INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 1

         S I L A B U S   (5)

 

Sekolah                :               SDN KUDUBANJAR II

Mata Pelajaran :               Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester                :               IV / 1

 

Standar Kompetensi       :               1.            Medengarkan:

                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                2.            Berbicara:

                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                3.            Membaca:

                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                4.            Menulis:

                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                5.            Apresiasi Sastra:

                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

1.1. Mendengarkan cerita tentang tokoh pendidikan      Teks tentang tokoh pendidikan •             Siswa mendengarkan pembacaan wacana tentang tokoh pendidikan sambil mencatat atau menandai hal-hal yang dianggap penting.

•             Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita.

•             Siswa mencatat watak dan perjuangan tokoh dalam cerita.

•             Siswa memberikan tanggapan tentang watak dan perjuangan tokoh.      o             Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita.

o             Memberikan tanggapan tentang watak dan perjuangan tokoh.

                Tes tulis

 

Tes unjuk kerja Tes uraian

 

Tes simulasi        1.   Rungokna pamacane wacan bab tokoh pemdhidhikan banjur wangsulana pitakon ngenani isi wacan sing mentas kokrungokake!

2.   Kepriye manut panemumu ngenani watak sarta lelabuhane tokoh pendhidhikan jrning wacan?

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

4” Penerbit Yudhistira.

(hal. 71-72)

 

2.1. Pengalaman pribadi yang menarik

2.2. Unggah-ungguh basa             Cerita tentang pengalaman pribadi

Basa ngoko dan krama   •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menceritakan pengalaman pribadi.

•             Siswa menceritakan pengalaman pribadi dengan bahasa sendiri.

                o             Menceritakan pengalaman pribadi dengan bahasa sendiri.

o             Menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan.             Tes unjuk kerja Tes simulasi        1.   Critakna pengalamanmu sing paling nyenengake nggunakake basamu dhewe!

                2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

4” Penerbit Yudhistira.

(hal. 73-74)

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

                                •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.

•             Siswa menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan. o                                                             2.   Omong-omongana karo kancamu sarana ngecakake unggah-ungguh basa sing bener!

(Materi lihat di buku)                    

3.1. Membaca pemahaman         Teks bacaan       •             Siswa memperhatikan temannya yang sedang membaca wacana sambil mencatat atau menandai hal-hal yang dianggap penting.

•             Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan.

•             Siswa meringkas isi bacaan dengan bahasanya sendiri.

•             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kata-kata yang berantonim kemudian mengidentifikasi kata-kata yang berantonim dalam bacaan.               o             Menjawab pertanyaan bacaan.

o             Meringkas isi bacaan.

o             Mengidentifikasi kata-kata yang berantonim dalam bacaan.        Tes unjuk kerja

 

Tes tulis                Uji petik kerja hasil

 

 

Tes uraian           1.   Wacan ing bukumu wacanen kanthi setiti banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!

2.   Ringkesen isine wacan sing mentas kokwaca!

3.   Tembung iki golekana kosok baline banjur gawenen ukara!

      a. teka X …

      b. gampang X …

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

4” Penerbit Yudhistira.

(hal. 75-77)

 

4.1. Menulis kalimat        Kalimat dengan tembung saroja/ twmbung wilangan      •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan tembung saroja dan tembung wilangan.

•             Siswa menulis kalimat dengan menggunakan tembung saroja dan tembung wilangan dalam bahasa Jawa.

•             Siswa menggunakan dalam kalimat tembung saroja dan tembung wilangan dengan benar.           o             Menulis  kalimat  dengan  tembung  saroja  dan  tembung wilangan.          Portofolio

 

 

Tes tulis                Dokumen pekerjaan siswa

Tes uraian           1.   Nggawea tuladha tembung saroja (lima wae) banjur gawenen ukara sing trep!

2.   Nggawea tuladha tembung:

      a. Wilangan wutuh

      b. Wilangan pecahan

      c. Wilangan undha usuk

3.   Tembung wilangan iki tulisen Latin: 59, 120, 578, 2007, 17.985.

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

4” Penerbit Yudhistira.

(hal. 78-81)

 

5.1. Mengapresiasi geguritan      Teks geguritan  •             Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru dalam membaca geguritan.

•             Siswa membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

•             Siswa memperhatikan guru tentang cara mengarang sebuah geguritan.

•             Siswa membuat geguritan sederhana.   o             Membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

o             Membuat geguritan sederhana.               Tes unjuk kerja

 

Portofolio            Tes simulasi

 

 

Dokumen pekerjaan siswa          1.   Nggoleka geguritan saka sumber apa wae banjur wacanen kanthi lagu, pocapan, lan polatan sing trep!

2.   Nggawea geguritan kanthi pilihan tembung sing mentes lan mantesi!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

4” Penerbit Yudhistira.

(hal. 81-82)

 


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 1"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan