Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMP Matematika Tahun 2024
Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMP Matematika Tahun 2024
Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Penilaian (asesmen) sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran untuk satu tujuan pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan
Asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang. Oleh karena itu Penilaian Sumatif Akhir Jenjang merupakan salah satu bentuk asesmen sumatif bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar kelulusan
Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan mengikuti penilaian sumatif yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (salah satunya Penilaian Sumatif Akhir Jenjang).
Penilaian Sumatif dapat dilakukan dalam bentuk tes tulis, tugas unjuk perfoma (berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan proyek), portofolio (kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu), atau kombinasi.
Teknis pelaksanaan penilaian sumatif diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah sesuai dengan kondisi sekolah maupun peserta didik.
Prinsip Asesmen
Berikut ini beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menyusun Penilaian Sumatif Akhir Jenjang sebagai bagian dari asesmen pembelajaran.
1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.
3. Perancangan asesmen secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar serta menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran selanjutnya.
4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif dan memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.
5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Fungsi dan Tujuan PSAJ
Penyelenggaraan PSAJ sebagai asesmen hasil belajar bertujuan sebagai berikut.
1. Untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi.
2. Untuk menetapkan ketercapaian penguasaan kompetensi.
3. Untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi.
4. Untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Sedangkan fungsi PSAJ sebagai bentuk asesmen hasil belajar adalah sebagai berikut.
1. Digunakan untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
2. Penguatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Kelompok Kerja Guru (KKG)/Forum Tutor dalam pengembangan dan perakitan naskah soal.
3. Sebagai dasar pemetaan, pembinaan, dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan.
4. Untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
5. Untuk memenuhi fungsi sumatif dalam penilaian.
Contoh Soal PSAJ SMP Tahun 2024
Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri sejak awal untuk belajar mengerjakan soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang tahun 2024. Dengan persiapan belajar lebih awal, maka peserta didik akan mampu memperoleh hasil maksimal dalam mengerjakan soal PASJ.
Berikut ini dibagikan contoh soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) jenjang SMP Tahun Ajaran 2023/2024.
Contoh soal PSAJ Prakarya SMP Tahun Ajaran 2023/2024 ini dapat menjadi referensi belajar peserta didik, jika satuan pendidikan menyelenggarakan PSAJ dalam bentuk tes tertulis.
Berikut adalah contoh soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMP/MTs ,Matematika tahun ajaran 2023/2024 selengkapnya.
Contoh Soal PSAJ Bahasa Indonesia SMP/MTs –Unduh
Kunci Jawaban – Unduh
@Salam Website Nasty
0 Response to "Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMP Matematika Tahun 2024"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan