INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Semester 1

     Sekolah                        :  SD Kristen Petra Jombang

Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas / Semester         :  I (satu) / 1

Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                       2.      Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                       3.      Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                       4.      Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                       5.      Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa

                                          2.1.   Memperkenalkan diri.

                                          3.1.   Membaca nyaring.

                                          4.1.   Menjiplak dan menebalkan.

                                          4.2.   Menyalin.

                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.

      Indikator                        :  1.   Dapat mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengar.

                                                2.   Dapat menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengarkan.

                                                3.   Dapat menyebutkan data diri: nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal dengan kalimat sederhana.

                                                4.   Dapat memperkenalkan nama orang tua dan saudara kandung.

                                                5.   Dapat mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana

                                                6.   Dapat membaca nyaring kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat

                                                7.   Dapat menjiplak dan menebalkan huruf atau kata

                                                8.   Dapat menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas.

                                                9.   Dapat menyanyikan tembang dolanan

Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)

 

 

1.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat membedakan bunyi bahasa.

      b.   Siswa dapat memperkenalkan diri

      c.   Siswa dapat membaca nyaring bacaan sederhana.

      d.   Siswa dapat menjiplak atau menebalkan dan menyalin huruf, kata, atau kalimat.

      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.

 

2.   Materi Pembelajaran

      a.   Pertemuan pertama

Gambar tunggal atau gambar seri tentang diri sendiri.

 

      b.   Pertemuan kedua

Pengalaman anak dan kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.

 

      c.   Pertemuan ketiga

Huruf, kata, suku kata, dan kalimat tentang diri sendiri.

 

      d.   Pertemuan keempat

Huruf, kata, atau kalimat.

 

      e.   Pertemuan kedua

Tembang dolanan.

 

 

3.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

 

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan gambar yang diperlihatkan guru di papan tulis atau gambar yang ada di buku.

Ø  Siswa mencocokkan gambar berdasarkan informasi yang didengarnya.

Ø  Siswa menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengar.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku.

Ø  Siswa menyebutkan namanya dan memperkenalkan data diri, nama orang tua, dan saudara kandung.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan huruf-huruf /a/, /i/, /m/, /n/, dan /r/ yang diperkenalkan guru.

Ø  Siswa membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana atas bimbingan guru.

Ø  Siswa membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan suara keras.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Atas bimbingan guru siswa menjiplak dan menebalkan huruf atau kata yang ada dalam buku dengan menggunakan kertas tipis.

Ø  Siswa menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.

Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.

Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

5.   Sumber Belajar

      a.  Rekaman/model orang yang sedang mendongeng.

      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.

      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 1, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-20)

      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.

 

 

6.   Penilaian

      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Penilaian diri, dan Portofolio.

      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes identifikasi, Tes simulasi, Uji kerja proses dan hasil, dan Doku-

                                                    men pekerjaan siswa.

      c.   Soal / Instrumen       :

     

Soal untuk Pertemuan Pertama

      1.   Jodhokna gambar ing ngisor iki karo katerangane!

(Materi lihat di buku)

2.   Golongna gambar ing ngisor iki:

            a. Endi sing kalebu kewan?

            b. Endi sing kalebu woh-wohan?

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Coba sebutna sapa jenengmu, kelas pira, sekolah ing ngendi, lan ing ngendi omahmu!

2.   Kenalna jenenge wong tuwamu lan dulurmu!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Ketiga

1.   Aksara-aksara ing ngisor iki ucapna kanthi cetha:

              a    i    m    r    n    r

2.   Tembung lan ukara ing ngisor iki wacanen sing banter!

(           Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Keempat

1.   Tulisan ing ngisor iki blaten lan kandelana!

(Materi lihat di buku)

2.   Tulisan ing ingisor iki salinen ing bukumu!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kelima

Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!

(Materi lihat di buku)


RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Semester 1"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan