INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Seleksi Kompetensi PPPK 2024 : Jumlah Soal, Durasi Waktu, dan Pembobotan Nilai

Seleksi Kompetensi PPPK 2024 : Jumlah Soal, Durasi Waktu, dan Pembobotan Nilai 

Salah satu tahapan seleksi yang harus diikuti oleh pelamar PPPK 2024 adalah seleksi kompetensi.  Seleksi Kompetensi merupakan tahap selanjutnya setelah pelajar dinyatakan lolos seleksi Administrasi.

Seleksi kompetensi tersebut dilakukan untuk menilai kesesuaian Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi Jabatan.

Dengan demikian, materi seleksi kompetensi PPPK 2024 meliputi Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural

Materi seleksi Kompetensi Teknis disusun oleh instansi pembina JF dan/atau instansi teknis Jabatan Pelaksana untuk selanjutnya diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN.

Materi seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural disusun oleh tim penyusun naskah soal seleksi di bawah koordinasi Panselnas untuk selanjutnya diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN.

Materi kompetensi teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan;

Materi kompetensi manajerial bertujuan untuk menilai komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang dapat diamati dan diukur.

Sedangkan materi kompetensi sosial kultural bertujuan untuk menilai pengetahuan dan sikap terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk yang memiliki keberagaman dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa.

Seleksi pengadaan PPPK juga dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas yang dilaksanakan dengan wawancara. Seleksi kompetensi dan wawancara dilaksanakan dengan metode CAT BKN.

Seleksi kompetensi dan wawancara dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara.


Jumlah Soal, Durasi Waktu, dan Pembobotan Nilai Soal Seleksi Kompetensi PPPK 2024

Soal Seleksi Kompetensi PPPK 2024
Soal Seleksi Kompetensi PPPK 2024

Jumlah soal, durasi waktu, dan pembobotan nilai soal Seleksi Kompetensei PPPK Tahun Anggaran 2024 secara khusus diatur di dalam Kepmen PANRB Nomor 347 Tahun 2024 tentang Mekanisme Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun Anggaran 2024.

Berikut adalah ketentuan jumlah soal, durasi waktu, dan pembobotan nilai soal Seleksi Kompetensi PPPK Tahun Anggaran 2024 selengkapnya.

1. Jumlah Soal

Jumlah soal keseluruhan seleksi kompetensi PPPK 2024 adalah 145 (seratus empat puluh lima) butir soal, dengan rincian:

a. seleksi kompetensi teknis sejumlah 90 (sembilan puluh) butir soal;

b. seleksi kompetensi manajerial sejumlah 25 (dua puluh lima) butir soal;

c. seleksi kompetensi sosial kultural sejumlah 20 (dua puluh) butir soal; dan

d. wawancara sejumlah 10 (sepuluh) butir soal.

Jumlah soal tersebut dikecualikan bagi jabatan Pengelola Umum Operasional. Jumlah soal keseluruhan seleksi kompetensi dan wawancara bagi jabatan Pengelola Umum Operasional adalah 100 (seratus) butir soal, dengan rincian:

a. seleksi kompetensi teknis sejumlah 45 (empat puluh lima) butir soal;

b. seleksi kompetensi manajerial sejumlah 25 (dua puluh lima) butir soal;

c. seleksi kompetensi sosial kultural sejumlah 20 (dua puluh) butir soal; dan

d. wawancara sejumlah 10 (sepuluh) butir soal.

2. Durasi Waktu

Seleksi kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural pada tes seleksi kompetensi PPPK 2024 dilaksanakan dalam durasi waktu 120 (seratus dua puluh) menit, sedangkan wawancara dilaksanakan dalam durasi waktu 10 (sepuluh) menit.

Ketentuan durasi waktu tersebut dikecualikan bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra. Seleksi kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra dilaksanakan dalam durasi waktu 150 (seratus lima puluh) menit. Wawancara bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra dilaksanakan dalam durasi waktu 15 (lima belas) menit.

3. Pembobotan Nilai

Pembobotan nilai untuk materi soal seleksi kompetensi dan wawancara, yaitu:

a. untuk materi soal seleksi kompetensi teknis, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol);

b. untuk materi soal seleksi kompetensi manajerial, sosial kultural, dan wawancara, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empat), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol).

Nilai kumulatif paling tinggi untuk seleksi kompetensi dan wawancara adalah 670 (enam ratus tujuh puluh), dengan rincian:

a. 450 (empat ratus lima puluh) untuk seleksi kompetensi teknis;

b. 180 (seratus delapan puluh) untuk seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural; dan

c. 40 (empat puluh) untuk wawancara.

Dalam hal pelamar pada kebutuhan jabatan fungsional guru di instansi pusat memiliki sertifikat yang terdaftar dalam pangkalan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta linier dengan jabatan yang dilamar, mendapat nilai paling tinggi sebesar 100 % (seratus persen) dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis.

Nilai kumulatif tersebut dikecualikan bagi jabatan Pengelola Umum Operasional,

Nilai kumulatif paling tinggi untuk seleksi kompetensi dan wawancara bagi jabatan Pengelola Umum Operasional adalah 445 (empat ratus empat puluh lima), dengan rincian:

a. 225 (dua ratus dua puluh lima) untuk seleksi kompetensi teknis;

b. 180 (seratus delapan puluh) untuk seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural; dan

c. 40 (empat puluh) untuk wawancara.

Baca : Mekanisme Penentuan Kelulusan Seleksi PPPK 2024


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 


telegram

0 Response to "Seleksi Kompetensi PPPK 2024 : Jumlah Soal, Durasi Waktu, dan Pembobotan Nilai "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan