Contoh Soal Pretest PPG 2023 Kompetensi Pedagogik dan Kunci Jawaban
Contoh Soal Pretest PPG 2023 Kompetensi Pedagogik dan Kunci Jawaban
Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
Berikut ini
bagikan contoh soal pretest Pendidikan Profesi Guru PPG Tahun 2023 untuk
Kompetensi Pedagogik dan kunci jawabannya.
Pelaksanaan pretest merupakan tahap awal Pendidikan
Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan sebagai upaya untuk mengetahui capaian
kompetensi awal peserta PPG.
Soal pretest PPG terbagi dalam tiga bentuk, yaitu soal
tes Kompetensi Pedagogik, soal tes Kompetensi Kepribadian dan Sosial, serta
soal tes Kompetensi Profesional.
Hasil pretest PPG nantinya
akan digunakan sebagai pedoman pemetaan kompetensi guru untuk Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah
untuk menyiapkan guru-guru profesional.
Melalui Program PPG, diharapkan akan dihasilkan guru-guru yang
profesional dan memiliki kemampuan unggul untuk menghadapi pendidikan sesuai
tuntutan jaman.
Melalui Program Pendidikan Guru (PPG),
guru dapat menguasai kompetensi secara utuh sesuai dengan standar nasional
pendidikan, sehingga diperoleh Sertifikat Pendidik Profesional.
Program PPG diselenggarakan
oleh perguruan tinggi yang memiliki lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang
telah memenuhi persyaratan.
Tujuan
umum program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah
sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3,
yaitu untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan
pendidikan nasional.
Contoh
Soal Pretest PPG Tahun 2023 Kompetensi Pedagogik
Di
dalam membantu mempersiapkan diri menghadapi pretest PPG, di bawah ini
adalah contoh soal Kompetensi Pedagogik Pretest Program PPG tahun 2022
dan kunci jawabannya
Contoh soal Kompetensi Pedagogik Pretest Program PPG ini untuk memberikan gambaran bentuk soal pretest PPG
Dalam Jabatan, khususnya pada kompetensi pedagogik.
Kompetensi pedagogik merupakan
kemampuan guru dalam hal pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan
pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Indikator
pengukuran kompetensi pedagogik guru
berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 adalah
sebagai berikut.
1.
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial,
kultural, emosional, dan intelektual.
2.
Menguasai teori belajar dan prinsip–prinsip pembelajaran yang mendidik.
3.
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
3.
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik.
4.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan
penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.
5.
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan
berbagai potensi yang dimiliki.
6.
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
7.
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
8.
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
9.
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Soal
nomor 1
Kemampuan
berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika, tetapi masih terikat dengan
objek-objek yang bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak pada usia
….
A. 0
– 2 tahun
B. 2
– 7 tahun
C. 7
– 12 tahun
D. 12
– 15 tahun
Soal
nomor 2
Menggunakan
potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran
IPA dan IPS sebagai media pembelajaran adalah sesuai dengan tahapan
perkembangan berpikir anak yang dikenal dengan tahapan ….
A.
sensori motorik
B.
pre operasional
C.
operasional konkrit
D.
operasional formal
Soal
nomor 3
Individu
memandang apa yang diharapkan keluarga, kelompok, masyarakat, dan bangsa serta
mendukung aturan sosial tidak hanya untuk ketenangan, tetapi disadari sebagai
sesuatu yang berharga.
Pernyataan
tersebut merupakan tahapan perkembangan moral ….
A.
pre konvensional
B.
konvensional
C.
post konvensional
D.
interkonvensional
Soal
nomor 4
Masa
anak berusia 11 – 13 tahun (remaja awal) mencapai tahap perkembangan sosial
dengan kesadaran hubungan aku – engkau.
Perkembangan
pada tahapan ini berlangsung secara ….
A.
subjektif
B.
subjektif ke objektif
C.
objektif
D.
pra puber
Soal
nomor 5
Peserta
didik yang berusaha melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan berupa
tekanan-tekanan dan tuntutan lingkungan, belajar bergaul dan bertingkah laku
seperti orang lain, serta bertingkah lakun di dalam lingkungan sosio kultural
dikenal sebagai ….
A.
akulturasi
B.
akomodasi
C.
asimilasi
D.
sosialisasi
Soal
nomor 6
Seseorang
mampu mengerjakan tugas yang dibebankan kepada secara baik bahkan sempurna.
Kemampuan melakukan hal tersebut menumbuhkan kepercayaan diri yang bersangkutan
terhadap kecakapannya dalam menyelesaikan tugas.
Karakteristik
tersebut terjadi pada masa …
A.
kanak-kanak
B.
usia sekolah
C.
remaja
D.
dewasa muda
Soal
nomor 7
Sebagai
seorang guru, Pak Ali merusaha mencari informasi mengenai karakteristik setiap
siswanya. Pak Ali meyakini bahwa karakteristik siswa akan menjadi bahan dasar
yang memengaruhi prestasi belajar siswa.
Ilustrasi
tersebut merupakan deskripsi dari konsep …
A.
masukan dasar pembelajaran
B.
merencanakan pembelajaran
C.
masukan sarana pembelajaran
D.
masukan lingkungan pembelajaran
Soal
nomor 8
Salah
satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengetahui tingkatan
penguasaan kompetensi prasyarat siswa adalah ….
A.
melatih siswa mengerjakan soal ujian sekolah
B.
melakukan kegiatan post test
C.
melakukan ulangan harian secara tiba-tiba
D.
mengidentifikasi kemampuan awal siswa
Soal
nomor 9
Perhatikan
beberapa pernyataan berikut!
1.
Hindari pernyataan negatif yang dapat melemahkan gairah belajar
2.
Ciptakan suasana bersaing secara sehat
3.
Berikan hukuman yang berat atas kelalaian mengerjakan tugas
4.
Berikan penghargaan kepada siswa peraih nilai terbaik
Pernyataan
di atas yang merupakan upaya guru untuk mengatasi hambatan belajar karena
kurangnya motivasi ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 3
D. 3
dan 4
Soal
nomor 10
Perhatikan
beberapa pernyataan berikut!
1.
Situasi tidak kondusif yang dialami siswa
2.
Tingkat kecerdasan yang terbatas
3.
Bakat yang tidak sesuai dengan bidang tertentu
4.
Populasi siswa dalam kelas yang terlalu besar
Faktor
penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa ditunjukkan
oleh nomor ….
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 3
D. 3
dan 4
Soal
nomor 11
Berikut
ini upaya yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan perilaku positif terhadap
siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial adalah ….
A.
mewajibkan membeli Lembar Kerja Siswa (LKS)
B.
menerapkan hukuman untuk menanamkan ketaatan
C.
menjelaskan akibat dari perbuatan antisosial, seperti mencuri dan korupsi
D.
mengelompokkan perbedaan budaya di antara suku bangsa di Indonesia
Soal
nomor 12
Ibu
Anik mengajak siswanya untuk mengamati tanaman jagung yang siap dipanen muda.
Selanjutnya, Ibu Anik memeriksa laporan hasil pengamatan siswa yang dilakukan
secara berkelompok. Ternyata, teknik observasi di luar kelas tersebut
menunjukkan hasil belajar siswa yang optimal.
Hal
ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kecenderungan gaya belajar yang lebih baik
melalui ….
A.
visual – auditif
B.
visual – kinestetis
C.
auditif – kinestetis
D.
auditif, visual, dan kinestetis
Soal
nomor 13
Beberapa
siswa menunjukkan kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal dengan cepat,
akan tetapi hasil yang diperoleh tidak maksimal. Gaya belajar siswa tersebut
dinamakan gaya ….
A.
impulsif
B.
reflekrif
C.
berpikir terikat
D.
berpikir bebas
Soal
nomor 14
Salah
satu ciri belajar rekonstruksionisme adalah ….
A.
pembelajaran mengutamakan kondisi lingkungan
B.
guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
C.
pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit
D.
kegiatan pembelajaran dipilih atas dasar minat siswa
Soal
nomor 15
Perhatikan
beberapa ciri pembelajaran berikut!
1.
Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2.
Pembelajaran mengutaman pemberian rangsangan (stimulus)
3.
Pengetahuan ditemukan sendiri melalui pengalaman belajar
4.
Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Ciri-ciri
teori belajar tingkah laku (behavioristik) ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1
dan 2
B. 2
dan 3
C. 1
dan 3
D. 3
dan 4
Soal
nomor 16
Guru
memberikan kebebasan secara luas kepada siswa untuk menentukan apa yang ingin
dipelajari pada sumber belajar yang tersedia.
Pernyataan
tersebut merupakan ciri dari teori belajar ….
A.
behavioristik
B.
konstruktivisme
C.
humanisme
D.
gestalt
Soal
nomor 17
Siswa
menentukan kategori untuk mengelompokkan objek sesuai perbedaan yang nyata
berdasarkan karakteristik umumnya. Strategi belajar tersebut dikenal dengan
model ….
A.
berpikir induktif
B.
berpikir deduktif
C.
pencapaian konsep
D.
pemecahan masalah
Soal
nomor 18
Salah
satu teknik pembelajaran yang bersifat mengolah informasi adalah ….
A.
bermain peran
B.
pemecahan masalah
C.
berpikir induktif
D.
berpikir deduktif
Soal
nomor 19
Saling
bekerjasama dalam menganalisis permasalahan interpersonal dan mengembangkan
cara-cara demokratis untuk menghadapi situasi tertentu merupakan ciri dari
strategi pembelajaran ….
A.
bermain peran
B.
investigasi kelompok
C.
latihan laboratorium
D.
penelitian yurisprudensial
Soal
nomor 20
Pada
fase pertama, guru mendata bagian materi yang penting. Kemudian pada fase
kedua, guru membuat hubungan materi baru dengan kata-kata, gambar, dan gagasan.
Fase ketiga, guru membuat hubungan tersebut dengan cara yang menarik perhatian
siswa. Fase keempat (terakhir), siswa mengerjakan latihan.
Tahapan
pembelajaran tersebut merupakan startegi pembelajaran ….
A.
pengemas awal
b.
memorasi
C.
pencapaian konsep
D.
berpikir induktif
Soal
nomor 21
Upaya
guru untuk menyeting pembelajaran dengan memanfaatkan segala unsur yang ada di
kelas sebagai alat pembelajaran adalah ….
A.
memajang karya terbaik siswa pada dinding dalam kelas
B,
memajang gambar kota-kota besar di seluruh dunia
C.
menugaskan siswa memakai baju adat pada perayaan hari besar nasional
D.
menyiapkan media sederhana dan murah yang dibuat siswa dari rumah
Soal
nomor 22
Pak
Budi akan menyajikan materi pembelajaran tentang memahami simbol atau lambang,
seperti kata-kata, istilah, pengertian, dan peraturan.
Kegiatan
belajar yang dapat dilakukan guru untuk menyampaikan materi tersebut adalah ….
A.
siswa diminta mengenal dan mengulang hafalan informasi
B.
siswa dilatih memformulasikan informasi ke dalam rangkaian bermakna
C.
siswa dilatih memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah
D.
siswa dilatih menghapal simbol-simbol secara intensif
Soal
nomor 23
Kegiatan
guru memberikan penguatan berbentuk gesture dalam pembelajaran adalah ….
A.
memberikan hadiah kepada seluruh siswa karena hasil belajarnya meningkat
B.
mengangguk-anggukkan kepala pada siswa yang mampu menjawab benar
C.
menegur siswa yang salah dalam menjawab pertanyaan
D.
memberikan acungan jempol sebagai respon jawaban siswa
Soal
nomor 24
Upaya
guru untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam merefleksikan pengalaman
belajar yang dialaminya adalah dengan cara ….
A.
memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pembelajaran
B.
menggunakan pertanyaan terarah saat pembelajaran berlangsung
C.
mewawancarai siswa tentang masalah belajar yang dihadapi
D.
menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan belajarnya
Soal
nomor 25
Contoh
penilaian secara berkesinambungan yang dilakukan guru adalah ….
A.
penilaian terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas dan di luar kelas
B.
memberikan pre test maupun post test setiap akhir pembelajaran
C.
mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
D.
mengadakan ulangan harian secara tiba-tiba
Soal
nomor 26
Upaya
guru dalam membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, antara
lain ….
A.
memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
B.
melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
C.
melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D.
mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa
Soal
nomor 27
Salah
satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang
telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain ….
A.
guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan
peningkatan
B.
guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
C.
guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian
Nasional
D.
guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada
Soal
nomor 28
Hasil
analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat
digunakan guru untuk ….
A.
mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak pengalaman
B.
mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan
pembelajaran
C.
merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti
memiliki kelemahan
D.
melakukan latihan tambahan berupa test untuk siswa
Soal
nomor 29
Upaya
merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal
tampak dalam kegiatan guru, yaitu ….
A.
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang bereda
B.
memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.
memberian tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi
berikut instrumen testnya yang sesuai
D.
diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan
soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
Soal
nomor 30
Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar adalah ….
A.
proses pengajaran remidial pada dasarnya adalah pembelajaran biasa
B.
tujuan pengajaran remidial adalah sama dengan test diagnostik
C.
sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.
strategi yang dipilih hanya berbentuk test ulang
Soal
nomor 31
Salah
satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik terlihat dalam
kegiatan guru, yaitu ….
A.
membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remidial
B.
menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil
temuan analisis evaluasi belajar siswa
C.
menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan
rancangan
yang ada.
D.
merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
Soal
nomor 32
Upaya
guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain
adalah ….
A.
menentukan kriteria keberhasilan belajar
B.
mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C.
mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang
diharapkan
D.
merencanakan pengajaran remidi
Soal
nomor 33
Perhatikan
pernyataan-pernyatan berikut!
1.
Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2.
Menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar dijawab
siswa
3.
Menganalisis latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka
4.
Mengevaluasi sistem PBM secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis
penilaian belajar
Pernyataan
di atas yang merupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi
hasil belajar adalah ….
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 4
D. 3
dan 4
Soal
nomor 34
Upaya
untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru
adalah ….
A.
memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap siswa
dalam kegiatan di kelas
B.
melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas sangat positif
C.
merencanakan pembelajaran remidial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan
penilaian
non test
D.
melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas kurang baik
Soal
nomor 35
Penilaian
portofolio dapat dilaksankan dengan cara ….
A.
memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
B.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C.
mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik
oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat
kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajaran dan test remidial
REKOMENDASI KAMI :
- Latihan Soal Pretest PPG 2022 Model Pembelajaran Inovatif
- Latihan Soal Pretest PPG 2022 Kompetensi Kepribadian dan Sosial
- Kisi-kisi Soal Pretest PPG Dalam Jabatan 2023 Lengkap
- Download LENGKAP Modul PPGPersiapan PPG Dalam Jabatan 2022
- 50 Contoh Soal Pretest Kompetensi Pedagogik PPG 2023 dan Kunci Jawaban
Silakan unduh Kunci Jawaban Contoh Soal Pretest PPG Tahun 2022 Kompetensi Pedagogik dan Kunci Jawaban :
👉=======DOWNLOAD DISINI=======👈
Contoh soal pretest PPG kompetensi pedagogik lainnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.
- Contoh soal pretest PPG kompetensi pedagogik 1 – Unduh
- Contoh soal pretest PPG kompetensi pedagogik 2 – Unduh
- Contoh soal pretest PPG kompetensi pedagogik 3 – Unduh
Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih.
@Salam Website Nasty
0 Response to "Contoh Soal Pretest PPG 2023 Kompetensi Pedagogik dan Kunci Jawaban"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan