SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 3 Semester 2
S I L A B U S (6)
Sekolah : SD / MI .................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : III / 2
Standar Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1.1. Mendengar- kan cerita wayang. Cerita Wayang Pandhawa • Siswa mendengarkan cerita wayang
dibacakan oleh guru atau temannya.
• Siswa
menyebutkan nama tokoh-tokoh dalam cerita.
• Siswa
menjawab pertanyaan tentang sifat / watak tokoh dalam cerita.
• Siswa
dapat menceritan isi cerita wayang didengarkan. o Dapat menyebutkan nama tokoh-tokoh
dalam cerita.
o Dapat
menjawab pertanyaan tentang sifat / watak tokoh dalam cerita.
Tes
lisan Daftar pertanyaan 1.
Rungokna crita wayang sing diwaca gurumu!
2. Wangsulana
pitakon ngenani isine wacan utamane bab wewatake saben paraga wayang!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
3” Penerbit Yudhistira.
(hal. 81-83)
2.1. Bermain peran
2.2. Bercakap-cakap menggunakan bahasa yang santun Teks cerita sederhana
Basa ngoko dan krama • Siswa memperhatikan teks cerita
yang ada di buku atau media lain.
• Siswa
dapat menjelaskan sifat/ watak tokoh dalam cerita.
• Siswa
memerankan tokoh dalam cerita dan sifatnya dengan kalimat sederhana. o Dapat memerankan tokoh dalam cerita
dan sifatnya dengan kalimat sederhana.
o Dapat
menggunakan basa ngoko dan krama sesuai unggah-ungguh basa. Tes unjuk kerja Tes identifikasi dan simulasi
Uji petik hasil 1. Paragakna wewatakane saben paraga Pandhawa!
2. Omong-omongana
nggunakake basa ngoko lan krama sing trep!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
3” Penerbit Yudhistira.
(hal. 83-85)
• Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
• Siswa
menggunakan basa ngoko dan krama sesuai unggah-ungguh basa. o
3.1. Membaca cepat. Teks
cerita • Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang
cara membaca cepat.
• Siswa
membaca cepat teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Siswa
menjawab pertanyaan yang berkaitan isi bacaan.
• Siswa
menyimpulkan isi bacaan dengan bahasanya sendiri. o Dapat
membaca cepat teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
o Dapat menyimpulkan
isi bacaan. Tes unjuk kerja Uji petik proses dan hasil Coba wacan crita wayang ing bukumu
wacanen, banjur ringkesen isi critane!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
3” Penerbit Yudhistira.
(hal. 86)
4.1. Menulis huruf Jawa.
4.2. Menulis kalimat. Tulisan
huruf Jawa
Kalimat aktif dan pasif • Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang cara menulis huruf Jawa.
• Siswa
menyalin tulisan Jawa menjadi tulisan latin & sebaliknya.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat aktif dan kalimat pasif.
• Siswa
menulis kalimat aktif dan pasif yang sederhana.
• Siswa
mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif tau sebaliknya. o Dapat
menyalin tulisan Jawa menjadi tulisan latin & sebaliknya.
o Dapat
menulis kalimat aktif dan pasif yang sederhana. Tes
tulis Tes uraian 1.
Ukara iki tulisen nganggo aksara Jawa!
a. Aku maca
buku.
b. Gulumu kena
apa?
2. Ukara iki owahana
dadi ukara tanduk!
a. Bukuku diwaca
adhik.
b. Klambiku
dikumbah Sari.
3. Ukara iki owahana
dadi ukara tanggap!
a. Bayu ngonceki
nanas.
b. Sari
ngeterake adhik.
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
3” Penerbit Yudhistira.
(hal. 87-89)
5.1. Mengapresi-asi cerita. Cerita
Wayang • Siswa
memperhatikan atau mendengarkan isi cerita wayang.
• Siswa
menyebutkan tokoh-tokoh seta karakternya.
• Siswa
menceritakan kembali isi cerita yang didengar secara lisan. o Dapat
menceritakan kembali isi cerita yang didengar secara lisan. Tes unjuk kerja Tes simulasi Critakna
nganggo basamu dhewe isine crita wayang sing wis tau kokwaca utawa
kokrungokake!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
3” Penerbit Yudhistira.
(hal. 90-91)
SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 3 Semester 2"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan