INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Soal Sumatif Akhir Kelas 6 Semester 1 Kurikulum Merdeka SD Terbaru

Soal Sumatif Akhir  Kelas 6 Semester 1 Kurikulum Merdeka SD Terbaru

Asesmen atau penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Di dalam Kurikulum Merdeka, terdapat dua bentuk penilaian (asesmen), yaitu Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif. Kedua bentuk penilaian tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar, meskipun sama-sama berfungsi sebagai asesmen di dalam pembelajaran.

Di dalam Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian disebutkan disampaikan bahwa bahwa penilaian hasil belajar peserta didik dapat berbentuk penilaian formatif dan sumatif.

Penilaian formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran.

Penilaian formatif dilakukan dengan mengumpulkan informasi mengenai peserta didik yang mengalami hambatan atau kesulitan belajar dan perkembangan belajar peserta didik.

Penilaian formatif merupakan bagian dari langkah-langkah pembelajaran, dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung yang merupakan bagian dari praktik keseharian pendidik dan peserta didik di dalam proses belajar mengajar di kelas.

Penilaian formatif dilaksanakan untuk merefleksikan proses belajar dan tidak menentukan nilai akhir peserta didik. Oleh karena itu, asesmen formatif melibatkan aktivitas guru dan peserta didik yang bertujuan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar berlangsung.

Sedangkan penilaian sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menegah bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari satuan pendidikan.

Penilaian pencapaian hasil belajar peserta didik itu sendiri dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP).

Hasil asesmen sumatif digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, mengukur konsep dan pemahaman peserta didik, serta mendorong untuk melakukan aksi dalam mencapai kompetensi yang dituju.

Di dalam asesmen sumatif mencakup lebih dari satu pokok bahasan yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah dapat berpindah dari suatu unit pembelajaran ke unit pembelajaran berikutnya.

Asesmen sumatif dapat juga diartikan sebagai penggunaan tes-tes pada akhir suatu periode pengajaran tertentu, yang meliputi beberapa atau semua unit pelajaran yang diajarkan dalam satu semester, bahkan setelah selesai pembahasan suatu bidang studi.

Fungsi asesmen sumatif, yaitu pengukuran kemampuan dan pemahaman peserta didik dan sebagai sarana memberikan umpan balik kepada peserta didik.

Di dalam Kurikulum Merdeka, Satuan pendidikan dan pendidik memiliki keleluasaan untuk menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.

Satuan pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk menentukan strategi pengolahan hasil asesmen sesuai kebutuhan. Satuan pendidikan dan pendidik menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.


Soal Sumatif Akhir Semester 1 Kurikulum Merdeka SD/MI Terbaru

Latihan Soal Sumatif Akhir Semester 1 Kurikulum Merdeka SD Tahun 2023

Asesmen sumatif dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester, atau pada akhir fase. Asesmen sumatif pada akhir semester dapat bersifat pilihan.

Asesmen sumatif bisa dilakukan pada akhir semester jika guru merasa masih memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Sebaliknya, jika guru merasa bahwa data hasil asesmen yang diperoleh selama 1 semester telah mencukupi, maka tidak perlu lagi dilakukan asesmen pada akhir semester. Hal yang perlu ditekankan, untuk asesmen sumatif, guru dapat menggunakan teknik dan instrumen yang beragam, tidak hanya berupa tes, tetapi dapat menggunakan observasi dan performa (praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat portofolio).

Umpan balik dari asesmen hasil akhir ini (sumatif) dapat digunakan untuk mengukur perkembangan belajar peserta didik dan memandu guru dalam merancang aktivitas pada pembelajaran berikutnya.

Contoh soal Sumatif Akhir Semester SD/MI Kurikulum Merdeka yang dibagikan ini dapat menjadi referensi belajar peserta didik SD/MI dalam menyiapkan diri menghadapi Sumatif Akhir Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024. Materi contoh soal Sumatif Akhir Semester diambilkan dari materi semester 1 SD/MI Kurikulum Merdeka.

Berikut ini adalah latihan soal sumatif akhir Semester 1 SD/MI Kurikulum Merdeka selengkapnya.

Soal Sumatif Akhir Semester 1 Kurikulum Merdeka Kelas 6

  • Sumatif Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 6 Semester 1 – Unduh
  • Sumatif Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka Kelas 6 Semester 1 – Unduh
  • Sumatif Matematika Kurikulum Merdeka Kelas 6 Semester 1 – Unduh
  • Sumatif PJOK Kurikulum Merdeka Kelas 6 Semester 1 – Unduh
  • Sumatif PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 6 Semester 1 – Unduh



Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Soal Sumatif Akhir Kelas 6 Semester 1 Kurikulum Merdeka SD Terbaru"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan