SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Semester 1
S I L A B U S (1)
Sekolah : SD Kristen Petra Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1.1. Mendengar-kan
dan mem bedakan bu- nyi bahasa Gambar
tunggal atau seri tentang diri sendiri. • Siswa memperhatikan gambar yang
diperlihatkan guru di papan tulis atau gambar yang ada di buku.
• Siswa
mencocokkan gambar berdasarkan informasi yang didengarnya.
• Siswa
menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengar. o Dapat
mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengar.
o Dapat
menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengarkan.
Tes
unjuk kerja Tes identifikasi 1.
Jodhokna gambar ing ngisor iki karo katerangane!
(Materi lihat di buku)
2. Golongna gambar
ing ngisor iki:
a. Endi sing
kalebu kewan?
b. Endi sing
kalebu woh-
wohan?
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur Basa Jawa 1” Penerbit
Yudhistira.
(hal. 1-6)
Gambar seri/tunggal
2.1. Memperke-nalkan
diri Pengalaman anak.
Kalimat sederha-na untuk mem-perkenalkan diri. • Siswa
memperhatikan gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku.
• Siswa
menyebutkan namanya dan memperkenalkan data diri, nama orang tua, dan saudara
kandung. o Dapat menyebutkan data diri: nama, kelas, sekolah,
dan tempat tinggal dengan kalimat sederhana.
o Dapat
memperkenalkan nama orang tua dan saudara kandung. Penilaian diri Lembar
penilaian diri 1. Coba sebutna sapa jenengmu, kelas pira,
sekolah ing ngendi, lan ing ngendi omahmu!
2. Kenalna jenenge
wong tuwamu lan dulurmu!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur Basa Jawa 1” Penerbit
Yudhistira.
(hal. 6-8)
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
3.1. Membaca nyaring Huruf,
suku kata, kata, dan kalimat sesuai dengan tema. • Siswa
memperhatikan huruf-huruf /a/, /i/, /m/, /n/, dan /r/ yang diperkenalkan guru.
• Siswa
membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana atas bimbingan guru.
• Siswa
membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan suara keras. o Dapat
mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat
sederhana.
o Dapat
membaca nyaring kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat. Tes unjuk kerja Tes simulasi 1. Aksara-aksara ing ngisor iki ucapna kanthi
cetha:
a i
m r n
r
2. Tembung lan ukara
ing ngisor iki wacanen sing banter!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur Basa Jawa 1” Penerbit
Yudhistira.
(hal. 8-10)
4.1. Menjiplak dan menebalkan
4.2. Menyalin Huruf,
kata, atau kalimat • Atas bimbingan guru siswa menjiplak
dan menebalkan huruf atau kata yang ada dalam buku dengan menggunakan kertas
tipis.
• Siswa
menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas. o Dapat
menjiplak dan menebalkan huruf atau kata.
o Dapat
menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas. Portofolio Dokumen pekerjaan siswa 1. Tulisan ing ngisor iki blaten lan kandelana!
(Materi lihat di buku)
2. Tulisan ing
ingisor iki salinen ing bukumu!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “ Tutur Basa Jawa 1” Penerbit
Yudhistira.
(hal. 10-13)
5.1. Mengapresi-asi tembang dolanan • Siswa
memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.
• Siswa
menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
• Siswa
menyanyikan tembang dolanan. o Dapat menyanyikan tembang dolanan. Tes unjuk kerja Uji petik kerja produk Tembang
dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur Basa Jawa 1” Penerbit
Yudhistira.
(hal. 16)
SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Semester 1"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan