SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 1
S I L A B U S (5)
Sekolah : SDN KUDUBANJAR II
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1.1. Mendengarkan cerita tentang tokoh pendidikan Teks tentang tokoh pendidikan • Siswa
mendengarkan pembacaan wacana tentang tokoh pendidikan sambil mencatat atau
menandai hal-hal yang dianggap penting.
• Siswa
menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita.
• Siswa
mencatat watak dan perjuangan tokoh dalam cerita.
• Siswa
memberikan tanggapan tentang watak dan perjuangan tokoh. o Menjawab
pertanyaan sesuai dengan isi cerita.
o Memberikan
tanggapan tentang watak dan perjuangan tokoh.
Tes
tulis
Tes unjuk kerja Tes
uraian
Tes simulasi 1. Rungokna pamacane wacan bab tokoh
pemdhidhikan banjur wangsulana pitakon ngenani isi wacan sing mentas
kokrungokake!
2. Kepriye manut
panemumu ngenani watak sarta lelabuhane tokoh pendhidhikan jrning wacan?
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
4” Penerbit Yudhistira.
(hal. 71-72)
2.1. Pengalaman pribadi yang menarik
2.2. Unggah-ungguh basa Cerita
tentang pengalaman pribadi
Basa ngoko dan krama • Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang cara menceritakan pengalaman pribadi.
• Siswa
menceritakan pengalaman pribadi dengan bahasa sendiri.
o Menceritakan pengalaman pribadi
dengan bahasa sendiri.
o Menggunakan
basa ngoko dan krama dalam percakapan. Tes
unjuk kerja Tes simulasi 1.
Critakna pengalamanmu sing paling nyenengake nggunakake basamu dhewe!
2 X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
4” Penerbit Yudhistira.
(hal. 73-74)
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
• Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
• Siswa
menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan. o 2. Omong-omongana karo kancamu sarana ngecakake
unggah-ungguh basa sing bener!
(Materi lihat di buku)
3.1. Membaca pemahaman Teks
bacaan • Siswa memperhatikan temannya yang sedang membaca wacana
sambil mencatat atau menandai hal-hal yang dianggap penting.
• Siswa
menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan.
• Siswa
meringkas isi bacaan dengan bahasanya sendiri.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang kata-kata yang berantonim kemudian
mengidentifikasi kata-kata yang berantonim dalam bacaan. o Menjawab
pertanyaan bacaan.
o Meringkas
isi bacaan.
o Mengidentifikasi
kata-kata yang berantonim dalam bacaan. Tes
unjuk kerja
Tes tulis Uji
petik kerja hasil
Tes uraian 1. Wacan ing bukumu wacanen kanthi setiti
banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!
2. Ringkesen isine
wacan sing mentas kokwaca!
3. Tembung iki
golekana kosok baline banjur gawenen ukara!
a. teka X …
b. gampang X …
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
4” Penerbit Yudhistira.
(hal. 75-77)
4.1. Menulis kalimat Kalimat
dengan tembung saroja/ twmbung wilangan • Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang penggunaan tembung saroja dan tembung wilangan.
• Siswa
menulis kalimat dengan menggunakan tembung saroja dan tembung wilangan dalam
bahasa Jawa.
• Siswa
menggunakan dalam kalimat tembung saroja dan tembung wilangan dengan benar. o Menulis kalimat
dengan tembung saroja
dan tembung wilangan. Portofolio
Tes tulis Dokumen
pekerjaan siswa
Tes uraian 1. Nggawea tuladha tembung saroja (lima wae)
banjur gawenen ukara sing trep!
2. Nggawea tuladha
tembung:
a. Wilangan
wutuh
b. Wilangan
pecahan
c. Wilangan
undha usuk
3. Tembung wilangan
iki tulisen Latin: 59, 120, 578, 2007, 17.985.
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
4” Penerbit Yudhistira.
(hal. 78-81)
5.1. Mengapresiasi geguritan Teks
geguritan • Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru dalam
membaca geguritan.
• Siswa
membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Siswa
memperhatikan guru tentang cara mengarang sebuah geguritan.
• Siswa
membuat geguritan sederhana. o Membaca geguritan dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
o Membuat
geguritan sederhana. Tes
unjuk kerja
Portofolio Tes
simulasi
Dokumen pekerjaan siswa 1. Nggoleka geguritan saka sumber apa wae
banjur wacanen kanthi lagu, pocapan, lan polatan sing trep!
2. Nggawea geguritan
kanthi pilihan tembung sing mentes lan mantesi!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
4” Penerbit Yudhistira.
(hal. 81-82)
SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 1"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan