INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Perbedaan Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler pada Kurikulum Merdeka

 Website Nasty Perbedaan Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler pada Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah perbedaan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler pada Kurikulum Merdeka.

Stuktur Kurikulum Merdeka memuat intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Regulasi tentang Struktur Kurikulum Merdeka diatur dalam Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Permendikbudristek Nomor 12 tahun 2024 ini sekaligus untuk memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka menjadi kurikulum nasional.

Struktur Kurikulum Merdeka merupakan pengorganisasian atas kompetensi, muatan pembelajaran, dan beban belajar. Kompetensi adalah kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan kemampuan Peserta Didik sebagai hasil dari proses pembelajaran.

Muatan pembelajaran merupakan susunan materi atau isi yang disampaikan pada proses pembelajaran, mencakup sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang diharapkan dikuasai oleh Peserta Didik sesuai dengan kebutuhan belajar. Sedangkan beban belajar merupakan alokasi waktu pembelajaran untuk mencapai kompetensi Peserta didik.


Perbedaan Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler pada Kurikulum Merdeka

Perbedaan Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler pada Kurikulum Merdeka

Struktur Kurikulum Merdeka didasari atas 3 (tiga) hal, yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pancasila. Berdasarkan ketiga landasan tersebut, maka struktur Kurikulum Merdeka memuat Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler.

Berikut ini adalah perbedaan mengenai intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler pada Kurikulum Merdeka .

1. Intrakurikuler

Intrakurikuler merupakan kegiatan pembelajaran yang dijadwalkan dan merupakan bagian dari struktur kurikulum. Tujuan intrakurikuler adalah mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

Aktivitas intrakurikuler dilakukan sesuai dengan jadwal dan beban belajar yang telah ditetapkan. Kompetensi dalam kegiatan intrakurikuler dirumuskan dalam bentuk Capaian Pembelajaran.

Muatan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini dirumuskan secara terintegrasi dengan kompetensi yang ingin dibangun. Sedangkan muatan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah dirumuskan dalam bentuk mata pelajaran. Beban belajar kegiatan intrakurikuler dirumuskan dalam bentuk alokasi waktu dalam 1 (satu) tahun pelajaran.

2. Kokurikuler

 Kokurikuler adalah kegiatan pembelajaran tambahan yang dilakukan untuk memperkuat, memperdalam, dan/atau memperkaya kegiatan intrakurikuler.

Kokurikuler dilaksanakan paling sedikit dalam bentuk projek penguatan profil pelajar Pancasila, kecuali untuk pendidikan kesetaraan..

Kokurikuler pada pendidikan kesetaraan dilaksanakan paling sedikit melalui pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil pelajar Pancasila.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu dalam mengamati, mengeksplorasi, dan/atau merumuskan solusi terhadap isu atau permasalahan nyata yang relevan bagi Peserta Didik.

Kompetensi pada projek penguatan profil pelajar Pancasila dirumuskan dalam bentuk ciri Peserta Didik yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. :

Muatan pembelajaran pada projek penguatan profil pelajar Pancasila memuat tema projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Beban belajar pada projek penguatan profil pelajar Pancasila dirumuskan dalam bentuk alokasi waktu dalam 1 (satu) tahun pelajaran.

3. Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler ditujukan untuk mengembangkan minat dan bakat Peserta Didik. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan pengembangan karakter yang dilakukan di luar jam belajar reguler.

Satuan Pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah jalur formal menyelenggarakan layanan Ekstrakurikuler.

Sedangkan Satuan Pendidikan pada pendidikan anak usia dini dan Satuan Pendidikan penyelenggara pendidikan kesetaraan dapat menyelenggarakan layanan Ekstrakurikuler.

Jenis Ekstrakurikuler yang dapat dipilih adalah sebagai berikut.

  • Krida
  • Karya Ilmiah
  • Olah Bakat dan Olah Minat
  • Keagamaan
  • Bentuk kegiatan lainnya

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Perbedaan Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler pada Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan