INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 2

       

Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                          2.   Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                          3.   Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                          4.   Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                          5.   Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan pembacaan teks.

                                          2.1.   Memperagakan percakapan.

                                          2.2.   Unggah-ungguh basa Jawa.

                                          3.1.   Membaca cepat.

                                          4.1.   Menulis kalimat.

                                          4.2.   Menulis karangan.

                                          5.1.   Mengapresiasi cerita lama.

      Indikator                        :  1.   Mengajukan pertanyaan sesuai isi bacaan.

                                                2.   Mengungkapkan kembali isi bacaan.

                                                3.   Memperagakan teks percakapan yang menggunakan basa ngoko dan krama.

                                                4.   Mengubah basa krama menjadi ngoko.

                                                5.   Membaca dengan kecepatan tertentu.

                                                6.   Menjawab pertanyaan bacaan.

                                                7.   Menuliskan pokok-pokok pikiran tiap paragraf.

                                                8.   Menulis kalimat berpola S-P-O-K.

                                                9.   Menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa.

                                              10.   Menuliskan tokoh dan pesan yang terkandung dalam cerita.

                                              11.   Membuat ringkasan cerita.

Alokasi Waktu             :  10   X  35 menit ( 5  pertemuan)

 

1.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat menceritakan kembali isi bacaan yang didengarkan.

      b.   Siswa dapat memperagakan teks percakapan.

      c.   Siswa dapat membaca teks bacaan dengan cepat, lanca,r dan benar.

      d.   Siswa dapat menulis kalimat berpola S-P-O-K dan dapat mengartikan peribahasa.

      e.   Siswa dapat mengapresiasi cerita lama.

 

2.   Materi Pembelajaran

      a.   Pertemuan pertama

Teks bacaan tentang ”Peristiwa”.

      b.   Pertemuan kedua

-  Teks percakapan.

-  Basa ngoko dan krama.

 

      c.   Pertemuan ketiga

Teks bacaan.

 

      d.   Pertemuan keempat

-  Kalimat berpola S-P-O-K.

-  Tulisan huruf Jawa.

 

      e.   Pertemuan kelima

Teks cerita lama.

 

3.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa mendengarkan pembacaan teks wacana tentang peristiwa sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.

Ø  Siswa mengajukan pertanyaan berkaitan dengan isi bacaan.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi bacaan.

Ø Siswa mengungkapkan kembali isi bacaan dengan bahasanya sendiri yang mudah dipahami

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan teks wacana yang ada di buku agar dapat memperagakannya.

Ø  Siswa memeperagakan teks percakapan yang menggunakan basa ngoko dan krama.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.

Ø  Siswa mengubah basa krama menjadi ngoko atau sebaliknya.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara mengukur kecepatan membaca.

Ø  Siswa membaca teks wacana dengan kecepatan tertentu dengan mengikuti petunjuk yang diberikan guru.

Ø  Siswa mendengarkan temannya yang sedang membaca bacaan sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan.

Ø Sisw menuliskan pokok-pokok pikiran tiap paragraf.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat yang berpola S-P-O-K.

Ø  Siswa menganalisis kalimat-kalimat yang berpola S-P-O-K.

Ø  Siswa membuat kalimat yang berpola S-P-O-K.

Ø Siswa menulis kata atau kalimat sederhana dengan huruf Jawa.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa membaca teks cerita lama yang ada di buku kemudian menuliskan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut.

Ø  Siswa mrnuliskan nilai dan pesan serta amanat yang terkandung dalam cerita lama.

Ø  Siswa membuat ringkasan cerita lama dengan bahasanya sendiri

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

5.   Sumber Belajar

      a.  Chart berisi materi pelajaran yang diajarkan.

      b.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 6, Penerbit Yudhistira (Wulangan 4: hal. 43-57)

      c.   Buku Penunjang: “Tuntunan Menulis huruf Jawa”.

      d.   Majalah ”Jaya Baya” dan ”Panyebar Semangat”.

 

6.   Penilaian

      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja dan Penugasan.

      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes identifikasi, Tes simulasi, Uji petik kerja proses dan hasil,

                                                   Tugas proyek dan tugas rumah.

      c.   Soal / Instrumen       :

Soal untuk Pertemuan Pertama

1.   Rungokna pamacane wacan bab kedadeyan, banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!

2.   Nggawea pitakonan ngenani isine wacan sing mentas kokrungokake!

3.   Critakna isine wacan sing mentas kokrungokake!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Praktekna teks pacelathon ing bukumu!

2.   Wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!

3.   Owahana dadi basa ngoko!

      a. Kula dereng sumerap!

      b. Sinten ingkang seda?

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Ketiga

1.   Wacan ing bukumu wacanen sing setiti lan ukuren kecepetan anggonmu maca!

2.   Wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!

3.   Tulisen bakune gagasan saben-saben paragraf!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Keempat

1.   Nggawea ukara sing polane J + W + L + Katrangan

2.   Ukara iki tulisen nganggo aksara Jawa!

      a. Ani ngombe obat wingi.

      b. Ita mangan soto babat ing warung.

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kelima

1.   Wacanen crita kuna ing bukumu banjur wangsulana pitakonan bab isine wacan!

2.   Pitutur apa wae kang kinandhut jroning crita mau?

3.   Nggawea ringkesane crita!

            (Materi lihat di buku)

RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan