Contoh Pengolahan Hasil Asesmen dalam Satu Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
Contoh Pengolahan Hasil Asesmen dalam Satu Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
Pengolahan hasil asesmen pada Kurikulum Merdeka dilakukan dengan menganalisis secara kuantitatif dan/atau kualitatif terhadap hasil asesmen.
Hasil asesmen untuk setiap Tujuan Pembelajaran diperoleh melalui data kualitatif (hasil amatan atau rubrik) maupun data kuantitatif (berupa angka).
Data-data ini diperoleh dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, baik pada capaian pembelajaran di akhir fase, maupun tujuan-tujuan pembelajaran turunannya.
Asesmen sumatif dilaksanakan secara periodik setiap selesai satu atau lebih tujuan pembelajaran. Hasil asesmen perlu diolah menjadi capaian dari tujuan pembelajaran setiap peserta didik.
Pendidik dapat menggunakan data kualitatif sebagai hasil asesmen tujuan pemeblajaran peserta didik. Namun, dapat juga menggunakan data kuantitaif dan mendsikripsikannya secara kualitatif. Pendidik diberi keleluasaan untuk mengolah data kuantitatif, baik secara rerata maupun proporsional.
Contoh:
Pendidik telah melaksanakan asesmen untuk salah satu tujuan pembelajaran mata pelajaran IPAS Fase C: Menyelidiki ragam sumber energi yang dapat dimanfaatkan di lingkungan sekitar, dengan indikator terdiri atas:
1. mampu menguraikan manfaat sumber energi; dan
2. mampu melakukan pengamatan sesuai prosedur.
Indikator :
1. menggunakan teknik tes tertulis pilihan ganda atau essay, indikator
2. menggunakan unjuk kerja.
Hasil asesmen sumatif peserta didik dipetakan ke dalam empat kualitas, yaitu :
1. perlu bimbingan,
2. cukup,
3. baik, dan
4. sangat baik.
Pendidik juga dapat menentukan angka kuantitatif pada setiap kualitas yang disajikan, misalnya untuk :
1. kriteria perlu bimbingan antara 0-60,
2. kriteria cukup antara 61-70,
3. kriteria baik antara 71-80, dan
4. sangat antara 81-100.
Dengan demikian, rubrik penilaiannya dapat ditunjukkan pada tabel di bawah ini.
Tabel rubrik tujuan pembelajaran: Menyelidiki ragam sumber energi yang dapat dimanfaatkan di lingkungan sekitar.
Bukti (evidence) Tujuan Pembelajaran | Perlu Bimbingan (0 – 60) | Cukup (61 – 70) | Baik (71 – 80) | Sangat Baik (81 – 100) |
1. Mampu menguraikan manfaat sumber energi | Belum mampu menguraikan manfaat sumber energi | Menguraikan 1 contoh manfaat sumber energi | Menguraikan 2 contoh manfaat sumber energi | Menguraikan lebih dari 2 contoh manfaat sumber energi |
2. Mampu melakukan pengamatan sesuai prosedur | Memerlukan bimbingan dalam melakukan prosedur pengamatan | Memerlukan bimbingan dalam melakukan prosedur pengamatan | Melakukan prosedur pengamatan secara mandiri dengan tepat | Mampu mengarahkan teman yang lain dalam melakukan prosedur pengamatan |
Pendidik menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran pada kualitas yang diyakininya, misalkan pada kualitas cukup, peserta didik dianggap telah mencapai kriteria ketercapaian kompetensi.
Berdasarkan hasil asesmen pilihan ganda/esai untuk indikator 1 dan unjuk kerja untuk indikator 2 yang telah dilaksanakan pendidik, untuk pengolahan hasil asesmen tujuan pembelajaran dapat disajikan seperti dalam tabel berikut ini.
Tabel hasil asesmen tujuan pembelajaran: Menyelidiki ragam sumber energi yang dapat dimanfaatkan di lingkungan sekitar.
Nama | Kualitas Bukti (evidence) 1 | Kualitas Kualitas Bukti (evidence) Indikator 2 | Deskripsi | Nilai |
Amar | Baik (75) | Cukup (69) | Mampu menguraikan 2 contoh manfaat sumber energi dan dapat melakukan prosedur pengamatan secara mandiri meskipun masih ditemukan 1 atau 2 kali kesalahan | 72 |
Badu | Perlu bimbingan (55) | Cukup (61) | Belum mampu menguraikan manfaat sumber energi tetapi dapat melakukan prosedur pengamatan secara mandiri meskipun masih ditemukan 1 atau 2 kali kesalahan | (59)* |
Candra | Sangat Baik (95) | Baik (75) | Mampu menguraikan lebih dari 2 contoh manfaat sumber energi serta dapat melakukan prosedur pengamatan secara mandiri dengan tepat | 87,5 |
Keterangan :
* Peserta didik belum memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
@Salam Website Nasty
0 Response to " Contoh Pengolahan Hasil Asesmen dalam Satu Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan