INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 1

          S I L A B U S   (1)

 

Sekolah                :               SD / MI .................................

Mata Pelajaran :               Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester                :               VI / 1

 

Standar Kompetensi       :               1.            Medengarkan:

                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                2.            Berbicara:

                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                3.            Membaca:

                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                4.            Menulis:

                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                5.            Apresiasi Sastra:

                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

1.1. Mendengarkan pembacaan teks      Teks bacaan

Tentang ”Kepahlawanan”            •             Siswa mendengarkan pembacaan teks wacana tentang ”kepahlawanan sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.

•             Siswa mencatat nama tokoh utama beserta perwatakannya dalam sebuah wacana yang didengarkannya.

•             Siswa mengungkapkan kembali isi wacana dengan bahasanya sendiri.    o             Menyebutkan tokoh utama dan wataknya.

o             Mengungkapkan kembali isi bacaan dalam ragam bahasa tertentu.

                Tes unjuk kerja Tes simulasi

Uji petik kerja hasil          1.   Rungokna pamacane wacan bab kepahlawanan banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!

2.   Tulisen wewatakane tokoh jroning wacan sing mentas kokrungokake!

3.   Critakna isine wacan nganggo basamu dhewe!

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

6” Penerbit Yudhistira.

(hal. 2-3)

 

2.1. Bermain peran

2.2. Unggah-ungguh basa dalam percakapan       Teks percakapan

Basa ngoko/krama          •             Siswa memperhatikan teks wacana percakapan untuk mengetahui isi dan perwatakan dari tokoh yang ada dalam teks.

•             Siswa bermain peran berdasarkan isi teks dialog yang ada di buku.           o             Bermain peran berdasarkan teks dialog (percakapan).

o             Menggunakan unggah-ungguh basa dalam percakapan.                Tes unjuk kerja Tes simulasi

Uji petik kerja hasil          1.   Praktekna teks pacelathon sing ana ing bukumu kanthi lagu lan pocapan sing trep!

2.   Nggawea teks pacelathon banjur praktekna karo kancamu!  2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

6” Penerbit Yudhistira.

(hal. 4-5)

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

                                •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.

•             Siswa menggunakan basa ngoko dan krama untuk percakapan.                                                 3.  Omong-omongana karo kancamu sarana ngecakake unggah-ungguh basa sing bener!

 

(Materi lihat di buku)                    

3.1. Membaca pemahaman         Teks bacaan       •             Siswa memperhatikan temannya yang sedang membaca wacana sambil mencatat dan menandai bagian-bagian yang dianggap penting.

•             Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan wacana.

•             Siswa menyimpulkan isi wacana.               o             Menjawab pertanyaan bacan.

o             Menyimpulkan isi bacaan.            Tes unjuk kerja

 

 

Tes tulis                Tes simulasi

Uji petik kerja hasil

 

Tes uraian           1.   Wacan ing bukumu wacanen sing setiti banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan

2.   Wedharna miturut panemumu kepriye tokoh sing dicritakake ing wacan!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

6” Penerbit Yudhistira.

(hal. 6-7)

 

4.1. Menulis kalimat        Tembung Saroja dan tembung Camboran.

Tulisan huruf Jawa (Tanda baca)                •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan tembung saroja dan tembung camboran.

•             Siswa membuat contoh tembung saroja dan tembung camboran kemudian diterapkan dalam kalimat.

•             Siswa menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa.    o             Menulis kalimat dengan menggunakan tembung saroja dan tembung camboran.

o             Menulis kalimat sederhana dengan huruf  Jawa.               Tes tulis

 

Portofolio            Tes uraian

 

Dokumen pekerrjaan siswa         1.   Nggawea tuladha (lima wae) tembung saroja banjur gawenen ukara sing trep!

2.   Nggawea tuladha (lima wae) tembung camboran banjur gawenen ukara sing trep!

3.   Ukara iki tulisen ngango aksara Jawa!

      a. Sapa sing gagah prskosa.

      b. Sekti mandraguna.

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

6” Penerbit Yudhistira.

(hal. 7-9)

 

5.1. Mengapresiasi cerita / dongeng        Teks cerita/dongeng      •             Siswa membaca cerita/dongeng dari berbagai media (cerita/ dongeng yang ada di buku) kemudian menuliskan nama-nama tokoh beserta perwatakannya dalam cerita tersebut.

•             Siswa menuliskan pesan atau nilai yang terkandung dalam cerita/dongeng.          o             Menyebutkan tokoh dan pesan yang dapat diambil dari cerita/dongeng.  Tes unjuk kerja

 Portofolio           Tes simulasi

 

 

Dokumen pekerjaan siswa          1.   Wacanen crita ing bukumu banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!

2.   Tulisen para paragane!

3.   Pitutur apa wae kang kinandhut jroning wacan!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

6” Penerbit Yudhistira.

(hal. 10-11)

 


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 6 Semester 1"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan