INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Perkembangbiakan Tumbuhan Biji Terbuka (Gymnospermae)

Perkembangbiakan Tumbuhan Biji Terbuka (Gymnospermae)

Gymnospermae berasal dari dua kata, yaitu gymnos dan spermae. Gymnos berarti terbuka dan spermae artinya biji. Oleh karena itu, Gymnospermae (tumbuhan biji terbuka) adalah tumbuhan yang memiliki ciri, yaitu bijinya tidak tertutup kulit buah.

Tumbuhan Gymnospermae tidak memiliki bunga. Meskipun tidak memiliki bunga, tumbuhan Gymnospermae memiliki strobilus atau runjung sebagai alat reproduksi seksual.

Strobilus dibedakan menjadi dua, yaitu strobilus jantan dan strobilus betina. Pada beberapa jenis Gymnospermae, ada yang memiliki strobilus jantan dan strobilus betina dalam satu pohon, misalnya melinjo dan pinus.

Ada juga jenis Gymnospermae yang memiliki strobilus jantan dan strobilus betina secara terpisah atau tidak dalam satu pohon, misalnya pakis haji.

Organ Reproduksi Tumbuhan Berbiji Terbuka

1. Strobilus Jantan

Pada strobilus jantan terdapat mikrosporangia (ruang-ruang spora). Di dalam sporangia, sel-sel akan mengalami pembelahan meiosis dan menghasilkan mikrospora (spora jantan).

2. Strobilus Betina

Pada strobilus betina tersusun dari banyak megasporofil (daun penghasil megaspora). Tiap megasporofil memiliki dua bakal biji yang masing-masing berisi megasporangium (kotak spora).

Sel dalam megasporangium akan mengalami pembelahan meiosis dan menghasilkan megaspora (spora betina). Inti megaspora selanjutnya mengalami meoisis membentuk sel telur.


Perkembangbiakan Tumbuhan Biji Terbuka (Gymnospermae)

Siklus hidup Gymnospermae dimulai ketika serbuk sari menempel pada liang bakal biji. Di dalam bakal biji terdapat cairan yang akan menangkap serbuk sari.

Sistem Reproduksi Tumbuhan Berbiji Terbuka

Serbuk sari akan dapat masuk ke dalam bakal biji jika cairan tersebut menguap dan terjadilah pembuahan. Proses pembuahan inilah yang disebut dengan reproduksi generatif.

Selain bereproduksi secara generatif, tumbuhan Gymnospermae juga bereproduksi secara vegetatif. Sebagai contoh, tumbuhan pakis haji dapat bereproduksi dengan menggunakan tunas yang disebut bulbil. Sedangkan tumbuhan pinus dapat berkembang biak dengan menggunakan tunas akar.


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Perkembangbiakan Tumbuhan Biji Terbuka (Gymnospermae)"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan