INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) tentang PPG Bagi Guru Tertentu

 Website Nasty Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) tentang PPG Bagi Guru Tertentu

Berikut adalah beberapa Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bagi Guru Tertentu.

PPG Bagi Guru Tertentu atau PPG Dalam Jabatan hadir sebagai upaya untuk melahirkan guru-guru yang profesional, berkompeten, dan sejahtera. Program ini dilaksanakan secara mandiri dan daring selama kurang dari satu semester.

Pembelajaran PPG Bagi Guru Tertentu dilakukan melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Sedangkan informasi pemanggilan peserta disampaikan melalui akun SIMPKB masing-masing peserta. 

Untuk memahami lebih lanjut mengenai PPG Bagi Guru Tertentu, di bawah ini adalah Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) tentang PPG Bagi Guru Tertentu.

Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) tentang PPG Bagi Guru Tertentu
Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) tentang PPG Bagi Guru Tertentu

APA ITU PPG BAGI GURU TERTENTU?

PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi calon guru atau guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik. PPG bagi guru Tertentu yaitu PPG bagi guru-guru dalam jabatan yang telah mengajar di sekolah formal.

SIAPA SAJA SASARAN PESERTA PPG BAGI GURU TERTENTU?

a. Guru penggerak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang belum memiliki Sertifikat Pendidik.

b. Guru yang telah menyelesaikan pendidikan dan latihan profesi Guru namun belum memiliki Sertifikat Pendidik.

c. Guru yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan dengan status aktif mengajar pada tahun ajaran 2023/2024 dan belum memiliki Sertifikat Pendidik.


BAGAIMANA TAHAP PENYELENGGARAAN PPG BAGI GURU TERTENTU?

Pada Permendikbudristek No 19 tahun 2024 Tentang Pendidikan Profesi Guru Pasal 5, PPG diselenggarakan melalui tahapan sebagai berikut:

a. penerimaan calon peserta PPG;

b. pembelajaran PPG; dan

c. uji kompetensi peserta PPG.

BAGAIMANA SISTEM PEMANGGILAN UNTUK IKUT PPG BAGI GURU TERTENTU?

Notifikasi pemberitahuan sasaran PPG akan disampaikan melalui akun SIMPKB masing-masing guru.


BAGAIMANA MEKANISME PEMBIAYAAN UNTUK PEMBELAJARAN PPG BAGI GURU TERTENTU?

Pembiayaan untuk pembelajaran PPG bagi Guru Tertentu dibiayai oleh Pemerintah.

APA ITU PLATFORM MERDEKA MENGAJAR?

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Platform ini akan digunakan sebagai media pembelajaran dalam pelaksanaan PPG bagi Guru Tertentu.


SIAPA SAJA YANG BERHAK MENGIKUTI PPG GURU TERTENTU?

Guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dan tercatat aktif di Dapodik tahun ajaran 2023/2024

APA SYARAT UNTUK MENGIKUTI PPG GURU TERTENTU?

Pada Permendikbudristek No 19 tahun 2024 Tentang Pendidikan Profesi Guru Pasal 3 ayat 4, guru harus memenuhi syarat sebagai berikut:

a. warga Negara Indonesia;

b. sehat jasmani dan rohani;

c. memiliki kualifikasi akademik sarjana atau sarjana terapan;

d. mengajar pada Satuan Pendidikan atau melaksanakan penugasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

e. belum mencapai batas usia pensiun Guru berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan

f. bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. dan lolos seleksi administrasi yang telah ditentukan.


APAKAH ADA PRIORITAS TERTENTU BAGI GURU-GURU YANG INGIN MENGIKUTI PPG?

Sasaran PPG tahun 2024 diprioritaskan bagi guru-guru yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi tahun 2023 (status: Disetujui). Bagi yang belum lolos seleksi administrasi silahkan bapak/ibu guru memastikan data di DAPODIK valid baik dari nama, jenis PTK, bidang studi, riwayat pendidikan, NIK, NIP) dinyatakan benar dan valid.

BAGAIMANA SAYA BISA MEMILIH BIDANG STUDI UNTUK PPG BAGI GURU TERTENTU?

Bidang studi untuk PPG bagi Guru Tertentu dipilih sesuai atau linier dengan program studi pada ijazah S1/DIV yang dimiliki masing-masing guru.

Baca : Juknis Peserta UKPPPG Bagi Guru Tertentu Tahun Ajaran 2024/2025

BAGAIMANA CARA MENDAFTAR PPG BAGI GURU TERTENTU?

Guru-guru yang memenuhi syarat umum PPG bagi Guru Tertentu dapat mendaftar sebagai calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan melalui aplikasi SIMPKB. Menu pendaftaran seleksi akademik dan administrasi hanya akan muncul/aktif pada masa pendafataran saja. Jadwal dan syarat pendaftaran PPG bagi Guru Tertentu akan disampaikan melalui edaran resmi.

BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PEMBETULAN UNTUK GURU YANG MEMILIKI NOMOR UKG GANDA YANG MENYEBABKAN TERKENDALA DALAM MELAKUKAN PENDAFATARAN PPG?

Guru dapat melakukan permohonan pembetulan akun (remap akun) sesuai dengan panduan berikut : https://bantuan.simpkb.id/books/panduan-kelola-simpkb-guru/ch01/1-4-membuat-laporan-kendala.html.

APAKAH ADA PROGRAM PPG DALAM JABATAN DENGAN MEKANISME PEMBIAYAAN SECARA MANDIRI?

Tidak ada. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017, PPG Dalam Jabatan hanya dapat dibiayai oleh Pemerintah Pusat, Daerah, dan Satuan Pendidikan yang dikelola masyarakat.


APAKAH CPNS YANG BELUM MEMPEROLEH SERTIFIKAT PENDIDIK, MENDAPAT PRIORITAS UNTUK MENGIKUTI PPG DALAM JABATAN?

Sesuai dengan aturan yang berlaku, prioritas PPG Dalam Jabatan yaitu bagi semua guru yang dinyatakan lulus seleksi akademik dan administrasi sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah pada tahun tersebut.

SUDAH DINYATAKAN LULUS PPG NAMUN BELUM MEMPEROLEH NRG?

Bagi guru yang telah lulus PPG dan mendapatkan sertifikat pendidik namun belum mendapatkan NRG, maka dapat menanyakan informasi melalui dinas Pendidikan setempat yang mengurus sertifikat pendidik.


APA TAHAPAN SELANJUTNYA SETELAH DINYATAKAN LULUS UKPPPG?

Bagi guru yang telah lulus UKPPPG akan mendapatkan sertifikat pendidik yang akan disampaikan oleh LPTK penyelenggara PPG. Bagi guru lulusan PPG Dalam Jabatan akan mendapatkan NRG secara otomatis pada tahun berikutnya setelah kelulusan UKPPPG. Penerbitan NRG dipantau melalui INFOGTK. Sedangkan untuk cetak kartu NRG dilakukan di dinas Pendidikan setempat.

APA PERSYARATAN AGAR BISA IKUT SERTA UKPPPG?

Uji kompetensi peserta PPG dilaksanakan setelah peserta berhasil menyelesaikan pembelajaran PPG di PMM kemudian peserta mendaftar sebagai peserta UKPPPG melalui tautan yang disematkan di tombol pendaftaran pada akhir sesi pembelajaran di PMM.


APA SAJA KOMPONEN YANG DIUJIKAN DALAM UKPPPG?

Sebagaimana PP No. 74 Tahun 2008 yang kemudian disempurnakan pada PP No. 19 Tahun 2017 Tentang Guru, UKPPPG terdiri atas dua komponen Uji, yaitu Ujian Tertulis dan Ujian Kinerja. Ujian Tertulis terdiri atas Uji Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Tes Uraian berbasis studi kasus. Sementara itu, Ujian Kinerja terdiri atas penilaian perangkat pembelajaran (RPP atau modul ajar) serta penilaian video praktik pembelajaran.

BAGAIMANA FORMAT PELAKSANAAN UKPPPG?

Ujian tertulis dilaksanakan secara daring domisili dengan pengawasan langsung melalui media pertemuan virtual. Sementara itu, untuk penilaian Ujian Kinerja dilaksanakan secara asynchronos melalui Aplikasi UKin UKPPPG yang dikembangkan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).


APA SAJA KRITERIA KELULUSAN DALAM UKPPPG?

Peserta UKPPPG dinyatakan lulus UKPPPG jika telah berhasil lulus pada Ujian Tertulis dan Ujian Kinerja. Peserta yang belum lulus pada salah satu atau kedua Ujian belum bisa dinyatakan lulus UKPPPG dan harus mengulang untuk Ujian yang belum dinyatakan lulus. Pengumuman kelulusan disampaikan melalui surat edaran resmi yang disampaikan melalui laman resmi PPG dan UKPPPG.

APAKAH ADA MATERI ATAU BAHAN BELAJAR KHUSUS YANG DISEDIAKAN UNTUK PERSIAPAN UKPPPG?

Materi pembelajaran yang disampaikan selama masa pembelajaran merupakan materi dan bahan belajar untuk UKPPPG. Pengalaman mengajar dan kasus-kasus yang dialami saat mengajar akan sangat bermanfaat, sharing pengalaman bersama rekan guru akan sangat membantu.


DI MANA TEMPAT PELAKSANAAN UKPPPG?

UKPPPG dilaksanakan secara daring domisili artinya yaitu dilakukan di tempat masing-masing peserta dengan mempertimbangkan koneksi internet yang memadai. Tempat tersebut harus memenuhi persyaratan sebagaimana yang tercantum dalam panduan dan tata tertib peserta UKPPPG.

APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA MENGALAMI KENDALA TEKNIS SAAT MENGIKUTI UKPPPG SECARA DARING?

Setiap peserta akan dikelompokkan dalam kelas kepengawasan, setiap kelas didampingi 1 orang pengawas ujian. Sehingga setiap kendala harus dilaporkan kepada pengawas.


APABILA ADA BAGIAN TERTENTU DARI UKPPPG YANG DINYATAKAN TIDAK LULUS, APAKAH HARUS MENGULANG SECARA KESELURUHAN?

UKPPPG terdiri dari dua tahap ujian yaitu Ujian Tertulis dan Ujian Kinerja. Jika ada salah satu dari ujian tersebut yang dinyatakan tidak lulus maka peserta wajib mengulang ujian yang tidak lulus saja. Biaya ujian ulang dibebankan kepada masing-masing peserta.

APAKAH TAHAP SELANJUTNYA SETELAH DINYATAKAN LULUS UKPPPG?

Jika telah dinyatakan lulus UKPPPG maka peserta akan diberikan sertifikat pendidik dari perguruan tinggi penyelenggara PPG yang telah ditentukan. Bagi guru-guru yang telah memiliki NUPTK dan memenuhi syarat-syarat penerima tunjangan Profesi Guru akan mendapatkan Nomor Register Guru (NRG) yang dapat dilihat melalui INFOGTK mulai bulan Maret 2025.


SEPERTI APA DESAIN PEMBELAJARAN PPG GURU TERTENTU?

Desain pembelajaran PPG bagi guru tertentu yaitu dengan mempelajari 3 modul pembelajaran mandiri di PMM

DI MANA PEMBELAJARAN PPG GURU TERTENTU AKAN DILAKUKAN?

Pembelajaran PPG bagi guru tertentu yaitu dengan pembelajaran mandiri di PMM.


APA SAJA YANG DIPELAJARI SAAT PEMBELAJARAN PPG GURU TERTENTU?

Pembelajaran PPG bagi guru tertentu yaitu mempelajari modul:

1. Prinsip Pengajaran dan Asesmen,

2. Pembelajaran Sosial Emosional, dan\3. Pengantar Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus.


APAKAH GURU MENDAPATKAN PENDAMPINGAN SELAMA PEMBELAJARAN MANDIRI?

Dalam pelaksanaan pembelajaran PPG bagi guru tertentu tahun 2024 tidak ada pendampingan khusus. Bapak/ibu guru dapat berkolaborasi dengan rekan-rekan sejawat atau komunitas belajar, berkoordinasi dengan BBGP/BGP, LPTK dan dinas pendidikan. Namun kami juga menyediakan helpdesk https://ppg.kemdikbud.go.id/page/hubungi-kami dan paket informasi https://s.id/SertifikasiPendidikPMM

APAKAH DALAM PPG GURU TERTENTU AKAN ADA KEGIATAN PRAKTIK MENGAJAR?

Dalam pelaksanaan pembelajaran PPG bagi guru tertentu tahun 2024 tidak ada praktik mengajar


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ) tentang PPG Bagi Guru Tertentu"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan