INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Kalender Pendidikan : Pengertian, Fungsi, dan Hari-Hari Penting Penyusunannya

 Kalender Pendidikan : Pengertian, Fungsi, dan Hari-Hari Penting Penyusunannya  

Gatrailmu.com. Pengertian Kalender Pendidikan (Kaldik) adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.

Permulaan tahun ajaran baru merupakan waktu dimulainya kegiatan belajar di awal semester. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan belajar di setiap tahun pelajaran baru. Waktu pembelajaran efektif sendiri adalah jumlah jam belajar di sekolah yang mencakup seluruh mata pelajaran.

Sedangkan hari libur merupakan hari yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan. Hari libur yang dimaksud, yaitu hari libur nasional, cuti bersama, dan hari libur kalender Pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kaldik untuk tingkat satuan pendidikan disusun oleh satuan pendidikan yang bersangkutan dengan memperhatikan Kaldik yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten).


Baca : Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025, Catat Tanggal Pentingnya


Fungsi Kalender Pendidikan

Pengertian Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan (kaldik) akan menjadi pedoman bagi satuan pendidikan di dalam menentukan kegiatan pendidikan selama satu tahun ajaran. Secara umum, fungsi kalender pendidikan adalah untuk mendorong efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Kalender pendidikan juga berfungsi sebagai acuan yang berguna untuk menyelaraskan ketentuan mengenai hari efektif dengan hari libur sekolah maupun perguruan tinggi.

Fungsi kalender pendidikan secara khusus adalah sebagai pedoman yang digunakan guru untuk menghitung Minggu atau Jam Efektif Belajar, menyusun Program Semester, serta menentukan alokasi waktu pembelajaran di dalam Silabus dan RPP.


Hari-hari Penting dalam Kalender Pendidikan

Di dalam menyusun kalender pendidikan, satuan pendidikan perlu memperhatikan har-hari penting terkait kegiatan pendidikan, serta libur nasional dan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah.

Hal ini penting diperhatikan karena dengan melihat hari-hari penting dalam Kalender Pendidikan, Satuan Pendidikan akan dapat merancang kegiatan pendidikan selama satu tahun ajaran secara jelas.

Dengan rancangan kegiatan pendidikan yang jelas, maka kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan tidak berbenturan dengan hari libur/cuti nasional yang telah ditetapkan.

Berikut adalah beberapa hari penting di dalam penyusunan kalender pendidikan.

1. Kegiatan awal masuk sekolah

2. Libur awal bulan Ramadhan

3. Libur Hari Raya Idul Fitri

4. Libur Akhir Semester 1

5. Libur Akhir Semester 2

6. Libur Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI

7. Libur Hari Raya Idul Adha

8. Libur Tahun Baru Hijriyah (1 Muharam)

9. Libur Hari Raya Natal

10. Libur Tahun Baru Masehi

11. Libur Tahun Baru Imlek

12. Libur Maulid Nabi Muhammad SAW

13. Libur Raya Nyepi

14. Libur Wafat Yesus Kristus

15. Libur Hari Raya Waisak

16. Libur Hari Kenaikan Yesus Kristus

17. Libur Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

18. Libur Hari Buruh


BACA : 
Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Kalender Pendidikan : Pengertian, Fungsi, dan Hari-Hari Penting Penyusunannya "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan