INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 2 Semester 1

       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP UNIT 1)

 

 

Sekolah                        :  SD / MI

Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas / Semester         :  II (dua) / 1

Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                          2.   Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                          3.   Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                          4.   Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                          5.   Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan dan memahami isi bacaan.

                                          2.1.   Menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal dengan menggunakan kalimat dan pilihan kata.

                                          3.1.   Membaca teks pendek dengan memperhatikan pelafalan dan intonasi yang tepat sehingga mudah dipahami orang lain.

                                          4.1.   Menulis karangan pendek..

                                          5.1.   Menyanyikan tembang dolanan.

      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyan bacaan yang didengarkan.

                                                2.   Dapat menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal dengan pilihan kata yang tepat.

                                                3.   Dapat membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.

                                                4.   Dapat menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.

                                                5.   Dapat melafalkan konsonan : d, dh, t, th.

                                                6.   Dapat menulis menggunakan huruf tegak bersambung dengan rapi.

                                                7.   Dapat menyanyikan tembang dolanan.

Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)

 

 

 

1.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat menjelaskan isi bacaan yang didengar.

      b.   Siswa dapat menggunakan kalimat tanya dengan benar.

      c.   Siswa dapat membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang benar.

      d.   Siswa dapat menulis karangan pendek dengan huruf tegak bersambung.

      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.

 

2.   Materi Pembelajaran

      a.   Pertemuan pertama

Teks bacaan tentang “Keluarga”.

 

      b.   Pertemuan kedua

Kata tanya.

Kalimat tanya.

 

      c.   Pertemuan ketiga

Teks pendek

(sepuluh sampai lima belas ka-limat)

Konsonan : d, dh, t, th.

 

      d.   Pertemuan keempat

Kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung antara enam sampai delapan kalimat

 

      e.   Pertemuan kedua

Teks tembang dolanan.

 

 

3.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

 

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa mendengarkan guru dalam mebacakan bacaan tentang ”keluarga”.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan isi bacaan.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan bacaan yang ada di dalam buku.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kata tanya dan penggunaannya.

Ø  Siswa menggunakan kalimat tanya dalam berbagai keperluan.

Ø Siswa menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal dengan pilihan kata yang tepat.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan guru cara pelafalan yang benar teks bacaan yang ada di buku.

Ø  Siswa membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Ø  Siswa menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.

Ø Siswa melafalkan konsonan : d, dh, t, th dan membaca kata-kata yang mengandung konsonan tersebut.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara menulis huruf tegak bersambung.

Ø  Siswa membuat karangan pendek dengan menggunakan kalimat sederhana.

Ø Siswa menulis menggunakan huruf tegak bersambung dengan rapi.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.

Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.

Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

5.   Sumber Belajar

      a.  Chart berisi tembang dolanan.

      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.

      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 2, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-15)

      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.

 

 

6.   Penilaian

      a.   Teknik                                    :  Tes tulis, Tes unjuk kerja, dan Penugasan.

      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes uraian, Uji petik kerja proses dan hasil, dan Tes simulasi.

      c.   Soal / Instrumen       :

     

Soal untuk Pertemuan Pertama

Rungokna wacan sing diwaca gurumu utawa kancamu, banjur wangsulana pitakon bab isine wacan!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Tembung pitakon ing ngisor iki trapna ing ukara!

2.   Nggawea ukara pitakon sing bener!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Ketiga

1.   Wacan ing ngisor iki wacanen kanthi lagu lan pocapan sing bener!

2.   Wangsulana pitakon bab isine wacan!

3.   Tembung sing dicap kandel iki ucapna kanthi bener!

 (          Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Keempat

Nggawea karangan cendhak wae ngenani keluwargamu, tulisen nganggo aksara Latin!

            (Materi lihat di buku)

 


RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 2 Semester 1"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan