RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 2 Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 5)
Sekolah : SD / MI
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas / Semester : II (dua) / 2
Standar
Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar : 1.1. Mendengar- kan pemba-caan teks dan memahami
isinya.
2.1. Menceritakan isi bacaan.
2.2. Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun
3.1. Membaca lancar.
4.1. Menulis kalimat sederhana.
5.1. Mengapresiasi tembang dolanan.
Indikator : 1. Dapat menjawab pertanyaan
sesuai isi bacan yang didengarkan.
2. Dapat menceritakan isi bacaan dengan
kata-kata sendiri.
3. Dapat
mengubah kalimat basa ngoko menjadi krama atau sebaliknya.
4. Dapat membaca lancar teks bacaan.
5. Dapat menjawab pertanyaan bacaan / mengajukan
pertanyaan tentang isi bacaan.
6. Dapat menulis
kalimat sederhana dengan
huruf tegak bersambung.
7. Dapat menyanyikan
tembang dolanan.
Alokasi Waktu : 10 X 40
menit ( 5 pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat memahi isi bacaan yang didengarkan.
b. Siswa dapat berbicara menceritakan isi bacaan dengan bahasa yang
santun.
c. Siswa dapat membaca bacaan dengan lancar.
d. Siswa dapat menulis kalimat dengan huruf
tegak bersambung.
e. Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.
2. Materi Pembelajaran
a. Pertemuan pertama
Teks bacaan
tentang “ Kesehatan ”.
b. Pertemuan kedua
-
Teks bacaan
-
Basa ngoko dan karma.
c. Pertemuan ketiga
Teks bacaan.
d. Pertemuan keempat
Kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung.
e. Pertemuan kedua
Teks tembang
dolanan.
3. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Penugasan
c. Inkuiri
d. Responsi
e. Karya mandiri
f. Tanya jawab
g. Refleksi
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa mendengarkan pembacaan teks bacaan tentang
kesehatan.
Ø Siswa mencatat hal-hal penting tentang isi bacaan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan
sesuai isi bacan yang didengarkan.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa mendengarkan/ memperhatikan teks bacaan tentang
kesehatan.
Ø Siswa menceritakan isi bacaan
dengan kata-kata sendiri.
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan
basa ngoko dan krama.
Ø iswa melakukan dialog dengan temannya menggunakan basa
ngoko dan krama.
Ø Siswa mengubah kalimat basa ngoko menjadi krama atau sebaliknya
c. Kegiatan
Akhir
Ø
Siswa
dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah
dilakukan.
Ø
Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara
membaca lancar.
Ø Siswa membaca lancar
teks bacaan.
Ø
Siswa menjawab pertanyaan bacaan / mengajukan pertanyaan
tentang isi bacaan.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menulis
huruf tegak bersambung.
Ø Siswa menyalin contoh yang diberikan guru tentang huruf
tegak bersambung.
Ø Siswa menulis kalimat
sederhana dengan huruf
tegak bersambung.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kelima
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø
Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang
dolanan.
Ø
Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
Ø Siswa
menyanyikan tembang dolanan.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5. Sumber Belajar
a. Chart
berisi teks tembang dolanan.
b. Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD
Player.
c. Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 2, Penerbit
Yudhistira (Wulangan 5: hal. 71-85)
d. Buku Penunjang:
“Tuntunan Tembang Dolanan”.
6. Penilaian
a. Teknik : Tes lisan, Tes tulis, Tes unjuk kerja, dan
Penugasan.
b. Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan, Tes uraian, Uji petik
hasil, Tes simulasi, dan
Tugas proyek dan tugas rumah.
c. Soal / Instrumen :
Soal untuk Pertemuan Pertama
Rungokna wacan
sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
(Materi lihat di
buku)
Soal untuk Pertemuan Kedua
1. Critakna isine wacan nggunakake basamu
dhewe!
2. Ukara iki kramakna!
3. Ukara iki ngokokna!
(Materi lihat di
buku)
Soal untuk Pertemuan Ketiga
1. Wacan iki wacanen, banjur wangsulana pitakon
ngenani isine wacan!
2.
Nggawea pitakon bab isine wacan!
( Materi
lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Keempat
Ukara iki tulisen nganggo aksara
Latin!
(Materi lihat di buku)
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 2 Semester 2"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan