INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Cara Membaca dan Memaknai Hasil Rapor Pendidikan

 Website Nasty  Cara Membaca dan Memaknai Hasil Rapor Pendidikan

 Rapor Pendidikan menampilkan kondisi satuan pendidikan berdasarkan data dari hasil asesmen dan survei-survei nasional yang melibatkan satuan pendidikan dan daerah.

Satuan Pendidikan dan Pemerintah Daerah dapat menjadikan Rapor Pendidikan acuan dalam mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, lalu membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh. Selain itu, publik juga dapat mengakses Rapor Pendidikan sebagai upaya gotong royong membenahi kualitas pendidikan.

Rapor Pendidikan menyajikan pembaruan data setiap tahunnya yang dapat digunakan sebagai referensi untuk menentukan prioritas pendidikan yang berkelanjutan. Data ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah, satuan pendidikan, mitra pembangunan, hingga orang tua peserta didik.


Cara Membaca dan Memaknai Hasil Rapor Pendidikan

Cara Membaca Hasil Rapor Pendidikan

Berikut ini adalah cara membaca dan memaknai hasil Rapor Pendidikan. Hasil Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi utama, dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan dari kualitas pendidikan. Oleh karena itu pengguna seperti kepala satuan pendidikan perlu memahami betul hasil dari Rapor Pendidikan mereka.

Hasil Rapor Pendidikan juga sudah dibuat dan dijabarkan secara ringkas dan sederhana sehingga kepala satuan pendidikan, kepala dinas pendidikan atau tenaga kependidikan hanya perlu memiliki kemampuan statistik dasar untuk dapat melakukan analisis dari data yang disajikan.

Di dalam dashboard di halaman beranda, Anda akan dengan mudah menganalisa hasilnya karena terdapat capaian yang mempunyai tiga spektrum warna dan arti berbeda, seperti berikut.

⁃ Hijau, yang berarti hasil capain Baik/ Tinggi dan untuk indikator kesenjangan artinya Rendah

– Kuning, yang berarti hasil capain Sedang dan untuk indikantor kesenjangan artinya Sedang

– Merah, yang berarti hasil capain Kurang dan untuk indikantor kesenjangan artinya Tinggi

Rentang nilai akan berbeda sesuai indikator yang dapat dilihat pada Surat Keputusan tentang Indikator Rapor Pendidikan dan Pemerintah Daerah di sini 

Kemudian jika Anda klik pada bagian warna tersebut atau pada Arti capaian Saya, Anda juga dapat membaca penjelasan detail terkait pencapaian. (gambar nomor 1)

Selain capaian nya, Anda juga dapat melihat perbandingan hasil dengan tahun sebelumnya.

Apakah Hasil Rapor Pendidikan Memengaruhi Peringkat Dari Satuan Pendidikan?

Rapor Pendidikan bukan merupakan laporan prestasi dari satuan pendidikan, tetapi gambaran representatif dari satuan pendidikan. Dengan demikian, apabila satuan pendidikan Anda sudah mendapatkan hasil yang baik, Anda dapat melakukan peningkatan hasil penilaian indikator dengan membuat inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan hasil penilaian di tahun berikutnya.

Bagaimana Jika Hasil Rapor Pendidikan Rendah dan Terdapat Ketidaksesuaian Data?

Jika Anda mendapat hasil rendah pada indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan, Anda dapat melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya. Analisis dapat dilakukan melalui platform Rapor Pendidikan ataupun unduhan dan melihat bagian daftar Akar Masalah. Lakukan Pembenahan dengan melihat contoh kegiatan benahi yang sesuai kebutuhan.

Selain itu, jika terdapat ketidaksesuaian hasil data pada platform Rapor Pendidikan Anda dapat mengisi Formulir Berikut dan melengkapinya dengan tangkapan layar hasil indikator mana yang tidak sesuai sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Lalu apa manfaat dan tujuan setelah membaca hasil Indikator Prioritas pada Rapor Pendidikan?

Hasil-hasil capaian dapat digunakan untuk membantu Anda dalam menentukan skala prioritas benahi selanjutnya dan melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD) dengan lebih tepat sasaran.

Berikut adalah contoh menentukan skala prioritas untuk selanjutnya melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD)

  1. Anda dapat membaca kolom ringkasan untuk melihat indikator prioritas apa yang mendapat capaian tertinggi dan capaian terendah untuk memilih fokus pembenahan.
  2. Anda dapat memilih seluruh indikator prioritas yang memiliki capaian Kurang untuk dijadikan sasaran utama melakukan pembenahan. Misal, ada 3 indikator prioritas memiliki capaian kurang, maka anda dapat membuat kegiatan yang berfokus pada indikator tersebut.
  3.  Jika hanya ada satu capaian Kurang, dan lainnya dengan capaian Sedang. Anda dapat menjadikan capaian Kurang sebagai fokus utama, kemudian melihat hasil perbandingan tahun ini dengan tahun sebelumnya pada indikator Sedang untuk kegiatan pembenahan selanjutnya.
  4. Jika semua capain Baik. Anda dapat menentukan pembenahan dengan melihat hasil perbandingan tahun ini dengan tahun sebelum nya (angka delta) yang memiliki selisih nilai paling tinggi.
  5. Jika semua capaian anda Baik, Anda juga dapat melihat skor hasil capaian indikator prioritas dengan menentukan mulai dari hasil skor yang paling rendah ke paling tinggi untuk prioritas pembenahan.

Tampilan Capaian Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Cara Membaca dan Memaknai Hasil Rapor Pendidikan"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan