INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Pelatihan Content Creator dan Mahir Artificial Intelligence 2024 untuk Santri, Berikut Jadwal dan Link Pendaftarannya

Website Nasty Kementerian Agama melalui Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan membuka pendaftaran pelatihan Content Creator dan Mahir Artificial Intelligence 2024 khusus untuk Santri.

Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan menggelar Short Course: Santri Menjadi Content Creator, dan Santri Mahir AI (Artifial Intelligence). Dua pelatihan tersebut digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Santri 2024.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Suyitno di Jakarta, Rabu (16/10/24), menyampaikan bahwa dua short course ini khusus digelar untuk menyemarakkan Hari Santri dan dirancang untuk membekali para santri menyiapkan diri menyongsong masa depan.

Menurut Suyitno, dunia yang terus berubah dan dipenuhi dengan teknologi ini harus direspons pesantren dengan positif. Pesantren harus memanfaatkan teknologi untuk mempercepat penyampaian materi dakwah dan belajar.

Suyitno menambahkan bahwa Santri harus beradaptasi dengan teknologi agar menjadi pribadi yang komplit, menguasai ilmu keagamaan dengan baik sekaligus menguasai teknologi,” tambahnya.

Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Mastuki mengungkapkan, dua short course ini melibatkan nara sumber yang professional di bidangnya, yaitu para content creator santri yang memiliki rekam jejak sangat panjang. Semua pengisinya adalah para ahli, baik yang untuk content creator maupun Artificial Intelligence.

Mastuki menambahkan, untuk content creator, materi yang akan dipelajari antara lain: storytelling, menulis naskah, branding, teknik produksi, dan lainnya.

Sementara untuk Mahir Artificial Intelligence, materi yang dipelajari berfokus pada AI yang bisa membantu santri mengembangkan ilmu agama, antara lain: AI dan masa depan santri, penggunaan AI untuk menulis arab, dan pembuatan chatbot santri.

Pelatihan Content Creator dan Mahir Artificial Intelligence 2024 untuk Santri
Pelatihan Content Creator dan Mahir Artificial Intelligence 2024 untuk Santri

Jadwal Kegiatan

Pendaftaran pelatihan Content Creator dan Mahir Artificial Intelligence 2024 dilaksanakan selama 4 (empat hari, pada tanggal 16 hingga 19 Oktober 2024. Sedangkan pelatihan akan digelar pada tanggal 20 dan 21 Oktober 2024.


SHORT COURSE : Santri Menjadi Content Creator

Informasi Umum

Dunia yang mengglobal dan digital adalah keniscayaan. Semua indiviu harus menyiapkan diri untuk bisa beradaptasi dengan teknologi digital, karena kehadiran teknologi tidak bisa ditolak. Siapa menguasai teknologi dia yang akan menguasai dunia.

Di sisi lain, teknologi adalahalat perjuangan untuk menyampaikan konten-konten kebaikan. Penguasaan terhadap konten-konten kebaikan yang ditopang dengan penguasaan teknologi akan menghasilkan dampak kebaikan.

Materi ini menjadi panduan untuk membangun akun media sosial dan memulai personal branding, di mana  sering kali santri/kreator kebingungan untuk memilih topik atau isu. Dan sering juga dijumpai santri/kreator ketika ngonten/posting, berbeda dengan persona/citra yang dibangun melalui akun media sosialnya. Makanya perlu pondasi, tahapan, dan alur teknis pengerjaannya.

Persyaratan

Santri, pesantren, dan mahasiswa

Jadwal Pelatihan 

20 Oktober 2024 s.d 21 Oktober 2024

Alokasi Waktu Pelatihan

10 JP



SHORT COURSE : Santri Mahir Artificial Intelligence

Informasi Umum

Dunia yang mengglobal dan digital adalah keniscayaan. Semua indiviu harus menyiapkan diri untuk bisa beradaptasi dengan teknologi digital, karena kehadiran teknologi tidak bisa ditolak. Siapa menguasai teknologi dia yang akan menguasai dunia.

Di sisi lain, teknologi adalah alat perjuangan untuk menyampaikan konten-konten kebaikan. Penguasaan terhadap konten-konten kebaikan yang ditopang dengan penguasaan teknologi akan menghasilkan dampak kebaikan.


Latar Belakang Pelatihan 

Di era digital yang terus berkembang, teknologi Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian penting dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam, perlu siap menghadapi tantangan ini agar tetap relevan dan maju.

Melalui pelatihan “Santri Mahir Artificial Intelligence (AI)”, kami bertujuan untuk membekali para santri dengan pemahaman dan keterampilan dalam AI, sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mendukung kegiatan belajar dan pengelolaan pesantren.

Dalam pelatihan ini, santri akan belajar mengenai peran AI dalam pesantren dan bagaimana chatbot berbasis AI dapat membantu menyampaikan informasi Islami dengan efisien. Selain itu, pengenalan aplikasi untuk digitalisasi teks Arab akan memudahkan akses literatur Islami dan mendukung studi bahasa Arab.

Melalui pelatihan ini, diharapkan santri dapat menjadi pionir dalam memanfaatkan teknologi AI di lingkungan pesantren dan membantu menciptakan pesantren yang modern dan inovatif, sejalan dengan nilai-nilai Islami.


Tujuan Pelatihan 

1. AI dan Masa Depan Pesantren

Tujuan: Memberikan pemahaman tentang peran dan manfaat AI di pesantren, serta pentingnya kesiapan pesantren dalam menghadapi era digital.

2. Pembuatan Chatbot AI untuk Santri

Tujuan: Memahami prinsip dasar chatflow dan mempraktikkan pembuatan chatbot berbasis AI untuk menjawab pertanyaan umum dan memberikan informasi Islami.

3. Penggunaan Aplikasi untuk Pengenalan Tulisan Arab

Tujuan: Mengembangkan keterampilan dalam menggunakan teknologi untuk digitalisasi teks Arab dan memperluas akses ke literatur Islami.

Persyaratan

Pendidik dan santri di pondok pesantren

Jadwal Pelatihan 

20 Oktober 2024 s.d 21 Oktober 2024

Link Pendaftaran

Berikut adalah link pendaftaran pelatihan Content Creator dan Mahir Artificial Intelligence 2024

,Santri Menjadi Content Creator

Santri Mahir Artificial Intelligence

Demikian informasi mengenai Pelatihan Content Creator dan Mahir Artificial Intelligence 2024 oleh Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan.***

Sumber 


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "Pelatihan Content Creator dan Mahir Artificial Intelligence 2024 untuk Santri, Berikut Jadwal dan Link Pendaftarannya"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan