INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun 2022 Edisi Revisi

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun 2022 Edisi Revisi 

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun 2022 Edisi Revisi telah diterbitkan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek.

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun 2022 Edisi Revisi ini diterbitkan sebagai acuan untuk satuan pendidikan dalam mengembangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun 2022 Edisi Revisi jenjang PAUD serta Pendidikan Dasar dan Menengah diperlukan oleh Sekolah Penggerak sebagai acuan dalam menerapkan kurikulum prototipe.

Baca : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar dan Menengah

Projek Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu komponen dari  Kurikulum Prototipe. Komponen yang lain yaitu Mata Pelajaran yang ditulis dengan Capaian Pembelajaran setiap fase.

Sistematika Penulisan Panduan Projek  Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila disusun dengan sistematika berikut:

1. Memahami Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Profil Pelajar Pancasila
  • Perlunya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Gambaran Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Prinsip-prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila
  • Manfaat projek penguatan profil pelajar Pancasila

2. Menyiapkan Ekosistem Satuan Pendidikan

  • Membangun budaya satuan pendidikan yang mendukung pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
  • Memahami peran peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
  • Mendorong Penguatan Kapasitas Pendidik dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

3. Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Membentuk Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Mengidentifikasi Tahapan Kesiapan Satuan Pendidikan dalam Menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Menentukan Dimensi dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Menyusun Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  •  Menentukan Tujuan Pembelajaran
  • Mengembangkan Topik, Alur Aktivitas, dan Asesmen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

4. Mengelola Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Mengawali Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Mengoptimalkan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Menutup Rangkaian Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Mengoptimalkan Keterlibatan Mitra

5. Mengolah Asesmen dan Melaporkan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Mengoleksi dan Mengolah Hasil Asesmen
  • Menyusun Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

6. Evaluasi dan Tindak Lanjut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Prinsip Evaluasi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Contoh Alat dan Metode Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Peran Pengawas Satuan Pendidikan dalam Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Tindak Lanjut dan Keberlanjutan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Memahami Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

1. Profil Pelajar Pancasila

Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.

Di dalam konteks tersebut, profil pelajar Pancasila memiliki rumusan kompetensi yang melengkapi fokus di dalam pencapaian Standar Kompetensi Lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan dalam hal penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Kompetensi profil pelajar Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0.

Pelajar Indonesia harapannya memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara yang demokratis serta menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke-21. Oleh karenanya, Pelajar Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah sebagai berikut.

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.

2. Berkebinekaan global.

3. Bergotong-royong.

4. Mandiri.

5. Bernalar kritis.

6. Kreatif.

Dimensi P5
Dimensi P5

Dimensi-dimensi tersebut menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.

Profil pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah Projek Lintas Disiplin Ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. (Pada pendidikan kesetaraan berupa projek pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil Pelajar Pancasila).

Perlunya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Di dalam kegiatan projek profil ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Bagi pekerja di dunia modern, keberhasilan menjalankan projek akan menjadi prestasi.

Di dalam skema kurikulum, pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila terdapat di dalam rumusan Kepmendikbudristek No.56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran yang menyebutkan bahwa Struktur Kurikulum di jenjang PAUD serta Pendidikan Dasar dan Menengah terdiri atas kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Sementara pada Pendidikan Kesetaraan terdiri atas mata pelajaran kelompok umum serta pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil pelajar Pancasila.

Harapannya, Penguatan projek profil pelajar Pancasila dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka ini akan terus mengalami penyempurnaan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, Panduan ini juga akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala.

Gambaran Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Berdasarkan Kemendikbudristek Nomor 56/M/2022, projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang tersusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Perancangan Projek penguatan profil pelajar Pancasila terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.

Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Prinsip-prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

1. Holistik

Holistik bermakna memandang sesuatu secara utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau terpisah-pisah. Dalam konteks perancangan Projek Penguatan profil pelajar Pancasila, kerangka berpikir holistik mendorong kita untuk menelaah sebuah tema secara utuh dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahami sebuah isu secara mendalam.

Oleh karenanya, setiap tema projek profil yang dijalankan bukan merupakan sebuah wadah tematik yang menghimpun beragam mata pelajaran, namun lebih kepada wadah untuk meleburkan beragam perspektif dan konten pengetahuan secara terpadu.


2. Kontekstual

Prinsip kontekstual berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian.

Prinsip ini mendorong pendidik dan peserta didik untuk dapat menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran.

3. Berpusat Pada Peserta Didik

Prinsip berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri, termasuk memiliki kesempatan memilih dan mengusulkan topik projek profil sesuai minatnya.

4. Eksploratif

Prinsip eksploratif berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses pengembangan diri dan inkuiri, baik terstruktur maupun bebas.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang terkait dengan berbagai skema formal pengaturan mata peserta didikan.


Manfaat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek penguatan profil pelajar Pancasila memberikan ruang bagi semua anggota komunitas satuan pendidikan untuk dapat mempraktikkan dan mengamalkan profil pelajar Pancasila.

1. Untuk Satuan Pendidikan

a. Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat.

b. Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya.

2. Untuk Pendidik

a. Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.

b. Merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas.

c. Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.

2. Untuk Peserta Didik

a. Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.

b. Merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas.

c. Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.


Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun 2022 Edisi Revisi  selengkapnya terdapat pada tautan berikut ini.

 

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun 2022 Edisi Revisi "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan