SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 1
S I L A B U S (1)
Sekolah : SD / MI
.................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : VI / 1
Standar Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1.1. Mendengarkan pembacaan teks Teks bacaan
Tentang ”Kepahlawanan” • Siswa mendengarkan pembacaan teks
wacana tentang ”kepahlawanan sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.
• Siswa
mencatat nama tokoh utama beserta perwatakannya dalam sebuah wacana yang
didengarkannya.
• Siswa
mengungkapkan kembali isi wacana dengan bahasanya sendiri. o Menyebutkan
tokoh utama dan wataknya.
o Mengungkapkan
kembali isi bacaan dalam ragam bahasa tertentu.
Tes
unjuk kerja Tes simulasi
Uji petik kerja hasil 1. Rungokna pamacane wacan bab kepahlawanan
banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!
2. Tulisen
wewatakane tokoh jroning wacan sing mentas kokrungokake!
3. Critakna isine
wacan nganggo basamu dhewe!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
6” Penerbit Yudhistira.
(hal. 2-3)
2.1. Bermain peran
2.2. Unggah-ungguh basa dalam percakapan Teks percakapan
Basa ngoko/krama • Siswa memperhatikan teks wacana
percakapan untuk mengetahui isi dan perwatakan dari tokoh yang ada dalam teks.
• Siswa
bermain peran berdasarkan isi teks dialog yang ada di buku. o Bermain
peran berdasarkan teks dialog (percakapan).
o Menggunakan
unggah-ungguh basa dalam percakapan. Tes
unjuk kerja Tes simulasi
Uji petik kerja hasil 1. Praktekna teks pacelathon sing ana ing
bukumu kanthi lagu lan pocapan sing trep!
2. Nggawea teks
pacelathon banjur praktekna karo kancamu! 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
6” Penerbit Yudhistira.
(hal. 4-5)
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
• Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
• Siswa
menggunakan basa ngoko dan krama untuk percakapan. 3. Omong-omongana karo kancamu sarana ngecakake
unggah-ungguh basa sing bener!
(Materi lihat di buku)
3.1. Membaca pemahaman Teks
bacaan • Siswa memperhatikan temannya yang sedang membaca wacana
sambil mencatat dan menandai bagian-bagian yang dianggap penting.
• Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan wacana.
• Siswa
menyimpulkan isi wacana. o Menjawab pertanyaan bacan.
o Menyimpulkan
isi bacaan. Tes unjuk kerja
Tes tulis Tes
simulasi
Uji petik kerja hasil
Tes uraian 1. Wacan ing bukumu wacanen sing setiti banjur
wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan
2. Wedharna miturut
panemumu kepriye tokoh sing dicritakake ing wacan!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
6” Penerbit Yudhistira.
(hal. 6-7)
4.1. Menulis kalimat Tembung
Saroja dan tembung Camboran.
Tulisan huruf Jawa (Tanda baca) • Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan tembung saroja dan tembung
camboran.
• Siswa
membuat contoh tembung saroja dan tembung camboran kemudian diterapkan dalam
kalimat.
• Siswa
menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa. o Menulis kalimat dengan menggunakan
tembung saroja dan tembung camboran.
o Menulis
kalimat sederhana dengan huruf Jawa. Tes tulis
Portofolio Tes
uraian
Dokumen pekerrjaan siswa 1. Nggawea tuladha (lima wae) tembung saroja
banjur gawenen ukara sing trep!
2. Nggawea tuladha
(lima wae) tembung camboran banjur gawenen ukara sing trep!
3. Ukara iki tulisen
ngango aksara Jawa!
a. Sapa sing
gagah prskosa.
b. Sekti
mandraguna.
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
6” Penerbit Yudhistira.
(hal. 7-9)
5.1. Mengapresiasi cerita / dongeng Teks cerita/dongeng • Siswa membaca cerita/dongeng dari
berbagai media (cerita/ dongeng yang ada di buku) kemudian menuliskan nama-nama
tokoh beserta perwatakannya dalam cerita tersebut.
• Siswa
menuliskan pesan atau nilai yang terkandung dalam cerita/dongeng. o Menyebutkan
tokoh dan pesan yang dapat diambil dari cerita/dongeng. Tes unjuk kerja
Portofolio Tes simulasi
Dokumen pekerjaan siswa 1. Wacanen crita ing bukumu banjur wangsulana
pitakon ngenani isine wacan!
2. Tulisen para
paragane!
3. Pitutur apa wae
kang kinandhut jroning wacan!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
6” Penerbit Yudhistira.
(hal. 10-11)
SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 1"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan