INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Panduan Aktivitas MPLS Ramah TA 2025/2026

Panduan Aktivitas MPLS Ramah TA 2025/2026


Berikut ini adalah Panduan Aktivitas MPLS Ramah TA 2025/2026. Panduan Aktivitas MPLS Ramah Tahun Ajaran 2025/2026 disampaikan melalui Surat Edaran Mendikdasmen Nomor 10 Tahun 2025 tentang Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan Ramah pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Tahun Ajaran 2025/2026.

Panduan Aktivitas MPLS Ramah Tahun Ajaran 2025/2026 diterbitkan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan pada Tahun Ajaran 2025/2026.

 

Adapun isi Panduan Aktivitas MPLS Ramah Tahun Ajaran 2025/2026 adalah sebagai berikut.

Pengertian

Disampaikan di dalam Panduan Aktivitas MPLS Ramah TA 2025/2026 bahwa Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan (MPLS) Ramah adalah kegiatan pertama bagi murid baru yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengenalkan warga, kurikulum, dan lingkungan.

Kegiatan ini dirancang dengan memuliakan dan menghormati hak anak melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan untuk memperkuat karakter dan profil lulusan.


Pengertian MPLS Ramah di atas menegaskan beberapa poin penting sebagai berikut.

1. Kegiatan Pertama bagi Murid Baru

MPLS Ramah adalah kegiatan pertama di awal tahun ajaran baru bagi murid baru di lingkungan belajar yang baru.

2. Menumbuhkan dan Memperkuat Karakter serta Profil Lulusan

Upaya penumbuhan dan penguatan karakter serta profil lulusan sudah dilakukan pihak satuan pendidikan sejak MPLS Ramah dilaksanakan. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, dan pengenalan profil lulusan, serta aktivitas lainnya terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial.

3. Pengenalan Warga Satuan Pendidikan

MPLS Ramah merupakan upaya awal untuk mengenalkan dan mendekatkan murid baru kepada seluruh komponen warga satuan pendidikan, mulai dari kepala satuan pendidikan, guru, tenaga
kependidikan, murid, karyawan/petugas, dan lainnya untuk mewujudkan kemitraan pembelajaran yang lebih baik.

4. Pengenalan Kurikulum

Pada saat MPLS Ramah, satuan pendidikan memberikan pengenalan kurikulum yang terdiri dari pengenalan visi, misi, tujuan, kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya satuan pendidikan kepada murid baru.

5. Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan

Satuan pendidikan memberikan informasi tentang denah satuan pendidikan, sarana dan prasarana yang tersedia, seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, kantin, fasilitas olahraga, tempat bermain, jalur evakuasi, titik kumpul aman, dan fasilitas lainnya yang dapat digunakan oleh murid baru.

6. Pengenalan Lingkungan sekitar Satuan Pendidikan

Pada saat MPLS Ramah, satuan pendidikan memberikan informasi tentang kondisi lingkungan di sekitar satuan pendidikan beserta fasilitas umum yang tersedia, seperti: puskesmas, tempat ibadah, kantor kelurahan, dan fasilitas umum lainnya.

7. Memuliakan dan menghormati hak anak

Semua rangkaian kegiatan MPLS Ramah dirancang dengan memuliakan dan menghormati anak antara lain: hak untuk hidup dan tumbuh kembang anak, hak atas pendidikan, hak atas perlindungan, hak untuk menyampaikan pendapat, dan hak atas lingkungan yang aman dan ramah anak.

8. Lingkungan belajar aman, nyaman, dan menggembirakan

Satuan pendidikan harus memastikan bahwa lingkungan belajar bagi murid baru adalah lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menggembirakan.

9. Pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan

Semua Kegiatan MPLS Ramah yang dirancang melalui berbagai kegiatan mulai dari hari pertama sampai akhir akan memberikan pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.

 

Maksud dan Tujuan

Dinyatakan di dalam Panduan Aktivitas MPLS Ramah TA 2025/2026 bahwa maksud dan tujuan MPLS Ramah adalah sebagai berikut.

1. MPLS Ramah menumbuhkan dan menguatkan karakter serta profil lulusan murid baru melalui Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, pengenalan profil lulusan dan kegiatan lainnya terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial.

2. MPLS Ramah membantu murid baru untuk mengenal, beradaptasi, dan berinteraksi positif dengan warga satuan pendidikan.

3. MPLS Ramah membantu murid baru untuk mengenal dan beradaptasi terhadap sarana prasarana yang tersedia di lingkungan satuan pendidikan.

4. MPLS Ramah membantu murid baru untuk mengenal dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitar satuan pendidikan.

5. MPLS Ramah membantu murid baru untuk mengenal kurikulum (visi, misi, tujuan, intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya) satuan pendidikan.

6. MPLS Ramah mengenalkan karakteristik dan kebutuhan perkembangan setiap murid baru sebagai bahan pertimbangan guru untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mendalam yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.

Manfaat

Disampaikan di dalam Panduan Aktivitas MPLS Ramah TA 2025/2026 bahwa manfaat MPLS Ramah adalah sebagai berikut.

1. Karakter dan Profil Lulusan Murid baru dapat tumbuh dan kuat melalui Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, pengenalan profil lulusan dan aktivitas lainnya terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial.

2. Murid baru dapat mengenal, beradaptasi, dan berinteraksi positif dengan warga satuan pendidikan.

3. Murid baru dapat mengenal dan beradaptasi terhadap sarana prasarana yang tersedia dan dapat digunakan di lingkungan satuan pendidikan.

4. Murid baru dapat mengenal dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitar satuan pendidikan.

5. Murid baru mengenal kurikulum (visi, misi, tujuan, intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya) satuan pendidikan.

6. Guru dapat mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan perkembangan murid baru untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mendalam yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.

 

Prinsip

Prinsip yang berfungsi sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan MPLS Ramah agar berjalan secara efektif, mendidik, dan menggembirakan bagi seluruh murid baru sesuai Panduan Aktivitas MPLS Ramah Tahun Ajaran 2025/2026 adalah sebagai berikut.

1. Ramah

Kegiatan MPLS Ramah dirancang dan dilaksanakan dengan memuliakan, menghormati hak anak, dan menjunjung tinggi nilai karakter untuk mewujudkan lingkungan belajar aman, nyaman, dan menggembirakan melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.

2. Edukatif

Setiap kegiatan MPLS Ramah harus mengandung nilai-nilai pendidikan. Artinya, seluruh materi dan metode yang digunakan dalam MPLS Ramah harus berorientasi pada pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan karakter murid.

3. Efektif dan Efisien

Efektif berarti kegiatan harus sesuai dengan maksud dan tujuan MPLS Ramah untuk membantu murid mengenal dan beradaptasi di satuan pendidikan baru. Efisien berarti pelaksanaan kegiatan MPLS Ramah menggunakan sumber daya yang optimal dan tidak berlebihan.

4. Inklusif

Kegiatan MPLS Ramah harus bisa diakses oleh seluruh murid baru tanpa terkecuali dan satuan pendidikan harus memastikan bahwa semua murid baru dapat mengikuti MPLS Ramah tanpa hambatan finansial atau logistik.

5. Partisipatif

Penyelenggaraan MPLS Ramah harus melibatkan seluruh warga satuan pendidikan dan komite satuan pendidikan. Keterlibatan semua pihak akan memastikan bahwa MPLS Ramah menjadi tanggung jawab bersama dan dilaksanakan secara kolaboratif.

6. Fleksibilitas

Satuan pendidikan dapat menyesuaikan pelaksanaan MPLS Ramah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dengan mengacu pada panduan yang telah ditetapkan.

 

Waktu Pelaksanaan

Sesuai Panduan Aktivitas MPLS Ramah TA 2025/2026 dijelaskan bahwa kegiatan MPLS Ramah bagi murid baru dilaksanakan dalam jangka waktu selama 5 (lima) hari pada jam kerja satuan pendidikan formal, sesuai dengan kalender akademik dan jadwal pembelajaran yang berlaku.

Periode pelaksanaan MPLS Ramah dilaksanakan pada minggu pertama awal tahun ajaran. Namun, ketentuan waktu ini tidak berlaku bagi satuan pendidikan berasrama. Pengecualian ini diberikan dengan mempertimbangkan bahwa satuan pendidikan berasrama atau boarding school memiliki kebutuhan adaptasi yang lebih kompleks bagi murid baru.

Selain pengenalan lingkungan belajar, murid juga perlu beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal, peraturan asrama, jadwal harian yang lebih ketat, serta interaksi sosial dalam komunitas berasrama yang berlangsung 24 jam.

Oleh karena itu, bagi satuan pendidikan berasrama, jangka waktu MPLS Ramah dapat lebih dari 5 hari, disesuaikan dengan kebutuhan adaptasi yang lebih mendalam, tetapi tetap harus berpedoman pada prinsip pelaksanaan MPLS Ramah.

 

Kegiatan MPLS Ramah

1. Kegiatan Wajib

Di dalam Panduan Aktivitas MPLS Ramah Tahun Ajaran 2025/2026 disampaikan bahwa kegiatan yang harus dilaksanakan pada saat MPLS Ramah dengan mengacu pada silabus adalah sebagai berikut.

a. kegiatan untuk menumbuhkan dan menguatkan karakter serta profil lulusan murid baru melalui Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, pengenalan profil lulusan, dan aktivitas lainnya terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial;

b. kegiatan pengenalan dan interaksi positif dengan warga satuan pendidikan;

c. kegiatan pengenalan sarana dan prasarana satuan pendidikan;

d. kegiatan pengenalan fasilitas umum yang tersedia di lingkungan terdekat satuan pendidikan;

e. kegiatan pengenalan visi, misi, dan tujuan sebagai ciri khas satuan pendidikan;

f. kegiatan pengenalan intrakurikuler dan kokurikuler yang dilaksanakan di satuan pendidikan;

g. kegiatan pengenalan kegiatan kesiswaan;

h. kegiatan pengenalan budaya satuan pendidikan; dan

i. kegiatan asesmen MPLS Ramah untuk literasi membaca dan numerasi.

2. Kegiatan Pilihan

Sedangkan kegiatan yang dapat dipilih sesuai dengan ciri khas dan kebutuhan satuan pendidikan berdasarkan Panduan Aktivitas MPLS Ramah Tahun Ajaran 2025/2026, antara lain:

a. kegiatan pengenalan program kesehatan sekolah termasuk keselamatan dan kesehatan kerja (K3);

b. kegiatan pengenalan empat pilar kebangsaan;

c. kegiatan pencegahan isu pornografi;

d. kegiatan pencegahan perkawinan anak;

e. kegiatan pencegahan isu sosial lainnya; dan

f. kegiatan pendidikan perubahan iklim.

SELENGKAPNYA BACA  : Surat Edaran Mendikdasmen tentang Pelaksanaan MPLS Ramah TA 2025/2026



Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

 

telegram

0 Response to "Panduan Aktivitas MPLS Ramah TA 2025/2026"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan