Contoh Soal Pretest PPG Tahun 2023 Kompetensi Kepribadian dan Sosial
Contoh Soal Pretest PPG Tahun 2023 Kompetensi Kepribadian dan Sosial
Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
Berikut ini dibagikan contoh Soal pretest Pendidikan Profesi Guru PPG tahun 2023
Kompetensi kepribadian dan sosial.
Contoh soal PPG ini untuk memberikan
gambaran bentuk soal pretest PPG, khususnya pada kompetensi kepribadian dan
kompetensi sosial guru.
Pelaksanaan pretest PPG merupakan tahap awal Pendidikan
Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan sebagai upaya untuk mengetahui capaian
kompetensi awal peserta PPG.
Soal pretest PPG terbagi dalam tiga bentuk, yaitu soal
tes Kompetensi Pedagogik, soal tes Kompetensi Kepribadian dan Sosial, serta
soal tes Kompetensi Profesional.
Hasil pretest PPG tersebut nantinya akan digunakan
sebagai pedoman pemetaan kompetensi guru untuk Program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB).
Program Pendidikan Profesi Guru
(PPG) adalah
salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menyiapkan guru-guru
profesional.
Melalui Program PPG diharapkan akan dihasilkan guru-guru
yang profesional dan memiliki kemampuan unggul untuk menghadapi pendidikan
sesuai tuntutan jaman.
Dengan mengikuti Program Pendidikan Guru (PPG), guru akan dapat
menguasai kompetensi secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan,
sehingga diperoleh Sertifikat Pendidik Profesional.
Program PPG diselenggarakan oleh
perguruan tinggi yang memiliki lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang
telah memenuhi persyaratan.
Tujuan umum program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah
sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3,
yaitu untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan
pendidikan nasional.
Contoh
Soal Pretest PPG Tahun 2023 Kompetensi Kepribadian dan Sosial
Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan
personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan
berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
Indikator pengukuran kompetensi kepribadian guru berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 adalah sebagai
berikut.
1. Bertindak sesuai dengan norma agama,
hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang
jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
3. Menampilkan diri sebagai pribadi yang
mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
4. Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang
tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
5. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
Beberapa contoh soal Kompetensi Kepribadian dan Sosial Pretest
PPG yang dibagikan ini sudah dilengkapi dengan kunci
jawabannya. Soal berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban.
Soal nomor 1
Kebijakan pemerintah dalam memberikan
kewenangan pada daerah untuk mengembangkan kurikulum di setiap daerahnya
masing-masing disebut ….
A. sentralistik
B. desentralistik
C. kompetensi
D. regulasi kurikulum
Soal nomor 2
Berikut ini adalah tugas
utama guru dalam membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan, kecuali ….
A. mengorganisasi bahan belajar
B. membantu siswa dalam memperoleh
pembelajaran baru
C. membantu siswa mengambil ingatan jangka
pendek dan jangka panjang
D. membantu siswa dalam menjawab soal saat
tes berlangsung
Soal nomor 3
Di dalam membina hubungan yang baik antara
guru dengan teman sejawat, guru harus ….
A. selalu memberikan sesuatu
B. selalu mengalah
C. berkomunikasi dengan baik
D. merasa lebih dari yang lain
Soal nomor 4
Berikut ini sifat
yang tidak menunjukkan kesejawatan dan persahabatan
yang dilakukan guru adalah ….
A. mau mendengarkan dan tidak mendominasi
B. bersikap akrab dan melebur
C. menghargai dan rendah hati
D. bersikap lebih pandai
Soal nomor 5
Kemampuan personal yang mencerminkan
kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan
bagi peserta didik, dan berakhlak mulia disebut kompetensi ….
A. pedagogik
B. sosial
C. kepribadian
D. profesional
Soal nomor 6
Berikut ini beberapa
landasan pendidikan yang harus dimiliki guru, kecuali ….
A. landasan filosofis
B. landasan yuridis
C. landasan sosiologis
D. landasan psikologis
Soal nomor 7
Pemecahan masalah yang bersifat ilmiah,
meliputi ….
A. pembatasan masalah, pengumpulan data,
pengetasan hipotesa, interpretasi hasil tes
B. pembatasan masalah, penyusunan hipotesa,
pengetasan hipotesa, interpretasi hasil tes
C. pembatasan masalah, penyusunan hipotesa,
pengumpulan data, pengetasan hipotesa, interpratasi hasil tes
D. pembatasan masalah , penyusunan hipotesa,
pengetasan hipotesa
Soal nomor 8
Kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat
untuk berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didik, sesama pendidik, orangtua
siswa, dan masyarakat disebut kompetensi ….
A. sosial
B. kepribadian
C. pedagogik
D. profesional
Soal nomor 9
Seringkali seorang guru harus menjalankan
tugas yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan
keterampilannya, maka ….
A. guru sebaiknya hanya bekerja bila sesuai
dengan pendidikan dan keterampilannya
B. guru melaksanakan setelah menyampaikan pada
pimpinan bahwa itu sebenarnya berada diluar bidang ilmu dan keterampilannya
C. guru akan menjalankan sepenuhnya sekalipun
harus menguatkan hati untuk melaksanakannya
D. guru menjalankan tugas dan mengagap
sebagai kesempatan untuk belajar pada bidang yang belum pernah digeluti.
Soal nomor 10
Terdapat lima kriteria penilaian teman
sejawat yaitu kejujuran, kedisiplinan, integritas, tanggugjawab dan
penampilan.
Supaya penilaian kepada teman sejawat yang
dilakukan objektif, maka yang dilakukan adalah .…
A. setiap aspek dinilai dulu untk semua
teman, misalnya aspek kejujuran dinilai dulu untuk semua teman baru aspek
kedisiplinan dan seterusnya
B. merangking aspek kejujuran dan rangking
pertama sebagai terakhir untuk semua teman kemudian dilanjutkan merangking
aspek kedisiplinan dan seterusnya
C. menilai satu persatu teman sejawat dengan
lima kriteria (kejujuran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, penampilan)
sekaligus
D. mendiskusikan dengan teman lain agar hasil
penilaian tidak tendensius dan dapat dipertanggungjawabkan
Soal nomor 11
Di dalam diskusi kelompok , saya biasanya
dikenal sebagai individu yang ….
A. sulit menerima pendapat orang lain yang
kurang logis
B. membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan
saya sebelum menerima pendapat orang lain.
C. dapat menerima pendapat orang lain asalkan
tidak terlalu bertentangan dengan pendapat saya
D. mampu memahami perbedaan dalam berpendapat
Soal nomor 12
Siswa peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN)
dari sekolah anda gagal meraih skor tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai
pendamping OSN apa yang anda lakukan adalah ….
A. merencanakan, menyiapkan, dan
menyelenggarakan latihan lebih intensif bagi peserta untuk mengikuti OSN pada
waktu berikutnya
B. meminta pada peserta OSN membentuk
kelompok belajarmateri OSN agar penguasaannya meningkat
C. meminta alumni OSN untuk mengajar para
peserta tentang cara menjawab soal OSN
D. mendorong para peserta OSN mengikuti
tambahan pengayaan materi olimpiade dari guru kelas
Soal nomor 13
Berdasarkan introspeksi dan pendapat teman
sesame guru, pribadi yang mencerminkan saya adalah ….
A. orang yang sulit untuk mengapresiasi
perbedaan cara siswa dalam menyelesaikan soal karena membuat bingung orang lain
B. orang yang dapat mengapreseasi perbedaan,
namun hanya untuk hal-hal yang hanya dapat dipahaminya saja
C. orang yang dapat mengapreseasi keberagaman
dan memiliki keberanian untuk berpendapat untuk setiap perlaku yang tidak
toleran
D. orang yang terbuka denga masukan atas
prinsip dan keyakinan diri, serta siap mengupayakan kompromi dengan orang lain
Soal nomor 14
Seringkali dalam bekerja tim, kelompok
memiliki pandangan yang bertentangan dengan pendapat Anda.
Pernyataan yang paling menggambarkan reaksi
anda adalah .…
A. keluar dari kelompok, karena saya tidak
bias menerima keputusan yang bertentangan dengan keyakinan
B. tetap bergabung dengan kelompok, namun
diam-diam mengharapkan kelompok gagal menjalankan apa yang anda putuskan
C. menerima keputusan kelompok apa adanya,
namun tetap bersikap kritis terhadap keputusan yang telah diambil
D. menerima sepenuhnya keputusan kelompok,
dan melakukan introspeksi apabila ada pandangan pribadi yang keliru
Soal nomor 15
Sikap Anda terhadap guru yang melakukan
pembelajaran dengan model ancaman dan pemaksaan kepada peserta didik agar
berprestasi unggul adalah ….
A. sangat tidak setuju dengan tindakan guru
tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi unggul siswa
B. tidak setuju terhadap model tersebut yang
digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi unggul siswa
C. cukup setuju dengan tindkan yang dilakukan
oleh guru tersebut untuk meningkatkan prestasi unggul siswa
D. setuju dengan kegiatan pembelajaran yang
dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi unggul siswa
Soal nomor 16
Pada saat rapat desa yang dipimpin oleh
kepala desa sedang mengidentifikasi program desa yang akan didanai melalui dana
desa. Sebagai guru, program yang akan anda usulkan adalah ….
A. membangun fasilitas umum untuk
memfasilitasi anak usia dini karena di desa itu belum ada fasilitas PAUD
B. perbaikan jalan antar dusun agar
transportasi lancar, karena jalan di dusun tidak dapat dilewati kendaraan roda
empat
C. memberi beasiswa bagi anak kurang mampu
agar dapat melanjutkan studi sampai pendidikan tinggi
D. pemberian modal usaha dan pelatihan
kewirausahaan bagi keluarga miskin di desa itu agar kemiskinan menjadi
berkurang
Soal nomor 17
Karena terbiasa bekerja cepat dan teratur,
Anda sering memiliki siswa waktu setelah mengajar. Anda melihat ada teman yang
sedang kerepotan mengerjakan sesuatu yang harus segera diselesaikan.
Tindakan yang mencerminkan diri Anda adalah
.…
A. jika diminta untuk membantu maka
saya tidak akan bersedia karena takut salah
B. meminta teman itu untuk istirahat, dan
menggantikan dia untuk menyelesaikan pekerjaannya
C. memahami kesulitan teman itu, dan siap
membantu ketika teman itu meminta bantuan saya
D. segera menawarkan bantuan untuk
menyelesaikan pekerjaan itu karena ia memang perlu dibantu
Soal nomor 18
Anda ditugaskan di sekolah yang kurang maju,
ditandai dengan kegiatan pembelajaran yang tidak optimal. Media dan sumber
belajar yang minim, serta kemandirian belajar siswa yang rendah.
Upaya yang Anda lakukan untuk menghadapi hal
tersebut adalah ….
A. berusaha sekuat tenaga dan fikiran untuk
menemukan cara-cara baru memajukan sekolah
B. mengusulkan kepada dinas pendidikan agar
mengutamakan program peningkatan kemajuan sekolah
c. meminta kepala sekolah dan para guru untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran d sekolah
d. mengajak partisipasi komite sekolah untuk
pengadaan media dan sumber belajar yang diperlukan sekolah
Soal nomor 19
Kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut
tidak mudah didapatkan. Seandainya Anda mendapatkan kesempatan itu, nilai yang
paling penting adalah ….
A. pengembangan wawasan melalui belajar
B. pengembangan diri sebagai guru yang dapat
bermanfaat untuk orang lain.
C. pengembangan jejaring sosial yang
bermanfaat kelak bagi pekerjaan
D. peningkatan kecakapan dalam melaksanakan
tugas di tempat kerja
Soal nomor 20
Seorang siswa ketahuan membawa handphone ke
sekolah. Padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta
aturan untuk tidak membawa handphone ke sekolah.
Sebagai guru yang berkewajiban memberikan
pendidikan, tindakan Anda adalah ….
A. memanggil siswa dan menasehatinya agar dia
tidak membawa handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu
konsentrasi belajarnya
B. segera menyampaikan hal ini pada wali
kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk memperoleh penanganan lebih
lanjut
C. akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa
tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan
sebelum bel masuk kelas dan menyita HP untuk sementara waktu
D. menemui siswa yang membawa handphone saat
di sekolah maupun di kelas serta memberikan teguran langsung dengan harapan
tidak mengulangi pelanggaran tersebut
Soal nomor 21
Siswa berasal dari berbagai latar belakang
yang berbeda mencakup budaya, nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat
penghasilan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya
adalah .…
A. mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi
serta latar belakang yang sama
B. menampilkan sikap yang wajar terhadap
perbedaan-perbedaan pemikiran, dan perilkau anak didiknya
C. peka terhadap perbedaan dan berperan
menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan yang lainnya
D. berpandangan bahwa segala perbedaan siswa
merupakan fakta yang tidak dapat dihindari
Soal nomor 22
Terdapat peserta didik yang mengadu kepada
guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota
yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam
jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas.
Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut,
yang akan Anda lakukan adalah ….
A. memberikan hukuman kepada seluruh anggota
piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas
yang menjadi tanggung jawabnya
B. melakukan evaluasi keterlibatan siswa
terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar
menjadi perhtian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut
C. memberikan teguran kepada siswa yang tidak
mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak
terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya
D. memfasilitasi pertemuan bersama agar
terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehingga semua
anggota menyadari tugas masing-masing
Soal nomor 23
Seorang guru mendapati beberapa siswa yang
belum mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan
tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain. Sebagai seorang guru, yang
Anda lakukan adalah ….
A. memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan
mengajarkan pada siswa tentang bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta
bertanggung jawab pada tugas yang diberikan
B. mendorong siswa untuk segera menyelesiakan
tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan
belum mengumpulkan
C. memberikan toleransi tambahan waktu agar
siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya
D. tetap meminta tugas yang telah diberikan
dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk
memberikan efek jera pada siswa
Soal nomor 24
Saya adalah orang yang menjunjung tinggi apa
yang telah menjadi prinsip yang saya katakan. Seandainya saya menerima sebuah
tugas yang tidak sesuai dengan prinsip saya, hal yang akan saya lakukan adalah
…
A. menyalurkan pikiran dan perasaan negatif
pada sasaran lain
B. mengungkapkan dan mendiskusikan pikiran
dan perasaan itu dengan pimpinan
C. mengalihkan perasaan, pikiran, dan
perhatian pada hal lain yang bermanfaat
D. mengungkapkan pikiran dan perasaan pada
orang terdekat yang ada di lingkungan kerja
Soal nomor 25
Guru banyak menggunakan ceramah dalam
kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi
tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi
tersebut, cara Anda menyelesaikannya adalah dengan ….
A. memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai
media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa
B. menugaskan siswa membuat media dan sumber
belajar yang menunjang topic pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas
C. bekerja sama dengan orangtua/wali murid
untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar
D. meminta siswa untuk belajar di kelas
dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi
Soal nomor 26
Tugas di sekolah, di rumah, dan di lingkungan
sosial silih berganti. Satu tugas belum selesai dikerjakan, tugas berikutnya
sudah menunggu. Di dalam situasi seperti itu, reaksi Anda adalah ….
A. ingin mengerjakans eluruh tugas, meskipun
biasanya justru menjadi berantakan semua
B. bekerja satu persatu, itu lebih baik
daripada tugas tidak tertangani sama sekali atau meninggalkan tugas
C. hal yang penting adalah semua tugas
terselesaikan karena soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada
situasi
D. bekerja dengan cepat, semua tugas
terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas sesuai rencana dan waktunya
Soal nomor 27
Ketika anda tahu ada siswa berbeda agama
tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang dianggap sangat penting karena
menyiapkan kegiatan ritual keagamaannya, maka yang sebaiknya Anda lakukan
adalah .…
A. tetap meminta siswa tersebut mengikuti
pelajaran tambahan
B. memberi nasehat kepada siswa tersebut
untuk mengganti jadwal ritual keagamaannya
C. memberi nasehat bahwa pelajaran tambahan
itu penting dan menyerahkan keputusannya kepada siswa tersebut, apakah akan
mengikuti atau tidak
D. memperbolehkan siswa tersbut tidak
mengikuti pelajaran tambahan dan memberi kesempatan untuk bertanya atau
mengikuti jadwal kelas yang lain
Soal nomor 28
Terdapat siswa yang menunjukkan kurang
bergairah belajar di kelas anda. Terkait dengan hal itu, tindakan yang Anda
lakukan sebagai guru adalah ….
A. membiarkan saja karena sangat mungkin
siswa tersebut tidak berminat pada mata pelajaran
B. mengingatkan, tetapi apabila tidak ada
kemajuan abaikan saja, dan focus pada siswasiswa lain yang menunjukkan kemajuan
C. membangkitkan semangat siswa itu untuk belajar,
walaupun kemajuannya sedikit
D. memahami kondisi siswa tersebut, berusaha
terus menemukan cara membangkitkan semanagt belajaranya
Soal nomor 29
Apabila Anda sebagai guru menemukan peserta
didik mengalami kesulitan memahami materipelajaran yang diberikan, tindakan
yang akan Anda lakukan adalah ….
A. memindahkantempat duduk peserta didik ke
meja yang paling depan
B. mengulangi penjelasan bahan ajar kepada
seluruh peserta didik
C. memberikan bantuan belajar kepada peserta
didik yang bersangkutan
D. menugaskan seluruh peserta didik membaca
buku sumber
Soal nomor 30
Jika peserta didik tidak memberikan jawaban
atas pertanyaan yang Anda sajikan, maka yang Anda lakukan sebagai guru adalah
….
A. menunjuk peserta didik lain untuk menjawab
pertanyaan tersebut
B. memberikan kritik agar peserta didik
berusaha menjawab walaupun salah
C. menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah
dipahami peserta didik
D. menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
REKOMENDASI KAMI :
- Latihan Soal Pretest PPG 2022 Model Pembelajaran Inovatif
- Latihan Soal Pretest PPG 2022 Kompetensi Pedagogik
- Download LENGKAP Modul PPGPersiapan PPG Dalam Jabatan 2022
- 50 Contoh Soal Pretest Kompetensi Pedagogik PPG 2023 dan Kunci Jawaban
Silakan unduh Kunci Jawaban Soal Pretest PPG Tahun 2023 Kompetensi Kepribadian dan Sosial :
👉=======DOWNLOAD DISINI=======👈
Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih.
@Salam Website Nasty
0 Response to "Contoh Soal Pretest PPG Tahun 2023 Kompetensi Kepribadian dan Sosial"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan