SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 2
S I L A B U S (6)
Sekolah : SD / MI
.................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : VI / 2
Standar Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1.1. Mendengarkan dan memahami percakapan Teks percakapan
Tentang ”Pembangunan” • Siswa mendengarkan pembacaan teks
wacana percakapan tentang ”pembangunan”.
• Siswa mengajukan
beberapa pertanyaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan
isi wacana percakapan.
• Siswa
mengubah wacana dialog menjadi narasi. o Mengajukan dan menjawab pertanyaan
sesuai isi percakapan.
o Mengubah
dialog menjadi narasi.
Tes unjuk
kerja Tes simulasi 1. Rungokna pamacane
teks pacelathon ing bukumu banjur nggawea pitakonan!
2. Wangsulana
pitakonane kancamu!
3. Pacelatho sing
mentas kokrungokake owahana dadi basa gancaran!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
6” Penerbit Yudhistira.
(hal. 77-78)
2.1. Berpidato / memberi sambutan untuk acara di sekolah Teks pidato/sambutan • Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang teknik-teknik berpidato yang baik.
• Siswa
membuat teks pidato untuk berbagai acara/keperluan.
o Menulis teks pidato sesuai
keperluan.
o Berpidato
(memberi sambutan) dengan lafal, intonasi, dan penjiwaan / ekspresi yang tepat. Tes unjuk kerja Tes simulasi 1. Nggawea teks pidhato sing ana gegayutane
karo pembangunan!
2. Praktekna teks
pidhato sing wis kokgawe ing ngarepe kanca-kancamu!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
6” Penerbit Yudhistira.
(hal. 78-80)
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
• Siswa berpidato (memberi sambutan)
dengan lafal, intonasi, dan penjiwaan / ekspresi yang tepat.
3.1. Membaca bersuara Teks
bacaan • Siswa membaca teks bacaan dengan suara yang keras,
sedangkan siswa yang lainnya sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.
• Siswa
mencatat ide pokok dalam tiap paragraf.
• Sisa
menyimpulkan isi bacaan dengan kata-katanya sendiri. o Membaca
teks bacaan.
o Mencatat
ide pokok dalam tiap paragraf.
o Menyimpulkan
isi bacaan. Tes unjuk kerja
Penugasan Tes
simulasi
Tugas rumah 1. Teks wacan ing bukumu wacanen sing banter
banjur wangsulana pitakonan ngenani isine wacan!
2. Tulisen bakune
gagasan saben-saben paragraf!
3. Apa sing dadi
dudutane wacan sing kokwaca?
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
6” Penerbit Yudhistira.
(hal. 81-82)
4.1. Menulis karangan
4.2. Menulis tembung rangkep Kerangka
karangan
Tembung rangkep. • Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang langkah-langkah menulis karangan yang baik.
• Siswa
menulis karangan dengan kerangka yang sudah disediakan.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang tembung rangkep.
• Siswa
membuat contoh kata-kata tembung rangkep kemudian diterapkan dalam kalimat. o Menulis
karangan dengan kerangka yang sudah disediakan.
o Menulis
kalimat dengan tembung rangkep (dwilingga, dwipurwa). Penugasan Tugas
proyek dan tugas rumah 1. Nggawea karangan adhedhasar cengkorongan
sing wis sumadiya!
2. Nggawea tuladha
tembung rangkep dwilingga banjur gawenen ukara sing trep!
3. Nggawea tuladha
tembung rangkep dwilipurwa banjur gawenen ukara sing trep!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
6” Penerbit Yudhistira.
(hal. 83-85)
5.1. Mengapresiasi cerita Wayang Cerita wayang • Siswa membaca cerita wayang yang
terdapat buku sambil mencatat hal-hal penting dalam cerita tersebut.
• Siswa
menceritakan kembali isi cerita wayang yang pernah dibacanya.
• Siswa
menyebutkan negara, aji-aji, dean gegaman para tokoh dalam cerita. o Menceritakan
kembali cerita wayang.
o Menyebutkan
negara, aji-aji, lan gegaman para tokoh dalam cerita. Tes unjuk kerja Tes
simulasi 1. Critaa ngenani isine crita wayang sing tau
kokwaca!
2. Titik-titik ing
ngisor iki isenana!
a. Prabu Kresna
ratu ing ...
b. Aji-ajine
Anoman yaiku ...
c. Gamane Prabu
Baladewa jenenge ...
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
6” Penerbit Yudhistira.
(hal. 86-90)
SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 2"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan