RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 6)
Sekolah : SD Kristen Petra Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester : I (satu) / 2
Standar
Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi
Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar : 1.1. Mendengarkan percakapan
sederhana.
2.1. Melakukan percakapan sederhana.
3.1. Membaca penggalan cerita.
4.1. Menulis rapi
5.1. Mengapresiasi tembang dolanan.
Indikator : 1. Dapat
menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
2. Dapat melakukan percakapan sederhana secara
berpasangan dengan bimbingan guru.
3. Dapat
melakukan tanya jawab tentang isi percakapan.
4. Dapat membaca penggalan cerita dengan lafal
dan intonasi yang benar.
5. Dapat menjawab pertanyaan bacaan.
6. Dapat menulis kalimat dengan huruf tegak
bersambung yang rapi.
7. Dapat menyanyikan tembang dolanan.
Alokasi Waktu : 10 X 40
menit ( 5 pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan isi percakapan.
b. Siswa dapat melakukan percakapan sederhana dengan
temannya.
c. Siswa dapat membaca penggalan cerita dan
memahai isinya.
d. Siswa dapat menulis huruf tegak bersambung
dengan rapi.
e. Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.
2. Materi Pembelajaran
a. Pertemuan pertama
Teks percakapan tentang“Pendidikan”.
b. Pertemuan kedua
Percakapan sederhana mengguna
c. Pertemuan ketiga
Paragraf pendek
berisi beberapa kalimat
sederhana ( lima sampai delapan kalimat).
d. Pertemuan keempat
Kalimat dengan
huruf tegak bersambung.
e. Pertemuan kedua
Tembang dolanan.
3. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Penugasan
c. Inkuiri
d. Responsi
e. Karya mandiri
f. Tanya jawab
g. Refleksi
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø
Siswa memperhatikan teks wacana yang dibacakan guru.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa
memperhatikan teks wacana yang ada dalam buku.
Ø Siswa
melakukan percakapan sederhana secara berpasangan dengan bimbingan guru.
Ø Siswa melakukan tanya jawab tentang isi
percakapan.
c. Kegiatan
Akhir
Ø
Siswa
dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah
dilakukan.
Ø
Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang penggalan cerita yang ada dalam buku.
Ø Siswa
membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
Ø Siswa
mencatat hal-halpenting dalam cerita.
Ø Siswa menjawab pertanyaan bacaan..
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa
memperhatikan contoh-contoh huruf tegak bersambung yang diberikan oleh guru.
Ø Siswa
menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kelima
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø
Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang
dolanan.
Ø
Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
Ø Siswa
menyanyikan tembang dolanan.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5. Sumber Belajar
a. Chart
berisi dialog singkat.
b. Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD
Player.
c. Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 1, Penerbit
Yudhistira (Wulangan 6: hal. 87-98)
d. Buku Penunjang:
“Tuntunan Tembang Dolanan”.
6. Penilaian
a. Teknik : Tes tulis, Tes unjuk kerja, Tes lisan, dan
Penugasan.
b. Bentuk Instrumen : Tes uraian, Tes identifikasi dan simulasi,
Daftar pertanyaan, Tugas
proyek dan tugas rumah.
c. Soal / Instrumen :
Soal untuk Pertemuan Pertama
Rungokna teks
pacelathon sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
(Materi lihat di
buku)
Soal untuk Pertemuan Kedua
1. Nggawea pacelathon banjur praktekna karo kancamu.
2. Nggawea pitakonan ngenani isine pacelathon
sing ditindakake kancamu!
(Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Ketiga
1. Pethilan crita ing ngisor iki wacanen sing
bener!
2. Wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
( Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Keempat
Ukara ing ngisor iki tulisen nganggo
aksara Latin!
(Materi lihat di
buku)
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Semester 2"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan