INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Paparan Sosialisasi Pengelolaan dan Penatausahaan Ijazah SMA 2023

Paparan Sosialisasi Pengelolaan dan Penatausahaan Ijazah SMA 2023

Berikut ini adalah paparan sosialisasi pengelolaan dan penatausahaan Ijazah SMA Tahun 2023 yang diterbitkan oleh Direktorat SMA, Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek.

Paparan sosialisasi pengelolaan dan penatausahaan Ijazah SMA ini untuk memberikan informasi mengenai Penatausahaan Ijazah Berbasis Digital menggunakan Sistem Manajemen Ijazah dan Sarana Prasarana (SIMASPRAS).



Isu-isu Ijazah

a. Tanda tangan dan stempel

b. Ijazah hilang

c. Blangko rusak

d. Pemusnahan blangko

e. Kesalahan tulis

f. Penyetaraan ijazah


Pengadaan dan Pendistribusian Blangko Ijazah 2023

Direktorat SMA telah melakukan pengadaan dan pendistribusian blangko ijazah ke seluruh
Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota di wilayah Papua.

Dasar Hukum

Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 004/H/EP/2023 tentang Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2022/2023, dan perubahannya pada Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/H/EP/2023.

Prinsip Pengelolaan Blangko Ijazah

a. Kehati-hatian.

b. Akuntabel

c. Efisien

d, Efektif

Pengelolaan Ijazah 2023

1. Jumlah Blangko

Total blangko ijazah yang didistribusikan oleh Direktorat SMA sebanyak 1.648.690, dengan cadangan sebesar 1.5% dari jumlah peserta didik.

2. Penatausahaan

Dinas Pendidikan dan Satuan Pendidikan melakukan penatausahaan atas blangko ijazah yang dikelola.

3. Pemusnahan

Dinas Pendidikan melaksanakan pemusnahan blangko ijazah yang rusak / salah tulis / sisa paling lambat tanggal 31 Desember 2023,

Penatausahaan Ijazah

Setelah blangko ijazah didistribusikan, Dinas Pendidikan dan Satuan Pendidikan wajib melakukan penatausahaan terhadap blangko ijazah yang dikelola.

Penatausahaan Ijazah oleh Dinas Pendidikan : Dinas Pendidikan melakukan penatausahaan terhadap seluruh blangko ijazah yang didistribusikan kepada sekolah.

Penatausahaan Ijazah oleh Sekolah : Sekolah melakukan penatausahaan ijazah untuk
selanjutnya dilaporkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota (wilayah Papua)

Kondisi Penatausahaan Ijazah

Kondisi sebelumnya

a. Proses pendistribusian blangko ijazah ke daerah terlambat.

b. Penatausahaan Ijazah berbasis manual, baik manual di buku maupun maupun dispreadsheet kemudian dicetak

c. Data pengelolaan blangko ijazah yang meliputi : blangko terpakai, blangko rusak, maupun blangko yang sisa tidak terekap secara nasional.

Ke Depannya

a. Pendistribusian ijazah dilaksanakan tepat waktu.

b. Metode penatausahaan ijazah akan terstandar, sehingga data akan terhimpun dengan baik dengan memanfaatkan sistem/aplikasi.

c. Metode penatausahaan ijazah akan terstandar, sehingga data akan terhimpun dengan baik dengan memanfaatkan sistem/aplikasi.

Solusi

Direktorat SMA berupaya menghadirkan sistem yang dapat mengatasi masalah penatausahaan ijazah. Sistem Manajemen Sarana Prasarana (SIMASPRAS) dikembangkan untuk meningkatkan layanan Direktorat SMA, terkait dengan pengelolaan bantuan pemerintah. Saat ini dalam proses pengembangan untuk penatausahaan ijazah.

SIMASPRAS dikembangkan oleh Direktorat SMA bekerja sama dengan Pusdatin, Tim Dapodik, dan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Pusdatin Kemendikbudristek mendukung pengembangan SIMASPRAS mulai dari proses pengembangan, pengujian keamanan, hingga penyediaan server yang mampu melayani seluruh
stakeholder.

SIMASPRAS telah menggunakan DAPODIK sebagai data dan akses utama. Untuk login ke sistem, sekolah menggunakan Akun Dapodik Sekolah.

SIMASPRAS menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang disediakan oleh Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara untuk menandatangani dokumen (MoU, BAST, dll). Pada tahun 2023, server SIMASPRAS telah bermigrasi ke serves Pusat Data Nasional (PDN) yang dikelola oleh Kemenkominfo.

Paparan Sosialisasi Pengelolaan dan Penatausahaan Ijazah SMA Tahun 2023 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Selengkapnya untuk mendapatkan file FILE KLIK :

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Paparan Sosialisasi Pengelolaan dan Penatausahaan Ijazah SMA 2023"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan