INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Aplikasi Alpeka BOS 11 Komponen Tahun 2017

Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.

ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah) adalah aplikasi  berbasis excel untuk membantu sekolah dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan tingkat sekolah.  Aplikasi ini  dikembangkan atas bantuan program PRIORITAS-USAID. Aplikasi ini bermanfaat untuk memudahkan sekolah dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam Petunjuk Pelaksanaan program BOS. Salah satu hasil akhir dari aplikasi ini adalah format BOS K-7 yang selanjutnya digunakan untuk diisikan di Laporan Penggunaan Dana BOS secara online. Aplikasi ini disertai dengan pedoman penggunaannya sehingga setiap sekolah dapat belajar mandiri. Aplikasi ini tidak diperjual-belikan. Sekolah dapat mengunduh/download secara gratis

Dalam pengelolaan BOS, sekolah harus menyusun pembukuan secara lengkap sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan dan ketentuan peraturan perundang-undangan tentang penatausahaan dan pertanggungjawaban lembaga pengelola keuangan. Salah satu yang harus di kerjakan di awal tahun anggaran adalah penyusunan RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah).

RKAS ditandatangani oleh kepala sekolah, Komite Sekolah, dan ketua yayasan (khusus untuk sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat), dan dibuat 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun pada awal Tahun Pelajaran, tetapi perlu dilakukan revisi pada semester kedua. Oleh karena itu sekolah dapat membuat RKAS tahunan yang dirinci tiap semester. RKAS harus dilengkapi dengan rencana penggunaan dana secara rinci, yang dibuat tahunan dan triwulan untuk setiap sumber dana yang diterima sekolah.

Dalam pembuatan RKAS, kita bisa menggunakan Aplikasi ALPEKA yang selalu diperbarui sesuai dengan Juknis BOS yang berlaku. Begitu pula dengan terbitnya Permendikbud No 008 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah, ALPEKA juga memperbarui aplikasinya.

ALPEKA BOS adalah aplikasi praktis yang diperuntukkan bagi Bendahara BOS untuk memudahkan dalam melakukan pembukan dana Bantuan Operasional Sekolah. Senantiasa di update sesuai dengan juknis yang berlaku.

Sesuai Juknis BOS 2017, ALPEKA sudah memuat sebelas komponen Pembiayaan BOS pada SD/SDLB dan SMP/SMPLB sesuai Juknis BOS tahun 2017 adalah sebagai berikut :
1. Pengembangan Perpustakaan
2. Penerimaan Peserta Didik Baru
3. Kegiatan Pembelajaran dan Ekstrakurikuler
4. Kegiatan Evaluasi Pembelajaran
5. Pengelolaan Sekolah
6. Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan, serta Pengembangan Manajemen Sekolah
7. Langganan Daya dan Jasa
8. Pemeliharaan dan Perawatan Sarana dan Prasarana Sekolah
9. Pembayaran Honor
10. Pembelian/Perawatan Alat Multi Media Pembelajaran
11. Biaya Lainnya

dikelompokan menjadi 11 Komponen yang sebelumnya adalah 13 Komponen. Ada yang dihapus yaitu tentang bantuan siswa miskin tidak dianggaran dari BOS, mungkin karena sudah ada PIP atau Program Indonesia Pintar. Dan beberapa komponen menurut saya hanya di gabungkan saja klasifikasinya. Untuk selengkapnya tentang 11 Komponen BOS 2017 dapat dilihat d

Download

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam
 Website Nasty


telegram

0 Response to "Aplikasi Alpeka BOS 11 Komponen Tahun 2017"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan