/KSN di jenjang dan bidang sains yang sama.

5. Peserta yang melanggar ketentuan, akan didiskualifikasi secara otomatis oleh sistem KSM.


BACA  "Contoh Soal KSM 2024 Tingkat Provinsi"


Contoh Soal KSM 2024 Tingkat Kabupaten Kota 

Contoh Soal KSM 2024 Tingkat Provinsi

Di dalam membantu peserta didik mempersiapkan diri mengikuti Kompetisi Sains Madrasah tahun 2024, berikut adalah contoh latihan soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2024 jenjang MI MTs MA Tingkat Kabupaten Kota.


Silakan unduh contoh soal KSM MI MTs MA Tingkat Provinsi dan Nasional tahun 2024 tersebut, pada tautan di bawah ini.

1. Contoh Latihan Soal KSM MI Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2024

a. Contoh Soal KSM MI IPA Tingkat Provinsi – Unduh

b. Contoh Soal KSM MI Matematika Tingkat Provinsi – Unduh


2. Contoh Latihan Soal KSM MTs Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2024 

a. Contoh Soal KSM MTs IPA Terintegrasi Tingkat Provinsi – Unduh

b. Contoh Soal KSM MTs Matematika Terintegrasi Tingkat Provinsi – Unduh

c. Contoh Soal KSM MTs IPS Terintegrasi Tingkat Provinsi – Unduh 


3. Contoh Latihan Soal KSM MA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2024

a. Latihan Soal KSM MA Matematika Tingkat Kabupaten/Kota – Unduh

b. Latihan Soal KSM MA Fisika Tingkat Kabupaten/Kota – Unduh

c. Latihan Soal KSM MA Biologi Tingkat Kabupaten/Kota – Unduh

d. Latihan Soal KSM MA Kimia Tingkat Kabupaten/Kota – Unduh

e. Latihan Soal KSM MA Ekonomi Tingkat Kabupaten/Kota – Unduh

f. Latihan Soal KSM MA Geografi Tingkat Kabupaten/Kota – Unduh


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Contoh Soal KSM 2024 Tingkat Kabupaten Kota"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan