INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Panduan dan Instrumen Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja

 Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.

Panduan dan Instrumen Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja 

Berikut ini adalah Panduan dan Instrumen Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja pada Plaftorm Merdeka Mengajar (PMM).

Observasi kelas merupakan bagian penting dari rangkaian pengelolaan kinerja guru pada Platform Merdeka Mengajar (PMM). Observasi kelas ini dilakukan oleh kepala sekolah setelah terjadi kesepakatan antara guru dan kepala sekolah dalam hal perencanaan kinerja.

Di dalam membantu Kepala Sekolah melaksanakan penilaian kinerja guru, berikut adalah contoh panduan dan instrumen observasi kelas pada pengelolaan kinerja.

Pengelolaan Kinerja Guru terdiri dari tiga tahapan, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian. Pada tahap perencanaan, guru hanya perlu fokus meningkatkan kinerja pada salah satu indikator rekomendasi berdasarkan capaian rapor pendidikan yang telah terintegrasi di PMM.

Di tahap pelaksanaan, Kepala Sekolah akan melakukan Observasi Kelas dan melakukan penilaian berdasarkan rubrik yang telah disediakan di PMM. Sedangkan pada tahap Penilaian, Kepala Sekolah dapat melihat rangkuman pencapaian guru untuk Predikat Kinerja yang terintegrasi dengan sistem e-Kinerja BKN.

Setelah guru dan kepala sekolah menyepakati perencanaan pengelolaan kinerja di aplikasi PMM, langkah selanjutnya adalah Kepala Sekolah melakukan penilaian dalam bentuk observasi kelas.

Praktik Kinerja merupakan bagian terpenting dalam Pelaksanaan Kinerja pada Pengelolaan Kinerja Guru. Praktik Pembelajaran didasarkan pada sub indikator yang dipilih melalui perencanaan kinerja. Kepala sekolah melakukan observasi terhadap indikator tersebut, dan keberhasilan dinilai berdasarkan pencapaian tujuan oleh Guru melalui tindakan yang telah dilakukan.

Untuk melakukan observasi diperlukan dokumen atau lembar observasi pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah sesuai dengan Peraturan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan nomor 7607/B.B1/HK.03/2023 tentang petunjuk pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah.

Guru dapat memulai Praktik Pembelajaran dengan mengikuti alur Pelaksanaan Observasi, dimulai dari bagian pertama yaitu Pelaksanaan Observasi dan bagian kedua, yaitu Tindak Lanjut Observasi.

Panduan dan Instrumen Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja
Panduan dan Instrumen Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja

Panduan Rubrik Observasi Kelas (Guru)

1. Pilih

a. Pilih salah satu indikator yang ingin anda tunjukkan pada saat Observasi Kelas.

b. Sampaikan indikator pilihan Anda kepada Kepala Sekolah, diskusikan dan sepakati Indikator serta fokus perilaku yang akan ditunjukkan saat observasi kelas.

c. Melihat indikatordan fokus perilaku, bersama Kepala Sekolah tentukan waktu pelaksanaan Observasi Kelas

2. Pelajari

a. Pelajari indikator perilaku,fokus perilaku dan contoh perilaku pada Rubrik Observasi Kelas.

b. Siapkan skenario yang memungkinkan Anda menampilkan fokus perilaku dalam pembelajaran di ruang kelas.

c. Bila perlu, berlatih secara mandiri atau bersama rekan sejawat dalam mempraktikkan skenario tersebut.

3. Praktikkan

a. Pada saat jadwal yang telah disepakati, praktikkan pembelajaran sebagaimana telah direncanakan.

b. Bila perlu, diskusikan hasil observasi kelas bersama kepala sekolah.


Panduan Rubrik Observasi kelas (Kepala Sekolah)

1. Pilih

a. Diskusikan dengan guru pilihan indikator yang ingin ditunjukkan dalam observasi kelas.

b. Bersama guru sepakati fokus perilaku yang akan ditunjukkan saat observasi kelas.

c. Melihat indikator dan fokus perilaku, bersama guru tentukan waktu pelaksanaan Observasi Kelas.

2. Pelajari

a. Cermati penjelasan terkait indikator, fokus perilaku, dan contoh perilaku pada Rubrik Observasi Kelas yang sudah disepakati dengan guru.

b. Pelajari cara terbaik untuk dapat mengidentifikasi contoh perilaku melalui observasi praktik pembelajaran di ruang kelas dari sejumlah sumber belajar.

c. Bila perlu, sediakan waktu yang cukup untuk berlatih melakukan observasi kelas secara mandiri sebelum waktu observasi kelas.

3. Observasi

a. Pada saat jadwal yang telah disepakati, gunakan pendekatan yang telah dipelajari dan dilatih untuk melakukan observasi praktik pembelajaran. Catat bukti perilaku yang teridentifikasi sebagai contoh perilaku (bukti perilaku) dan lakukan rating observasi kelas berdasarkan bukti perilaku tersebut ke dalam rubrik observasi kelas.

b. Bila perlu, diskusikan bukti perilaku dan rating observasi kelas bersama guru, untuk memberi kesempatan bagi guru untuk memberikan respons dan penjelasan. Tetapi Kepala Sekolah tidak harus melakukan perubahan rubrik berdasar respons dan penjelasan tersebut.


Panduan dan Instrumen Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

👉=======UNDUH DISINI=======👈

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Panduan dan Instrumen Observasi Kelas Pengelolaan Kinerja "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan