INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Tema Hari Batik Nasional (HBN) Tahun 2024, Bangga Berbatik

 Website Nasty Hari Batik Nasional (HBN) 2024 mengusung tema Bangga BerbatikTema Hari Batik Nasional Tahun 2024 ini bertujuan untuk mendukung para perajin dan pengusaha produk batik.

Oleh karena itu, masyarakat akan diajak sering membeli, menggunakan dan mempopulerkan batik di setiap aktivitas kapan pun, dimana pun.

Demikian disampaikan oleh Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita, di dalam keterangannya menjelang peringatan HBN 2024 di Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Di dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2024, Ditjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI) akan menggelar perayaan Hari Batik Nasional (HBN) tanggal 2 Oktober 2024.

Pada perayaan HBN tahun ini, akan diselenggarakan Pameran Hari Batik Nasional Tahun 2024. Pameran berlangsung dari tanggal 2-6 Oktober di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Ditjen IKMA memfasilitasi gerai gratis untuk 24 industri kecil menengah (IKM) batik yang sudah terkurasi. Dua diantaranya dua pelaku wirausaha baru, binaan Lembaga Pemasyarakatan hasil pendampingan.

Tema Hari Batik Nasional 2024
Tema HBN Tahun 2024

HBN Tahun 2024 menetapkan Batik Tulis Tenun Gedhog Tuban, Jawa Tengah sebagai ikon. “Batik ini merupakan batik yang langka dan menjadi warisan budaya Indonesia,” ujar  Ketua YBI Gita Kartasasmita.

Batik Gedhog Tuban memiliki ciri khas motif burung Phoenix.  Batik ini menjadi simbol akulturasi budaya masyarakat pesisir Tuban dengan budaya Tiongkok.


Baca : Kumpulan Link Twibbon Hari Batik Nasional 2024, Gratis Desain Estetik


Proses pembuatan batik pun masih menggunakan alat tenun gedog sederhana dan dikerjakan masyarakat asli Tuban. Bahan bakunya berupa benang katun dan kapas yang dipintal.

Sementara Ketua Panitia Peringatan HBN Tahun 2024, Febriana Paramita mengatakan bahwa selain pameran berbagai acara akan digelar. Pecinta batik dan masyarakat luas, dapat berpartisipasi menyaksikan peragaan busana, talkshow dan berbelanja di bazar batik.

Sebanyak 45 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) akan menampilkan produk batik asli daerahnya masing-masing. Sebagai puncak acara akan diselenggarakan Batik Fun Run and Walk pada Minggu, 6 Oktober 2024.

“Batik Fun Run merupakan upaya kita mengembangkan, mempopulerkan, dan melestarikan produk batik kepada masyarakat luas. Selain memberikan edukasi bagi masyarakat tentang kain batik,”  demikian ujar Febriana menutup keterangannya.***


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Tema Hari Batik Nasional (HBN) Tahun 2024, Bangga Berbatik"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan