INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Tema Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 dan Maknany

Tema Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 dan Maknanya

Tema Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Tema Hari Lahir Pancasila ditetapkan berbeda setiap tahunnya, demikian halnya dengan tema Harlah Pancasila Tahun 2024.

Tema Hari Lahir Pancasila 2024 dipublikasikan untuk memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2024 ini yang puncak acaranya pada 2 Juni 2024 mendatang.

Fungsi tema dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 ini adalah untuk memperjelas dan mempertegas tujuan kegiatan yang akan dicapai dari peringatan tersebut.

Hari Lahir (Harlah) Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Kelahiran ideologi RI tersebut ditandai dengan pidato penyampaian usul dasar negara oleh Ir. Soekarno dalam sidang BPUPKI pertama pada 1 Juni 1945 silam.

Di dalam sidang tersebut, Ir. Soekarno menjelaskan dan menguraikan nilai-nilai yang menjadi landasan ideologi bangsa Indonesia, yaitu Pancasila. Dasar negara versinya terdiri atas lima sila, sebagai berikut.

1. Kebangsaan Indonesia (Nasionalisme).

2. Peri Kemanusiaan (Internasionalisme).

3. Demokrasi (Mufakat).

4. Kesejahteraan Sosial.

5. Ketuhanan Yang Maha Esa

Setelah pidato Soekarno tersebut, selanjutnya PPKI secara bulat menetapkan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia pada 18 Agustus 1945.

Penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila secara resmi tercantum di dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Pancasila.


Baca : Makna Filosofi Logo Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024


Tema Hari Lahir Pancasila 2024 dan Maknanya

Tema Hari Lahir Pancasila 2024

Hari Lahir Pancasila merupakan hari peringatan yang dirayakan sebagai bentuk Pancasila dalam tindakan dan pelaksanaan pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila lahir menjadi kekuatan Bangsa Indonesia. Dia menancap dalam lubuk sanubari sebagai pemersatu bangsa yang bhinneka, kuat dan abadi.

Pancasila telah menjaga jiwa-jiwa setiap insan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila membentuk karakter budi pekerti luhur dari generasi ke generasi.

Oleh karena itu, tema Hari Lahir Pancasila 2024 adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Melalui tema Hari Lahir Pancasila 2024 tersebut, kita diajak untuk terus melahirkan generasi bangsa terbaik dan menjaga persatuan, gotong royong dan kesetaraan.


Baca : Pedoman Identitas Visual Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Tema Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 dan Maknany"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan