INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 2

          S I L A B U S   (6)

 

Sekolah                :               SD / MI .................................

Mata Pelajaran :               Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester                :               VI / 2

 

Standar Kompetensi       :               1.            Medengarkan:

                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                2.            Berbicara:

                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                3.            Membaca:

                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                4.            Menulis:

                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                5.            Apresiasi Sastra:

                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

1.1. Mendengarkan dan memahami percakapan               Teks percakapan

Tentang ”Pembangunan”             •             Siswa mendengarkan pembacaan teks wacana percakapan tentang ”pembangunan”.

•             Siswa mengajukan beberapa pertanyaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi wacana percakapan.

•             Siswa mengubah wacana dialog menjadi narasi.                o             Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai isi percakapan.

o             Mengubah dialog menjadi narasi.

                Tes unjuk kerja Tes simulasi        1.   Rungokna pamacane teks pacelathon ing bukumu banjur nggawea pitakonan!

2.   Wangsulana pitakonane kancamu!

3.   Pacelatho sing mentas kokrungokake owahana dadi basa gancaran!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

6” Penerbit Yudhistira.

(hal. 77-78)

 

2.1. Berpidato / memberi sambutan untuk acara di sekolah          Teks pidato/sambutan  •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang teknik-teknik berpidato yang baik.

•             Siswa membuat teks pidato untuk berbagai acara/keperluan.

 

                o             Menulis teks pidato sesuai keperluan.

o             Berpidato (memberi sambutan) dengan lafal, intonasi, dan penjiwaan / ekspresi yang tepat.      Tes unjuk kerja Tes simulasi                1.   Nggawea teks pidhato sing ana gegayutane karo pembangunan!

2.   Praktekna teks pidhato sing wis kokgawe ing ngarepe kanca-kancamu!

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

6” Penerbit Yudhistira.

(hal. 78-80)

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

                                •             Siswa berpidato (memberi sambutan) dengan lafal, intonasi, dan penjiwaan / ekspresi yang tepat.                                                                                               

3.1. Membaca bersuara                Teks bacaan       •             Siswa membaca teks bacaan dengan suara yang keras, sedangkan siswa yang lainnya sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.

•             Siswa mencatat ide pokok dalam tiap paragraf.

•             Sisa menyimpulkan isi bacaan dengan kata-katanya sendiri.         o             Membaca teks bacaan.

o             Mencatat ide pokok dalam tiap paragraf.

o             Menyimpulkan isi bacaan.            Tes unjuk kerja

Penugasan          Tes simulasi

 

Tugas rumah      1.   Teks wacan ing bukumu wacanen sing banter banjur wangsulana pitakonan ngenani isine wacan!

2.   Tulisen bakune gagasan saben-saben paragraf!

3.   Apa sing dadi dudutane wacan sing kokwaca?

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

6” Penerbit Yudhistira.

(hal. 81-82)

 

4.1. Menulis karangan

4.2. Menulis tembung rangkep  Kerangka karangan

Tembung rangkep.          •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang langkah-langkah menulis karangan yang baik.

•             Siswa menulis karangan dengan kerangka yang sudah disediakan.

•             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tembung rangkep.

•             Siswa membuat contoh kata-kata tembung rangkep kemudian diterapkan dalam kalimat.            o             Menulis karangan dengan kerangka yang sudah disediakan.

o             Menulis kalimat dengan tembung rangkep (dwilingga, dwipurwa).           Penugasan          Tugas proyek dan tugas rumah   1.   Nggawea karangan adhedhasar cengkorongan sing wis sumadiya!

2.   Nggawea tuladha tembung rangkep dwilingga banjur gawenen ukara sing trep!

3.   Nggawea tuladha tembung rangkep dwilipurwa banjur gawenen ukara sing trep!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

6” Penerbit Yudhistira.

(hal. 83-85)

 

5.1. Mengapresiasi cerita Wayang            Cerita wayang   •             Siswa membaca cerita wayang yang terdapat buku sambil mencatat hal-hal penting dalam cerita tersebut.

•             Siswa menceritakan kembali isi cerita wayang yang pernah dibacanya.

•             Siswa menyebutkan negara, aji-aji, dean gegaman para tokoh dalam cerita.        o             Menceritakan kembali cerita wayang.

o             Menyebutkan negara, aji-aji, lan gegaman para tokoh dalam cerita.         Tes unjuk kerja Tes simulasi        1.   Critaa ngenani isine crita wayang sing tau kokwaca!

2.   Titik-titik ing ngisor iki isenana!

      a. Prabu Kresna ratu ing ...

      b. Aji-ajine Anoman yaiku ...

      c. Gamane Prabu Baladewa jenenge ...

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

6” Penerbit Yudhistira.

(hal. 86-90)


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan