INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Semester 1

        S I L A B U S   (1)

 

Sekolah                :               SD Kristen Petra Jombang

Mata Pelajaran :               Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester                :               I / 1

 

Standar Kompetensi       :               1.            Medengarkan:

                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                2.            Berbicara:

                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                3.            Membaca:

                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                4.            Menulis:

                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                5.            Apresiasi Sastra:

                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber

Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

1.1.  Mendengar-kan dan mem bedakan bu- nyi bahasa                Gambar tunggal atau seri tentang diri sendiri.     •                Siswa memperhatikan gambar yang diperlihatkan guru di papan tulis atau gambar yang ada di buku.

•             Siswa mencocokkan gambar berdasarkan informasi yang didengarnya.

•             Siswa menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengar.     o             Dapat mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengar.

o             Dapat menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengarkan.

                Tes unjuk kerja Tes identifikasi  1.   Jodhokna gambar ing ngisor iki karo katerangane!

(Materi lihat di buku)

2.   Golongna gambar ing ngisor iki:

      a. Endi sing kalebu kewan?

      b. Endi sing kalebu woh-

          wohan?

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur Basa Jawa 1” Penerbit Yudhistira.

(hal. 1-6)

Gambar seri/tunggal

2.1.  Memperke-nalkan diri         Pengalaman anak.

Kalimat sederha-na untuk mem-perkenalkan diri.            •             Siswa memperhatikan gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku.

•             Siswa menyebutkan namanya dan memperkenalkan data diri, nama orang tua, dan saudara kandung.   o                Dapat menyebutkan data diri: nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal dengan kalimat sederhana.

o             Dapat memperkenalkan nama orang tua dan saudara kandung. Penilaian diri      Lembar penilaian diri      1.   Coba sebutna sapa jenengmu, kelas pira, sekolah ing ngendi, lan ing ngendi omahmu!

2.   Kenalna jenenge wong tuwamu lan dulurmu!

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur Basa Jawa 1” Penerbit Yudhistira.

(hal. 6-8)

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber

Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

3.1. Membaca nyaring   Huruf, suku kata, kata, dan kalimat sesuai dengan tema.               •             Siswa memperhatikan huruf-huruf /a/, /i/, /m/, /n/, dan /r/ yang diperkenalkan guru.

•             Siswa membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana atas bimbingan guru.

•             Siswa membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan suara keras.          o             Dapat mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana.

o             Dapat membaca nyaring kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.                Tes unjuk kerja Tes simulasi                1.   Aksara-aksara ing ngisor iki ucapna kanthi cetha:

      a    i    m    r    n    r

2.   Tembung lan ukara ing ngisor iki wacanen sing banter!

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur Basa Jawa 1” Penerbit Yudhistira.

(hal. 8-10)

 

4.1. Menjiplak dan menebalkan

4.2. Menyalin     Huruf, kata, atau kalimat              •             Atas bimbingan guru siswa menjiplak dan menebalkan huruf atau kata yang ada dalam buku dengan menggunakan kertas tipis.

•             Siswa menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas.       o             Dapat menjiplak dan menebalkan huruf atau kata.

o             Dapat menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas.       Portofolio            Dokumen pekerjaan siswa               1.   Tulisan ing ngisor iki blaten lan kandelana!

(Materi lihat di buku)

2.   Tulisan ing ingisor iki salinen ing bukumu!

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “ Tutur Basa Jawa 1” Penerbit Yudhistira.

(hal. 10-13)

 

5.1. Mengapresi-asi tembang dolanan                    •             Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang dolanan.

•             Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.

•             Siswa menyanyikan tembang dolanan.  o             Dapat menyanyikan tembang dolanan.  Tes unjuk kerja Uji petik kerja produk      Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur Basa Jawa 1” Penerbit Yudhistira.

(hal. 16)

 


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 1 Semester 1"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan