INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Semester 2

      

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP UNIT 6)

 

 

Sekolah                        :  SD Kristen Petra Jombang

Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas / Semester         :  I (satu) / 2

Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                       2.      Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                       3.      Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                       4.      Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                       5.      Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan percakapan sederhana.

                                          2.1.   Melakukan percakapan sederhana.

                                          3.1.   Membaca penggalan cerita.

                                          4.1.   Menulis rapi

                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.

      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.

                                                2.   Dapat melakukan percakapan sederhana secara berpasangan dengan bimbingan guru.

                                                3.   Dapat melakukan tanya jawab tentang isi percakapan.

                                                4.   Dapat membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.

                                                5.   Dapat menjawab pertanyaan bacaan.

                                                6.   Dapat menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

                                                7.   Dapat menyanyikan tembang dolanan.

Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)

 

 

 

1.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat menjelaskan isi percakapan.

      b.   Siswa dapat melakukan percakapan sederhana dengan temannya.

      c.   Siswa dapat membaca penggalan cerita dan memahai isinya.

      d.   Siswa dapat menulis huruf tegak bersambung dengan rapi.

      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.

 

2.   Materi Pembelajaran

      a.   Pertemuan pertama

Teks percakapan tentang“Pendidikan”.

 

      b.   Pertemuan kedua

Percakapan sederhana mengguna kan bahasa yang santun.

      c.   Pertemuan ketiga

Paragraf pendek berisi beberapa kalimat sederhana ( lima sampai delapan kalimat).

 

      d.   Pertemuan keempat

Kalimat dengan huruf  tegak bersambung.

 

      e.   Pertemuan kedua

Tembang dolanan.

 

 

3.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

 

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan teks wacana yang dibacakan guru.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan teks wacana yang ada dalam buku.

Ø  Siswa melakukan percakapan sederhana secara berpasangan dengan bimbingan guru.

Ø  Siswa melakukan tanya jawab tentang isi percakapan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

 

 

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggalan cerita yang ada dalam buku.

Ø  Siswa membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.

Ø  Siswa mencatat hal-halpenting dalam cerita.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan bacaan..

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan contoh-contoh huruf tegak bersambung yang diberikan oleh guru.

Ø  Siswa menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.

Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.

Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

 

5.   Sumber Belajar

      a.  Chart berisi dialog singkat.

      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.

      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 1, Penerbit Yudhistira (Wulangan 6: hal. 87-98)

      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.

6.   Penilaian

      a.   Teknik                                    :  Tes tulis, Tes unjuk kerja, Tes lisan, dan Penugasan.

      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes uraian, Tes identifikasi dan simulasi, Daftar pertanyaan, Tugas

                                                    proyek dan tugas rumah.

      c.   Soal / Instrumen       :

     

Soal untuk Pertemuan Pertama

Rungokna teks pacelathon sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Nggawea pacelathon banjur   praktekna karo kancamu.

2.   Nggawea pitakonan ngenani isine pacelathon sing ditindakake kancamu!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Ketiga

1.   Pethilan crita ing ngisor iki wacanen sing bener!

2.   Wangsulana pitakon ngenani isine wacan!

 (          Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Keempat

Ukara ing ngisor iki tulisen nganggo aksara Latin!

            (Materi lihat di buku)

RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Semester 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan