INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 2 Semester 2

       

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP UNIT 5)

 

 

Sekolah                        :  SD / MI

Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas / Semester         :  II (dua) / 2

Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                          2.   Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                          3.   Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                          4.   Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                          5.   Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengar- kan pemba-caan teks dan memahami isinya.

                                          2.1.   Menceritakan isi bacaan.

                                          2.2.   Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun

                                          3.1.   Membaca lancar.

                                          4.1.   Menulis kalimat sederhana.

                                          5.1.   Mengapresiasi tembang dolanan.

      Indikator                        :  1.   Dapat menjawab pertanyaan sesuai isi bacan yang didengarkan.

                                                2.   Dapat menceritakan isi bacaan dengan kata-kata sendiri.

                                                3.   Dapat mengubah kalimat basa ngoko menjadi krama atau sebaliknya.

                                                4.   Dapat membaca lancar teks bacaan.

                                                5.   Dapat menjawab pertanyaan bacaan / mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan.

                                                6.   Dapat menulis  kalimat  sederhana  dengan  huruf  tegak bersambung.

                                                7.   Dapat menyanyikan tembang dolanan.

Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)

 

 

 

1.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat memahi isi bacaan yang didengarkan.

      b.   Siswa dapat berbicara menceritakan isi bacaan dengan bahasa yang santun.

      c.   Siswa dapat membaca bacaan dengan lancar.

      d.   Siswa dapat menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung.

      e.   Siswa dapat menyanyikan tembang dolanan.

 

 

2.   Materi Pembelajaran

      a.   Pertemuan pertama

Teks bacaan tentang “ Kesehatan ”.

 

      b.   Pertemuan kedua

-  Teks bacaan

-  Basa ngoko dan karma.

 

      c.   Pertemuan ketiga

Teks bacaan.

 

      d.   Pertemuan keempat

Kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung.

 

      e.   Pertemuan kedua

Teks tembang dolanan.

 

 

3.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

 

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa mendengarkan pembacaan teks bacaan tentang kesehatan.

Ø  Siswa mencatat hal-hal penting tentang isi bacaan.

Ø Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi bacan yang didengarkan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa mendengarkan/ memperhatikan teks bacaan tentang kesehatan.

Ø  Siswa menceritakan isi bacaan dengan kata-kata sendiri.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.

Ø  iswa melakukan dialog dengan temannya menggunakan basa ngoko dan krama.

Ø Siswa mengubah kalimat basa ngoko menjadi krama atau sebaliknya

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara membaca lancar.

Ø  Siswa membaca lancar teks bacaan.

Ø Siswa menjawab pertanyaan bacaan / mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menulis huruf tegak bersambung.

Ø  Siswa menyalin contoh yang diberikan guru tentang huruf tegak bersambung.

Ø Siswa menulis  kalimat  sederhana  dengan  huruf  tegak bersambung.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.

Ø  Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.

Ø  Siswa menyanyikan tembang dolanan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

 

 

 

 

 

5.   Sumber Belajar

      a.  Chart berisi teks tembang dolanan.

      b.  Kaset pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.

      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 2, Penerbit Yudhistira (Wulangan 5: hal. 71-85)

      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.

 

 

6.   Penilaian

      a.   Teknik                                    :  Tes lisan, Tes tulis, Tes unjuk kerja, dan Penugasan.

      b.   Bentuk Instrumen    :  Daftar pertanyaan, Tes uraian, Uji petik hasil, Tes simulasi, dan

                                                   Tugas proyek dan tugas rumah.

      c.   Soal / Instrumen       :

     

Soal untuk Pertemuan Pertama

Rungokna wacan sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Critakna isine wacan nggunakake basamu dhewe!

2.   Ukara iki kramakna!

3.   Ukara iki ngokokna!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Ketiga

1.   Wacan iki wacanen, banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!

2.   Nggawea pitakon bab isine wacan!

 (          Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Keempat

Ukara iki tulisen nganggo aksara Latin!

            (Materi lihat di buku)

RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 2 Semester 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan