INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Materi Seleksi Kompetensi PPPK Tahun 2024 dan Kisi-kisinya

 Materi Seleksi Kompetensi PPPK Tahun 2024 dan Kisi-kisinya

Materi Seleksi Kompetensi PPPK Tahun 2024 dan kisi-kisinya perlu dipahami oleh pelamar yang akan mengikuti seleksi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun Anggaran 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan jumlah formasi paling besar bagi tenaga non ASN di berbagai instansi pemerintah dalam pengadaan PPPK tahun 2024.

Formasi PPPK Tahun 2024 ini disiapkan sebagai tindak lanjut melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, yaitu dalam rangka penyelesaian penataan tenaga non-ASN di instansi pemerintah.

Mulai 22 Agustus 2024, pemerintah telah menetapkan formasi CASN sebanyak 1.280.547.  Sebagian besar formasi tersebut dialokasikan untuk PPPK, yaitu sebanyak 1.031.554 formasi.  Selain itu 248.993 formasi diperuntukkan bagi CPNS, dengan rincian 114.546 untuk instansi pusat dan 134.447 untuk instansi daerah.

Pengadaan PPPK tahun 2024 ditujukan untuk pelamar prioritas, seperti eks THK-II sesuai database THK-II di BKN, non-ASN yang terdaftar di database BKN, serta non-ASN yang masih aktif bekerja di instansi pemerintah.

Proses seleksi PPPK ini akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT), dan kelulusan akan ditentukan berdasarkan peringkat terbaik. Tidak ada seleksi atau pengangkatan otomatis dalam proses seleksi ini. Pelamar akan dinyatakan lulus jika berperingkat terbaik. Artinya dalam seleksi tidak menggunakan nilai ambang batas.

Oleh karena itu, pelamar perlu memperhatikan materi Seleksi Kompetensi PPPK tahun 2024 dan kisi-kisinya agar bisa mendapatkan peringkat terbaik.


Materi Seleksi Kompetensi PPPK 2024 dan Kisi-kisinya

Materi Seleksi Kompetensi PPPK Tahun 2024

Seleksi pengadaan PPPK Tahun 2024 terdiri atas dua tahap, yaitu Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi. Seleksi administrasi dilakukan untuk mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran.

Selelah dinyatakan lulus seleksi Administrasi, pelamar akan diminta untuk mengikuti Seleksi Kompetensi. Tes Kompetensi merupakan tahapan yang harus diikuti pelamar seleksi PPPK, setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi dan verifikasi dokumen.

Baca : Jumlah Soal Seleksi Kompetensi PPPK 2024, Durasi Waktu, dan Pembobotan Nilai

Materi seleksi Kompetensi PPPK 2024 meliputi seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, seleksi kompetensi sosial kultural, dan wawancara.

Seleksi Kompetensi PPPK 2024 dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas yang dilaksanakan dengan wawancara berbasis komputer.

Materi kompetensi teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan;

Materi kompetensi manajerial bertujuan untuk menilai komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang dapat diamati dan diukur, meliputi kompetensi:

1. integritas;

2. kerja sama;

3. komunikasi;

4. orientasi pada hasil;

5. pelayanan publik;

6. pengembangan diri dan orang lain;

7. mengelola perubahan; dan

8. pengambilan keputusan.

Sedangkan materi kompetensi sosial kultural bertujuan untuk menilai pengetahuan dan sikap terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk yang memiliki keberagaman dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki:

1. kepekaan terhadap keberagaman;

2. kemampuan berhubungan sosial;

3. kepekaan terhadap pentingnya persatuan; dan

4. empati.

Materi wawancara dengan menggali informasi non kognitif yang bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas meliputi beberapa aspek yaitu kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan.

Seleksi kompetensi dan wawancara dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Mekanisme Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun Anggaran 2024 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 


telegram

0 Response to " Materi Seleksi Kompetensi PPPK Tahun 2024 dan Kisi-kisinya"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan