INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Juknis Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat (GSS) 202

Juknis Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat (GSS) 2024

Berikut ini adalah Petunjuk Pelaksanaan atau Juknis Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Tahun 2024.

Untuk lebih meningkatkan derajat/status kesehatan satuan pendidikan, terutama kesehatan peserta didik, pada tahun 2024, istilah Kampanye Sekolah Sehat (KSS) diubah menjadi Gerakan Sekolah Sehat (GSS).

Selain itu, fokus 3 sehat ditambah 2 sehat, sehingga menjadi 5 sehat, yang meliputi Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan.

Salah satu upaya untuk lebih memotivasi satuan pendidikan, sebagaimana tahun 2023, maka pada tahun 2024, Kemendikbudristek kembali akan menyelenggarakan lomba karya video aktivasi 5 (lima) sehat melalui kegiatan “Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Tahun 2024” dengan tema “Sekolah Sehat, Generasi Hebat”.

Kegiatan ini merupakan ajang pemberian apresiasi atau penghargaan kepada satuan pendidikan yang telah melakukan aktivasi atau mengimplementasikan 5 (lima) sehat. Penghargaan diberikan kepada satuan pendidikan yang berdasarkan hasil penilaian, video yang dikirimkan ditetapkan sebagai video terbaik dan video terpilih/inspiratif.

Untuk menjamin pelaksanaan gala kreasi dapat mencapai tujuan yang ditetapkan, maka dipandang perlu disusun Petunjuk Pelaksanaan Gala Kreasi Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Tahun 2024.

Petunjuk Teknis Gala Kreasi Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi acuan semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan kegiatan Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Tahun 2024.

Juknis Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Tahun 2024
Juknis Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Tahun 2024

Tujuan Kegiatan

Dinyatakan di dalam Petunjuk Teknis Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 bahwa kegiatan Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 memiliki tujuan sebagai berikut.

1. Meningkatkan motivasi satuan pendidikan dalam mengimplementasikan atau mengaktivasi gerakan sekolah sehat di satuannya.

2. Memberikan apresiasi kepada satuan pendidikan yang telah dapat mengimplementasikan atau mengaktivasi gerakan sekolah sehat di satuannya.

3. Memantik dan mengoptimalkan implementasi atau aktivasi pesan gerakan sekolah sehat.

4. Ajang berbagi praktik baik implementasi atau aktivasi gerakan sekolah sehat antar satuan pendidikan.


Ruang Lingkup

Ruang lingkup kegiatan Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 adalah 5 (lima) sehat yang meliputi Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan.

Sasaran

Sesuai Petunjuk Pelaksanaan Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 bahwa sasaran atau satuan pendidikan yang dapat mengikuti lomba video dalam rangka Kegiatan Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 adalah satuan pendidikan, baik yang berstatus negeri maupun swasta, yang meliputi:

1. Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang meliputi Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS);

2. Sekolah Dasar (SD);

3. Sekolah Menengah Pertama (SMP);

4. Sekolah Menengah Atas (SMA);

5. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK);

6. Sekolah Luar Biasa (SLB); dan

7. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)


Manfaat

Manfaat Kegiatan Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Meningkatnya status kesehatan peserta didik.

2. Meningkatnya budaya 5 (lima) sehat di satuan pendidikan.

3. Memperkaya bahan atau materi berbagi praktik baik implementasi atau aktivasi gerakan sekolah sehat antar satuan pendidikan.

4. Meningkatnya jumlah satuan pendidikan yang mengimplementasikan praktik 5 (lima) sehat.


Tema dan Topik

Berikut adalah tema dan topik Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024.

1. Tema

Tema video yang diikutsertakan dalam lomba adalah “Sekolah Sehat, Generasi Hebat”.

2. Topik

Topik video yang dilombakan meliputi fokus gerakan sekolah sehat yang menggambarkan praktik baik implementasi/aktivasi 5 sehat yang meliputi sebagai berikut.

a. Sehat Bergizi adalah upaya untuk mewujudkan kondisi di mana peserta didik memiliki pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi seimbang dan mengandung nilai gizi esensial tubuh (seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, serat, dan air), serta mengurangi dan atau menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

b. Sehat Fisik adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik sehingga memiliki badan yang sehat dan bugar.

c. Sehat Imunisasi adalah upaya untuk mewujudkan suatu kondisi di mana seluruh anak usia sekolah mendapatkan imunisasi secara lengkap.

d. Sehat Jiwa adalah untuk meningkatkan perkembangan peserta didik, baik secara fisik, mental, spiritual, dan sosial, sehingga mampu menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat belajr secara optimal, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.

e. Sehat Lingkungan adalah upaya untuk mewujudkan kondisi satuan pendidikan yang dapat mendukung tumbuh kembang peserta didik secara optimal, membentuk perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan membantu upaya pengendalian perubahan iklim (climate change), sehingga terhindar dari berbagai pengaruh dan dampak negatif.

Catatan:

1. Dalam 1 video yang diikutsertakan dalam lomba dapat berisi gambaran implementasi/pelaksanaan dari sebagian (1, 2, 3, dan/atau 4) atau seluruh 5 sehat.

2. Setiap satuan pendidikan hanya dapat mengirimkan 1 (satu) video.


Kategori Lomba

Berdasarkan Juknis Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat (GSS) 2024, disampaikan bahwa kategori lomba video dalam Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024, meliputi sebagai berikut.

1. Kategori: Video Terbaik

Video terbaik adalah video yang berdasarkan hasil penilaian tim penilai sebagai video terbaik. Jumlah video terbaik untuk setiap jenjang ditetapkan berdasarkan proporsi jumlah peserta/video yang dikirimkan oleh satuan pendidikan pada masing-masing jenjang.

2. Kategori: Video Terpilih/Inspiratif

a. Video terpilih/inspiratif adalah video yang dikirimkan oleh satuan pendidikan yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) dan/atau berada di daerah khusus berdasarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 160/P/2021 tentang Daerah Khusus berdasarkan Kondisi Geografis.

b. Video terpilih/inspiratif disepakati oleh Tim Penilai untuk dipilih sebagai video inspiratif karena dinilai dapat memberikan inspirasi atau motivasi satuan pendidikan lainnya.

c. Video terpilih/inspiratif ditetapkan 2 video untuk setiap jenjang pendidikan.

Petunjuk Pelaksanaan atau Juknis Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Tahun 2024 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

 

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Juknis Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat (GSS) 202"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan