INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Tujuan Refleksi dan Evaluasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Tujuan Refleksi dan Evaluasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Pembelajaran merupakan salah satu bentuk program, karena pembelajaran yang baik memerlukan perencanaan yang matang. Selain itu, pelaksanaan program pembelajaran juga perlu melibatkan berbagai pihak serta memiliki keterkaitan antara kegiatan pembelajaran yang satu dengan kegiatan pembelajaran lainnya.

Muara dari program pembelajaran adalah pencapaian visi dan misi satuan pendidikan, sehingga setiap program pembelajaran pada satuan pendidikan memerlukan refleksi dan evaluasi agar diketahui tingkat ketercapaiannya.

Melalui refleksi dan evaluasi akan diketahui program yang sudah terealisasi dan program yang belum terealisasi beserta kendala yang dihadapi. Di dalam Kurikulum Merdeka, refleksi dan evaluasi menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan. Refleksi berkaitan dengan penilaian atau pun umpan balik setelah melakukan proses pembelajaran dalam waktu tertentu.


Tujuan Refleksi dan Evaluasi Pembelajaran

Di dalam Kurikulum Merdeka, pembelajaran akan lebih berfokus pada peserta didik (student center). Segala hal mengenai pembelajaran harus menyesuaikan kebutuhan peserta didik. Untuk itu guru juga harus memenuhi segala kebutuhan peserta didik tersebut.

Guru juga harus melakukan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengatasi kebutuhan pembelajaran dari peserta didik. Oleh sebab itu pembelajaran ini sangat mementingkan kebutuhan peserta didik untuk mencapai makna belajar yang maksimal.

Implementasi kurikulum merdeka tersebut juga membutuhkan berbagai hal seperti kerja sama dari berbagai guru dan juga pihak di satuan pendidikan. Proses pembelajaran pada kurikulum merdeka sangatlah penting untuk direncanakan.

Kurikulum Merdeka tersebut harus dapat membuat peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila adalah cerminan dari siswa yang memiliki nilai nilai Pancasila dan belajar secara berkelanjutan.

Refleksi dan Evaluasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka
Refleksi dan Evaluasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Hal tersebut juga merupakan tujuan dari kurikulum merdeka yang membuat peserta didik mampu bersaing secara global tetapi masih memiliki nilai nilai sesuai dengan Pancasila. Untuk hal tersebut tujuan dari kurikulum merdeka akan sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Didalam mencapai tujuan tersebut, maka proses pembelajaran perlu adanya refleksi dan evaluasi pembelajaran di kurikulum merdeka. Refleksi dan evaluasi pembelajaran tersebut diperlukan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Refleksi bertujuan untuk melihat kembali proses pembelajaran yang telah dilakukan secara lebih detail. Peninjauan tersebut selanjutnya digunakan sebagai data untuk melakukan evaluasi pembelajaran.

Refleksi menjadi kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kegiatan evaluasi berlanjut dan berjenjang dari suatu program. Refleksi diri menjadi hal penting dan sangat membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang efektif di Kurikulum Merdeka.

Refleksi pembelajaran merupakan bentuk umpan balik atau interaksi dari peserta didik kepada guru dan juga pada kegiatan pembelajaran. Umpan balik tersebut dapat dilakukan saat pembelajaran telah dilakukan.

Hasil dari refleksi pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai bahan untuk observasi dalam mengetahui sejauh mana capaian kegiatan pembelajaran. Selain itu, hal tersebut juga dapat digunakan untuk mengetahui kepuasan dari peserta didik terhadap pembelajaran itu sendiri.

Sedangkan evaluasi pembelajaran sendiri merupakan proses untuk mendapatkan data dan juga informasi yang digunakan untuk menentukan sejauh mana dan juga bagaimana pembelajaran pembelajaran yang telah dilakukan tersebut dapat dibuat penilian.

Evaluasi pembelajaran sendiri merupakan proses mendapatkan data dan informasi yang diperlukan untuk menentukan sejauh mana dan bagaimana pembelajaran tersebut telah berjalan.

Hasil dari data tersebut akan digunakan untuk menilai dan mengambil keputusan dalam perbaikan pembelajaran. Oleh karena itu, evaluasi memiliki fungsi penting dalam keputusan yang akan diambil di akhir pembelajaran.

Diharapkan dengan adanya refleksi dan evaluasi, satuan pendidikan dapat mengetahui program yang sudah dijalankan maupun yang belum, kendala dan hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan program, serta mencari solusi untuk memperbaiki permasalahan pelaksanaan program.


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Tujuan Refleksi dan Evaluasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan