RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 2
Standar
Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi
Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar : 1.1. Mendengarkan pembacaan
teks.
2.1. Memperagakan percakapan.
2.2. Unggah-ungguh basa Jawa.
3.1. Membaca cepat.
4.1. Menulis
kalimat.
4.2. Menulis karangan.
5.1. Mengapresiasi cerita lama.
Indikator : 1. Mengajukan
pertanyaan sesuai isi bacaan.
2. Mengungkapkan kembali isi bacaan.
3. Memperagakan teks percakapan yang menggunakan
basa ngoko dan krama.
4. Mengubah basa krama menjadi ngoko.
5. Membaca dengan kecepatan tertentu.
6. Menjawab pertanyaan bacaan.
7. Menuliskan pokok-pokok pikiran tiap paragraf.
8. Menulis kalimat berpola S-P-O-K.
9. Menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa.
10. Menuliskan
tokoh dan pesan yang terkandung dalam cerita.
11. Membuat ringkasan cerita.
Alokasi Waktu : 10
X 35 menit ( 5 pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menceritakan kembali isi bacaan yang didengarkan.
b. Siswa dapat memperagakan teks percakapan.
c. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan cepat, lanca,r dan benar.
d. Siswa dapat menulis kalimat berpola S-P-O-K
dan dapat mengartikan peribahasa.
e. Siswa dapat mengapresiasi cerita lama.
2. Materi Pembelajaran
a. Pertemuan pertama
Teks bacaan
tentang ”Peristiwa”.
b. Pertemuan kedua
- Teks percakapan.
- Basa ngoko dan krama.
c. Pertemuan ketiga
Teks bacaan.
d. Pertemuan keempat
- Kalimat berpola S-P-O-K.
- Tulisan huruf Jawa.
e. Pertemuan kelima
Teks cerita lama.
3. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Penugasan
c. Inkuiri
d. Responsi
e. Karya mandiri
f. Tanya jawab
g. Refleksi
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa mendengarkan pembacaan teks wacana tentang
peristiwa sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.
Ø Siswa mengajukan pertanyaan berkaitan dengan isi bacaan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi bacaan.
Ø Siswa mengungkapkan kembali isi bacaan dengan bahasanya
sendiri yang mudah dipahami
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø
Siswa memperhatikan teks wacana yang ada di buku agar
dapat memperagakannya.
Ø Siswa
memeperagakan teks percakapan yang menggunakan basa ngoko dan krama.
Ø
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan
basa ngoko dan krama.
Ø Siswa
mengubah basa krama menjadi ngoko atau sebaliknya.
c. Kegiatan
Akhir
Ø
Siswa
dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah
dilakukan.
Ø
Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara
mengukur kecepatan membaca.
Ø Siswa membaca teks wacana dengan kecepatan tertentu
dengan mengikuti petunjuk yang diberikan guru.
Ø Siswa mendengarkan temannya yang sedang membaca bacaan
sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.
Ø Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan isi bacaan.
Ø Sisw menuliskan pokok-pokok pikiran tiap paragraf.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat yang
berpola S-P-O-K.
Ø Siswa menganalisis kalimat-kalimat yang berpola S-P-O-K.
Ø Siswa membuat kalimat yang berpola S-P-O-K.
Ø Siswa menulis kata atau kalimat sederhana dengan huruf
Jawa.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat
terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kelima
a. Kegiatan Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
Ø Siswa membaca teks cerita lama yang ada di buku kemudian
menuliskan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut.
Ø Siswa mrnuliskan nilai dan pesan serta amanat yang
terkandung dalam cerita lama.
Ø Siswa membuat ringkasan cerita lama dengan bahasanya
sendiri
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru memberikan
tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat
terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5. Sumber Belajar
a. Chart
berisi materi pelajaran yang diajarkan.
b. Buku “Tutur
Basa Jawa” Jilid 6, Penerbit Yudhistira (Wulangan 4: hal. 43-57)
c. Buku Penunjang: “Tuntunan Menulis huruf Jawa”.
d. Majalah ”Jaya Baya” dan ”Panyebar Semangat”.
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja dan Penugasan.
b. Bentuk Instrumen : Tes identifikasi, Tes simulasi, Uji petik kerja
proses dan hasil,
Tugas proyek dan tugas rumah.
c. Soal / Instrumen :
Soal untuk Pertemuan Pertama
1. Rungokna pamacane wacan bab kedadeyan,
banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!
2. Nggawea pitakonan ngenani isine wacan sing
mentas kokrungokake!
3. Critakna isine wacan sing mentas
kokrungokake!
(Materi lihat di
buku)
Soal untuk Pertemuan Kedua
1. Praktekna teks pacelathon ing bukumu!
2. Wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine
wacan!
3. Owahana dadi basa ngoko!
a. Kula dereng sumerap!
b. Sinten ingkang seda?
(Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Ketiga
1. Wacan ing bukumu wacanen sing setiti lan
ukuren kecepetan anggonmu maca!
2. Wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine
wacan!
3. Tulisen bakune gagasan saben-saben paragraf!
(Materi lihat di
buku)
Soal untuk Pertemuan Keempat
1. Nggawea ukara sing polane J + W + L +
Katrangan
2. Ukara iki tulisen nganggo aksara Jawa!
a. Ani ngombe obat wingi.
b. Ita mangan soto babat ing warung.
(Materi lihat di buku)
Soal untuk Pertemuan Kelima
1. Wacanen crita kuna ing bukumu banjur
wangsulana pitakonan bab isine wacan!
2. Pitutur apa wae kang kinandhut jroning crita
mau?
3. Nggawea ringkesane crita!
(Materi
lihat di buku)
RPP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "RPP KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 2"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan