SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 3 Semester 1
S I L A B U S (1)
Sekolah : SD / MI
.................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1.1. Mendengar-kan dan memahami cerita teman. Teks cerita tentang kegiatan • Siswa
mendengar isi teks cerita tentang kegiatan yang dibacakan oleh gurunya atau
temannya.
• Siswa
menjawab pertanyan tentang isi cerita.
• Siswa
mengajukan pertanyaan sesuai yang didengar. o Dapat menjawab pertanyan tentang
isi cerita.
o Dapat
mengajukan pertanyaan sesuai yang didengar.
Tes
lisan Daftar pertanyaan 1.
Rungokna wacan sing diwaca gurumu, banjur wangsulana pitakon ngenani
isine wacan!
2. Nggawea pitakonan
ngenani isine wacan!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
3” Penerbit Yudhistira.
(hal. 2-3)
2.1. Menceritakan pengalaman
2.1. Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun. Cerita tentang
pengalaman menarik
Basa ngoko dan krama. • Siswa memperhatikan teks wacana
yang ada dalam buku.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang cara menceritakan pengalaman.
• Siswa
menceritakan pengalaman menerik yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari
dengan kalimat yang runtut. o Dapat menceritakan pengalaman
menarik yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dengan kalimat yang runtut.
o Dapat
menanggapi cerita teman dengan bertnya atau mengemukakan pendapat. Tes unjuk kerja Uji petik proses dan hasil 1. Critakna pengalamanmu sing paling ora bias koklalekake!
2. Tanggapane
critane kancamu!
3. Omong-omongana
karo kancamu nggunakake basa ngoko sing isine ngajak dolanan! 2 X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
3” Penerbit Yudhistira.
(hal. 4-7)
• Siswa menanggapi cerita teman
dengan bertnya atau mengemukakan pendapat.
• Siswa
menjelaskan penjelasan guru tentang basa ngoko dan krama.
• Siswa
menggunakan basa ngoko
dan krama sesuai
dengan unggah-ungguh basa jawa. o Dapat menggunakan basa
ngoko dan krama
sesuai dengan unggah-ungguh basa
jawa. 4. Matura marang gurumu utawa wong tuwamu
nggunakake basa krama!
(Materi lihat di buku)
3.1. Membaca bersuara Teks
tembang dolanan
Padan kata (sinonim) • Siswa memperhatikan contoh yang
diberikan guru tentang cara membaca sesuai dengan lafal dan intonasi yang
benar.
• Siswa
membaca bersuara teks tembang dolanan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Siswa
menjawab pertanyaan bacaan secara lisan atau tertulis.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang sinonim (padan kata).
• Siswa
Dapat menentukan padan kata (sinonim) yang terdapat dalam bacaan. o Dapat
membaca bersuara teks tembang dolanan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
o Dapat
menjawab pertanyaan bacaan secara lisan atau tertulis.
o Dapat
menentukan padan kata (sinonim) yang terdapat dalam bacaan. Tes unjuk kerja
Portofolio Tes
uji petik hasil
Dokumen perkerjaan siswa 1. Wacan ing ngisor iki wacanen kanthi lagu lan
pocapan sing bener, banjur wangsulana pitakonan isine wacan
2. Tembung sing
dicap kandel jroning ukara iki terangnya tegese!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
3” Penerbit Yudhistira.
(hal. 8-10)
4.1. Menulis karangan sederhana
4.2. Menulis huruf Jawa legena. Gambar seri tentang kegiatan
Huruf jawa legena • Siswa memperhatikan gambar seri
yang ada di buku atau yang diperlihatkan oleh guru.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang cara mengarang berdasarkan gambar seri.
• Siswa
menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan memperhatikan tanda
baca dan huruf kapital.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang huruf Jawa ha s.d. la.
• Siswa
menulis huruf Jawa ha s.d. la di buku tulisnya. o Dapat menulis karangan sederhana
berdasarkan gambar seri dengan memperhatikan tanda baca dan huruf kapital.
o Dapat
menulis huruf Jawa legena (ha s.d la) Penugasan
Protofolio Tugas
proyek
Dokumen pekerjaan siswa 1. Nggawea karangan adhedhasar katerangan
gambar sing wis sumadiya!
2. Aksara Jawa ing
ngisor iki salinen!
a n
c r k
f t
s w l
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
3” Penerbit Yudhistira.
(hal. 10-12)
5.1. Mengapresi-asi tembang dolanan Tembang dolanan • Siswa memperhatikan cerita guru
tentang isi tembang dolanan.
• Siswa
menirukan guru menyanyikan tembang dolanan yang ada di buku.
• Siswa
menyanyikan tembang dolanan. o Dapat menyanyikan tembang dolanan
yang sesuai untuk anak. Tes unjuk kerja Tes simulasi Tembang dolanan ing ngisor iki tembangna!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
3” Penerbit Yudhistira.
(hal. 14)
SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 3 Semester 1"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan