INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Lirik Lagu Ibu Kita Kartini dilengkapi Partiturnya

Lirik Lagu Ibu Kita Kartini dilengkapi Partiturnya

Lagu Ibu Kita Kartini merupakan salah salah satu lagu wajib nasional Indonesia yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman.

Lagu Ibu Kita Kartini ini berisi kisah perjuangan Raden Ajeng Kartini Djojo Adhinigrat atau RA Kartini dalalm memperjuangkan pendidikan bagi para perempuan di masa penjajahan.

Sebagai lagu wajib nasional, lagu Ibu Kita Kartini ciptaan WR Supratman ini sering dinyanyikan dalam puncak acara Peringatan Hari Kartini tanggal 21 April. Lagu tersebut dinyanyikan sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa perjuangan Raden Ajeng Kartini, pahlawan emansipasi wanita.

Hari Kartini diperingati setiap tanggal 2 April, bertepatan dengan hari lahirnya RA Kartini pada tanggal 21 April 1879 di Kabupaten Rembang, Jepara, salah daerah di bagian timur Provinsi Jawa Tengah.

Secara resmi, peringatan Hari Kartini ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964.

Keputusan tersebut ditandatangani pada tanggal 2 Mei 1964. Di dalam keputusan Presiden tersebut juga memuat penetapan RA Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

RA Kartini merupakan pejuang emansipasi wanita. Kartini telah berjuang pada masanya untuk memajukan martabat wanita. Semasa hidupnya, RA Kartini sangat berharap dapat menyetarakan hak dan status sosial kaum wanita dengan pria.

RA Kartini ingin agar wanita pribumi Indonesia dapat memiliki kesempatan yang sama seperti wanita Eropa, khususnya dalam dunia pendidikan. Raden Ajeng Kartini sangat menyadari bahwa pendidikan merupakan jalan keluar untuk memajukan kaum wanita Indonesia pada masa itu.

Sayangnya, RA Kartini meninggal pada usia yang cukup muda (25 tahun) pada tanggal 17 September 1904 dan dikebumikan di Desa Bulu, Kabupaten Rembang. Kartini meninggal dunia setelah melahirkan putra pertamanya.

RA Kartini merupakan putri yang lahir dari bangsawan Jawa. Ayahnya bernama Raden Mas Sosroningrat, putra dari Pangeran Ario Tjondronegoro IV.

Ayah RA Kartini adalah seorang patih yang kemudian diangkat menjadi Bupati Jepara. Sedangkan ibunya bernama M.A. Ngasirah, seorang putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara.

Apabila diurutkan berdasarkan asal-usul silsilahnya, maka keluarnya RA Kartini yang dari ayahnya merupakan trah keturunan Sultan Hamengkubuwono IV. Keluarga RA Kartini masih memiliki keturunan dengan keluarga Sosoningrat dari silsilah kerajaan Majapahit.

Itulah alasannya mengapa Kartini mendapatkan gelar Raden Ajeng (RA), sebuah gelar yang hanya dimiliki oleh kaum bangsawan.


Baca : Lirik lagu Hymne Guru dan Mars PGRI serta Partiturnya


Peringatan Hari Kartini mengandung makna yang sangat mendalam mengenai emansipasi perempuan dan mengingatkan untuk terus memperjuangkan keadilan gender.


Lirik Lagu Ibu Kita Kartini

Berikut ini adalah lirik lagu Ibu Kita Kartini (WR Supratman) dilengkapi Partiturnya.

Lirik Lagu :

Ibu Kita Kartini (Ciptaan WR Supratman)

Ibu kita Kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia


Partitur Lagu Ibu Kita Kartini


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Lirik Lagu Ibu Kita Kartini dilengkapi Partiturnya"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan