INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Panduan Akreditasi Sekolah Terbaru Tahun 2024, Silakan Unduh

 Website Nasty Panduan Akreditasi Sekolah Terbaru Tahun 2024, Silakan Unduh

Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan satuan dan/atau program pendidikan kesetaraan berdasarkan penilaian mutu layanan pendidikan.

Di dalam praktiknya, pelaksanaan akreditasi dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM).

Pasal 1 Permendikbudristek Nomor 38 Tahun 2023 menyatakan bahwa Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah yang selanjutnya disebut BAN-PDM adalah badan yang melaksanakan Akreditasi terhadap satuan pendidikan anak usia dini, satuan pendidikan dasar, satuan pendidikan menengah, dan program pendidikan kesetaraan yang dalam menjalankan tugasnya bersifat mandiri dan professional.

Akreditasi sekolah sangat penting dilakukan untuk memastikan dan menjamin mutu layanan pendidikan yang dijalankan oleh lembaga pendidikan. Akreditasi dilakukan terhadap satuan pendidikan mulai dari jenjang PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah, hingga program pendidikan kesetaraan.

Terkait dengan pelaksanaan akreditasi sekolah tahun 2024, maka Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) telah menerbitkan beberapa Panduan Akreditasi Sekolah Tahun 2024.

BAN-PDM menerbitkan Panduan Akreditasi Sekolah Tahun 2024 untuk Satuan PAUD, Dikdasmen (SD, SMP, SMA), SMK/MAK, SLB/MLB, dan Program Pendidikan Kesetaraan.

Dengan diterbitkannya Panduan Akreditasi Sekolah Tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi pedoman berbagai pihak yang akan mengikuti proses akreditasi. .

Panduan Akreditasi Sekolah Tahun 2024
Panduan Akreditasi Sekolah Tahun 2024

Panduan Akreditasi Sekolah Tahun 2024 ini bertujuan untuk memandu penyelenggara layanan pendidikan yang akan diakreditasi.

Panduan Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2024 ini menjelaskan tentang hal-hal berikut.

1. Area kinerja yang diukur di dalam instrumen akreditasi

Bagian ini akan menjelaskan area kinerja yang diukur di dalam instrumen akreditasi, per komponen, per butir dan per indikator kinerja.

2. Proses akreditasi yang akan dilalui

Bagian ini menjelaskan tahap yang terjadi di saat pra visitasi, saat visitasi dan juga saat setelah visitasi. Informasi ini kami harapkan dapat memberikan gambaran tentang proses yang akan Bapak/Ibu ikuti, sehingga dapat menyiapkan diri dengan lebih baik.

3. Kesempatan yang dapat digunakan penyelenggara layanan pendidikan untuk menjelaskan kinerjanya

Bagian ini akan memandu satuan pendidikan dalam memahami cara menjelaskan kinerjanya di dalam proses akreditasi. Baik saat pra visitasi, maupun saat visitasi.

Prinsip Penyusunan Menanisme Akreditasi

Terdapat tiga prinsip yang digunakan dalam menyusun mekanisme akreditasi, sebagai berikut.

1. Bermakna

Prinsip ini mendasari penyusunan keempat komponen yang ada dalam instrumen penilaian akreditasi, yaitu: (a) Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran; (b) Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam Pengelolaan; (c) Iklim Lingkungan Belajar; dan (d) Hasil Belajar.

Penentuan keempat komponen ini merujuk pada konsep universal “what is a good school”. Artinya, area kinerja yang diukur di dalam akreditasi, merupakan area kinerja yang berdampak pada kualitas layanan yang diterima oleh anak.

2. Inklusif

Instrumen akreditasi untuk ragam jenis dan jenjang disusun dengan merujuk pada satu konstruk yang sama sehingga dapat ditemukan benang merah antar instrumen, serta tidak ada jenjang, jenis, atau kondisi lingkungan belajar yang merasa tidak terwakili dalam instrumen akreditasi ini. Tiap instrumen kemudian menyesuaikan konstruk tersebut dengan konteks dan kebutuhan belajar ragam jenis jenjang.

3. Prinsip kontekstual

Prinsip ini merujuk pada proses akreditasi yang merekognisi keragaman cara/strategi yang dilakukan penyelenggara layanan pendidikan, sesuai konteks sosio-kultural dan kebutuhan belajar peserta didik, serta sumber daya penyelenggara layanan yang berbeda-beda.

Kontekstual artinya, penentuan keterpenuhan dari area kinerja tidak terkunci oleh rumusan prasyarat tertentu yang preskriptif untuk melakukan kinerja, misalnya memaksakan adanya suatu dokumen/kegiatan spesifik atau tertentu.

Pembuktian bisa diperoleh dari dokumen, dokumentasi, hasil wawancara dan hasil observasi. Asesor diberikan keleluasaan untuk menggunakan lensanya dalam menilai apakah satuan pendidikan telah menyediakan layanan berkualitas bagi peserta didiknya sesuai dengan area kinerja yang diukur. Instrumen ini juga menyediakan ruang bagi satuan pendidikan untuk menjelaskan cara dan strateginya dalam menyelenggarakan layanan.


Komponen Dalam Instrumen Akreditasi

Komponen 1. Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran

Komponen ini menjadi bagian dari instrumen akreditasi karena tugas utama satuan pendidikan adalah memastikan peserta didiknya mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Komponen 2. Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan

Kepemimpinan penyelenggara program dalam pengelolaan satuan pendidikan, atau sering dipahami sebagai instructional leadership, merupakan kunci hadirnya tata kelola satuan pendidikan yang baik, dan akan berdampak pada peningkatan layanan berkelanjutan.

Dengan mengukur kinerja penyelenggara program, maka Badan Akreditasi Nasional turut mendukung penguatan peran penyelenggara program sebagai pemimpin pembelajaran.

Komponen 3. Iklim Lingkungan Belajar

Peran satuan pendidikan adalah mendampingi peserta didik, dan salah satu cara dalam mendampingi peserta didik yang langsung dirasakan oleh mereka adalah melalui pengkondisian iklim lingkungan belajar.

Dengan mengukur iklim lingkungan belajar, maka Badan Akreditasi Nasional sudah memastikan setiap peserta didik berada di dalam lingkungan yang memungkinkan mereka mendapatkan hasil optimal dari proses belajar.


Komponen 4. Kompetensi Hasil Pembelajaran Lulusan dan/atau Peserta Didik

Untuk mengukur hasil kinerja satuan pendidikan dalam menghadirkan hasil pembelajaran yang diinginkan, instrumen akreditasi kesetaraan menggunakan dua sumber data.

Panduan Akreditasi Sekolah Tahun 2024 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Panduan Akreditasi Sekolah Terbaru Tahun 2024, Silakan Unduh"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan